Masa Muda Saatnya Pilih Investasi Terbaik untuk Masa Depanmu

30 November
masa muda pilih investasi terbaik untuk masa depan

Masa muda adalah masa dimana hidup sangat produktif dan hidup dengan idealisme dan berkreasi. Karena masa muda selagi duduk dibangku kuliah, atau sambil bekerja atau baru lulus kuliah dengan memiliki visi dan misi yang bergelora dalam bekerja, masih ingin bekerja sesuai idelisme dan hasrat yang membara dalam bekerja serta hidup tak lagi bergantung dengan orang tua.

Saya bersyukur telah melewati masa-masa indah dulu ketika tamat kuliah, terus bekerja untuk menghidupi kehidupan peribadi dan tidak memberatkan orangtua lagi saat menjalani fase itu. Beli gawai hasil uang dari keringat sendiri, beli pakaian juga sepatu baru hasil keringat sendiri serta nongkrong di mall bersama teman-teman komunitas juga hasil keringat sendiri. Alhamdulillah ya akhirnya saya bisa mandiri. Tapi, ada satu yang terlewatkan waktu itu. Investasi.

Ya benar itu namanya. Dulu kata-kata investasi itu terlalu besar buat saya. Wah, mewah sekali. Boro-boro deh investasi, buat nabung saja masih kembang kempis. Investasi menurut saya waktu itu yah, beli tanah, beli emas, beli properti berupa rumah, ruko ataupun kendaraan.  Gaji saya hanya numpang lewat hanya untuk membayar sesuatu yang konsumtif tiap bulannya. Ada yang salah memang dengan gaya hidup saya ini.

Gaya hidup yang selama ini saya jalani ternyata adalah salah, konsumtif salah satunya, tanpa memikirkan pos-pos lainnya, hingga ketika sudah menikah dan memiliki anak saya baru merasakan benar akan pentingnya investasi itu. Investasi bukan hanya gegayaan semata. Tapi juga soal masa depan. Sekarang investasi bukan hal yang mewah, hanya saja saya tidak tahu menahu dari mana akses untuk berinvestasi sedari dini waktu itu. Rasa menyesal, banget. Menyesal kenapa baru sekarang saya baru menyadari akan pentingnya investasi. Investasi itu lebih dari sekedar menabung, karena hasil yang didapat juga pasti akan 2-3 lipat dari menabung biasanya.

Tapi yah alhamdulillah tidak ada kata terlambat untuk yang namanya investasi, belajar dan terus mempelajari investasi yang cocok untuk saya dan bagaimana tetap mempertahankannya. Karena mempelajari investasi itu mudah bagi siapa saja, namun mempertahankan nilai investasi itu lah hal yang sulit. Semboyan muda berfoya-foya, tua kaya raya itu sudah gak zaman, yang ada ialah Muda berinvestasi, tua tinggal menikmati, itulah yang benar. Jangan sampai di saat sudah berkeluarga atau saat tua kita menjadi generasi sandwich yang mengandalkan orang lain sebagai tulang punggung hidup kita.

Berikut adalah tips untuk generasi milenial agar bisa berinvestasi dengan baik selagi muda :

tips milenial agar bisa berinvestasi selagi muda

1. Buang kebiasaan hidup konsumtif, saatnya gaya hidup hemat.

Kebiasaan hidup konsumtif itu begitu menggoda dan akan menjadi bumerang buat kita bila tidak bisa meredam kebiasaan hidup seperti itu sampai kapanpun. Makan di mall, nongkrong di kafe sah-sah saja, akan tetapi bila terus menerus dilakukan, bukankah hal ini tidak akan baik buat kesehatanmu, apalagi kesehatan dompetmu?

2. Pilih teman yang mendukungmu gaya hidupmu yang baru

Orang bilang kalau kita berteman dengan tukang sampah maka akan tercium bau sampah, namun kalau berteman dengan tukang minyak wangi malan akan tercium bau wangi, ini hanyalah istilah, jika ingin memilih gaya hidup hemat dan keluar dari zona nyaman dengan teman yang konsumtif, maka pilihlah teman atau komunitas yang satu visi yang sesuai dengan keinginan. Memulai hidup hemat memang sulit pada awalnya, tetapi kedepannya akan lebih nyaman jika telah terbiasa.

3. Hemat pangkal kaya, maka menabunglah

Menabung adalah jurus melawan boros. Uang yang tidak terpakai untuk gaya hidup konsumtif seperti ngopi-ngopi cantik, ngeteh susu plus boba di mall atau beli produk skincare yang teranyar dan akhirnya dengan penuh perjuangan uang tersebut bisa disimpan dengan apik dalam tabungan bank.

Tapi, apa benar dengan menabung di bank saja sudah cukup?
Tingkat inflasi yang lebih besar dari bunga tabungan justru hanya menggerus nilai uang saat ini di masa depan. Tapi, dengan adanya investasi dapat mengalahkan tingkat inflasi. Ajaib ya? Yah memang tak hanya itu, investasi pun berpotensi memberikan pertumbuhan aset yang lebih besar jika menghasilkan keuntungan apalagi berkali lipat dalam jangka waktu yang panjang tentunya.

4. Pelajari apa saja tentang investasi dari segala sumber

Investasi itu bermacam-macam jenisnya seperti tanah, properti, emas, asuransi, reksa dana dan saham. Resiko setiap investasi juga bermacam-macam mulai dari yang rendah dan yang paling tinggi. Setiap orang mungkin berbeda-beda akan keinginan berinvestasinya. Generasi milenial adalah generasi yang berpikiran terbuka, menyukai segala pengetahuan dan informasi baru apalagi yang sesuai dengan minatnya.

Oleh karena itu mulailah kenali resiko dan manfaat akan setiap investasi. Investasi bisa dipelajari secara bebas dan gratis saat ini dengan akses pustaka online gratis, blog, website hingga sosial media. Jangan tergiur untuk mengikuti kelas investasi berbayar sebelum kamu mencoba untuk memahami akan seluk beluk investasi

5. Mulailah berinvestasi sedari sekarang

Ketika sudah memahami jelas akan investasi juga resiko yang dihadapi maka pilihlah investasi dan mulailah berinvestasi,  dengan catatan : Jangan tergiur dengan tawaran investasi dengan resiko rendah tapi penghasilan tinggi juga jangan tergiur dengan investasi bodong yang tidak mendapatkan izin yang jelas.

Dalam hal ini investasi yang saya maksud adalah investasi Reksa dana. Investasi Reksa dana adalah investasi yang paling mudah dan ringan, karena sebagai investor kita hanya menyimpan uangnya saja tidak perlu mengontrol pergerakan pasar setiap harinya. Sudah ada ahli keuangan yang menangani urusan reksa dana ini yaitu Manajer Investasi. Manajer investasi lah yang berwenang untuk mengolah seluruh portofolio investasi.

Terus Investasi reksa dana ini riba ya? Eits tunggu dulu..pasti kamu belum baca tentang Pasar modal syariah ya, yuk dibaca sebentar biar bertambah pengetahuannya :)

Namun meskipun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berinvestasi reksa dana juga investasi yang lainnya,

Berikut Tips Memilih Investasi yang aman :

tips memilih investasi yang aman
Tips memilih investasi yang aman

- Produk Investasi : Pelajari produk investasi yang akan dipilih. Produk investasi bisa dilihat melalui Prospektus ( informasi material tentang reksa dana, saham, obligasi dan investasi lainnya) dan Fund Factsheet ( laporan produk reksa dana yang yang berisi tentang kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan, dan informasi portofolio)

- Kelegalan Investasi : Cek keabsahan / legalnya investasi, cek kelegalan investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan melalui situs OJK

- Imbal Hasil yang wajar : Wajarkan imbal hasilnya? jangan tergiur dengan imbal hasil besar dalam jangka waktu pendek. Atau janji manis fixed return (janji pasti kembali) dalam jangka waktu pendek. Brosis, namanya investasi hasil kan tidak bisa instan. Butuh waktu untuk bisa mendapatkan keuntungan ( khususnya untuk investasi reksa dana saham & dana campuran).

Untuk itu sebagai investor harus cerdas mengetahui jenis resiko investasi yang diambilnya mulai dari rendah (reksa dana pasar uang, moderat (reksadana obligasi dan dana campuran) dan tinggi (reksa dana saham).

- Cek Reputasi Perusahaan : Bisa dilihat melalui portofolio perusahaan atau dalam marketplace investasi melalui grafiknya.

- Cek Skema Investasi : Pelajari skema investasi jangan sampai ada unsur skema ponzi (keuntungan berjenjang seperti MLM)

- Laporkan ke OJK : Lapor bila ada rasa curiga atas unsur yang tak lazim dalam berinvestasi

mau investasi ya ajaib investasi

Berinvestasi yang benar itu mudah sekali, apalagi kalau sudah tau tempat yang tepat untuk berinvestasi juga tempat yang aman dan terpercaya. Adalah Ajaib, suatu startup dari Asia Tenggara yang membentuk platform untuk memulai investasi yang ditujukan bagi generasi milenial yang sudah melek akan kecanggihan teknologi melalui sebuah sentuhan aplikasi. Tetapi jangan salah, kaum baby boomers dan generasi X yang berjiwa muda pun bisa berinvestasi di platform ini :) dengan tujuan yang bermacam-macam, seperti meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah kekayaan, persiapan dana darurat, persiapa dana pensiun, maupun untuk menunjang kehidupan keluarga di masa depan.

Ajaib hadir untuk mengedukasi generasi milenial akan pentingnya investasi karena, rupanya tingkat investasi hanya 0,4 % penduduk Indonesia yang saat ini berinvestasi. Oleh karenanya milenial diharapkan untuk berpartisipasi penuh dalam hal investasi. Sesuai dengan misi Ajaib membuka pintu akses untuk investasi yang aman dan terpercaya.


langkah mendaftar di ajaib investasi

Dengan minimal Rp 10.000 kamu sudah bisa berinvestasi untuk masa depanmu. Ajaib sudah mengantongi izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai platform pasar/marketplace investasi khususnya Reksa dana.

Ajaib adalah aplikasi investasi yang sangat mudah untuk dihandalkan, karena selain interfacenya mudah dijalankan, terdapat ragam pilihan investasi yang terbaik yang kamu bisa pilih, antara lain terbagi dalam 2 jenis yaitu Investasi Umum dan Paket Investasi.

jenis pilihan investasi reksadana di ajaib investasi

Investasi Umum : Investasi yang mudah dan menyenangkan semudah saat kamu melihat timeline di sosmed, ada banyak pilihan investasi yang sesuai dengan keinginan.

Paket Investasi :  Ajaib memberikan saran paket investasi reksa dana terbaik. Didukung oleh para ahli investasi ajaib untuk membantumu mendapatkan investasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu terdapat fitur unik dalam aplikasi Ajaib yang memudahkan kita bisa memperjari investasi dengan baik, yaitu :

  • Kalkulator - rencana perhitungan investasi
  • Glossary  - kosa kata tentang investasi
  • Belajar - blog/artikel menarik tentang investasi
  • Komunitas - tempat saling bertanya antar individu dalam berinvestasi
  • Pusat bantuan (FAQ/Pertanyaan umum seputar investasi Ajaib dan prosedur berinvestasi).

Nah mudah kan ternyata berinvestasi itu. Tidak perlu khawatir karena berinvestasi di Ajaib sudah dipegang oleh ahlinya. Yuk mulai berinvestasi, dan jangan salah memilih investasi terbaik untuk masa depanmu :)

Mau Reksa dana gratis? Ini reksa dana GRATIS jika daftar dengan kode iid.714 - dan download sekarang yaa 😊

mau reksa dana gratis
Yuk ajak teman-temanmu untuk berinvestasi!

Sumber :

- https://ajaib.co.id
- wikipedia :  Investasi - Manajer Investasi
- freepik.com





54 komentar:

  1. Alhamdulillah dari pertama kerja gw udah melek investasi. Pertama kerja beli reksadana di commonwealth bank. Terus nabung juga dikit-dikit. Akhirnya pas uangnya cukup gw pake DP rumah pertama. Senengnya bukan main. Sekarang untuk dana pensiun gw masukin ke saham. Ntar kalo punya uang lagi mau beli tanah. Biar bisa jadi juragan kontrakan, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jadi semangat berinvestasi nih dapat testimonial dari mas Riza :)

      Hapus
  2. Semoga kita bukan termasuk yang menjadi generasi sandwich ya mbak di hari tua nanti. Dari dini harus menyiapkan masa depan lewat investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mba, moga kita gak terjebak menjadi generasi sandwich gegara tidak menyiapkan masa depan dengan baik

      Hapus
  3. Iya sih. Sepertinya perlu ya mengajarkan kecerdasan finansial sejak dini. Supaya begitu dewasa sudah tau cara mengelola uang yang benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba khususnya buat generasi milenial dan di bawahnya

      Hapus
  4. Anak saya yang SMA ini lagi seneng banget belajar saham. Saya mendukung apa yang dia lakukan. Mendingan sejak muda memang sadar investasi. Biar semakin belajar mengelola keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, alhamdulillah anaknya sudah melek investasi ya :)

      Hapus
  5. Memang seharusnya saat masih muda kita melakukan investasi ya, banyak manfaat yang akan didapatkan.
    Kalau aku, baru sekarang2 ini mulai belajar berinvestasi reksadana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren dong mba sudah berinvestasi reksa dana :)

      Hapus
  6. Kayaknya kebanyakan seperti itu, ya ... Merasa belum perlu berinvestasi di usia muda. Padahal sebenarnya penting banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mba, padahal penting banget berinvestasi buat anak muda saat belum banyak beban di pundaknya

      Hapus
  7. Ah..trims mba, jadi diingatkan bahwa di usia yg tak muda lagi ini..masih saja keinginan utk investasi itu tertunda-tunda, dan itu sama sekali tak baik.. Ok..mo menguatkan niat ah...

    BalasHapus
  8. Setuju Mbak, butuh banget kita nyiapin dana untuk masa depan.
    Aku pengen banget investasi sebenarnya, tapi sekarang masih tahap survive, fokusnya masih yg penting nggak besar pasak daripada tiang, syukur2 bisa nabung dikit2. Semoga kelak bisa investasi khususnya untuk tabungan pendidikan anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mudah2an segera terwujud ya mba :)

      Hapus
  9. Aku dari dulu tuh perhitungan banget soal uang. Pas akhirnya kerja, Ibuku malah nyuruh buat beli emas aja. Kaya kalung, cincin, kaya gitu deh. Akhirnya sadar kalau itu investasi. Tapi untuk Reksa dana, aku belum coba nih. Padahal menarik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba amanat orang tua memang gak pernah salah :) emas juga baik utk invest, tapi sebaiknya dlm bentuk batangan

      Hapus
  10. masih muda memang lebih baik berinvestasi agar ketika usia sudah tidak muda lagi, disaat banyak kebutuhan, kita bisa tetap ringan menikmati kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar banget mba, selagi muda lebih enak utk berinvestasi

      Hapus
  11. Ajaib kudu di install ya kak..
    Biar bisa pinter berinvestasi

    BalasHapus
  12. Emang pilihan investasi low budget milenial banget deh.

    BalasHapus
  13. Asyiknya kalau sudah melek investasi dari muda ya...
    Nanti di masa tuanya tinggal menikmati dan bisa terhindar jadi generasi sandwich

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba idaman bgt kalau masa tua tinggal menikmati aja

      Hapus
  14. Reksadana memang investasi yang menguntungkan dan cepat berkembang. Inilah yang akan membuat kita percaya bahwa aset investasi bisa bertambah dan uang terkumpul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba karena RD sudah dikelola dgn baik oleh ahlinya

      Hapus
  15. Alhamdulillah udah mulai melek investasi mbak. Tapi masih dikit-dikit hihi soalnya masih pilih yang resiko rendah aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lebih baik yg resiko rendah aja dulu baru belajar utk resiko yg lebih tinggi

      Hapus
  16. Setuju mbak.... investasi tuh tak cukup hanya dengan menabung di bank. Kadang menabung di bank bisa diambil sewaktu-waktu.... akhirnya tabungan berkurang. Kalau investasi dalam bentuk asuransi kita bisa disiplin dalam menyimpan uang karena ada jangka waktu yang ditetapkan dalam asuransi tersebut. Dan patut dipertimbangkan bahwa semakin banyak dana yang kita investasikan semakin bahagia pula masa depan kita nantinya....jadi lebih baik berinvestasi mulai sekarang demi masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul saya juga setuju banget dengan pendapat mba :)

      Hapus
  17. Dulu sempat investasi di RD, terus krn ada urgent akhirnya ditarik dan masih kembang kempis mulai dari awal. Sekarang lagi coba rutin ngurus invest DD dulu hahahaha. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mba mudah2an nanti bisa invest di RD lagi ya

      Hapus
  18. Setuju. Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi meskipun sebenarny lebih bagus lagi ya Mbak kalau kita udah paham dan mulai berinvestasi saat masih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba pelajari dengan sebaik mungkin baru berinvestasi biar gak gagal :)

      Hapus
  19. Memang ya bund, milineal sekarang harus sudah mulai melek investasi,
    Terlebih sekarang apa-apa aja mudah, tinggal lewat HP
    Alhamdulillah, Ujame pun juga sudah coba beberapa reksadana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sebagai anak milenial sudah seharusnya tau manfaatnya investasi kan :)

      Hapus
  20. Aku juga suka mbak dengan Reksadana, dulu sebelum menikah aku investasi di sini. Jadi pengen juga mbak tertarik dengan AJAIB ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba kita berinvestasi jangan lupa pake kode referal saya ya :)

      Hapus
  21. Saya sudah coba juga reksa dana di AJAIB
    Hasilnya gimana, yaa kita tunggu nominal return 1 tahun ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren, sudah tinggal nikmatin hasilnya dong mba :)

      Hapus
  22. Oh jadi ada yang gak riba ya mba

    BalasHapus
  23. Generasi sandwich banyak disebut tetapi saya belum ngeh apakah itu. Padahal kepo cuma belum ada alasan untuk mencari arti istilahnya. Setelah baca ini saya jadi khawatir termasuk gererasi sandwich karena suani dan saya jelas bukan kalangan berada, juga bukan yang punya pensiun atau jaminan hari tua. Sepertinya belum terlambat bagi saya untuk mempelajari ilmu investasi yang sebaiknya mudah dan terjangkau, aman dan tepercaya, dan bisa menghasilkan di masa depannya.
    Saya baru tahu mengenai pelantar (platform) Ajaib ini. Tertarik untuk nanti mempelajarinya. Semoga kita bisa berinvestasi dengan baik nantinya, ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin itulah yang saya khawatirkan juga mba jangan sampe saya juga memberatkan keluarga suatu saat nanti, makanya dgn berinvestasi sedari dini kita dapat menikmatinya di saat tua nanti

      Hapus
  24. Memang sih, finansial education itu sangat diperlukan, apalagi buat para milenial seperti saya ini. Hehehe
    Ditambah, semakin perkembangan zaman, investasi jadi semakin mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp benar sekali bang investasi semakin mudah ditemukan saat ini

      Hapus
  25. Iya ya jadi kepikiran knp gak dari dulu investasi dan yang lain lain. Pengen mengulang hidup kembali rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada kata terlambat sis buat berinvestasi, yuk dimulai dr sekarang

      Hapus
  26. Saya juga nyesel dulu gak belajar investasi, tapi setidaknya adalah waktu gadis beli emas, yg Alhamdulillah sekarang bermanfaat, udh berapa kali tuh keluar masuk "sekolah" demi kemaslahatan bersama apalagi tahun kemarin saat kami bangun rumah.
    Waahh, Ajaib ini benar2 ajaib ya, dengan 10.000 pun kita sudah bisa bebas pilih jenis investasi kita. Kepoin ahhh.. Makasih ya Mbak.

    BalasHapus
  27. Memang berinvestasi itu idealnya sejak masih muda ya Id. Scr kl udah tua produktivitas jelas berkurang sementara kebutuhan hidup terus meningkat. Pas x yg iid tulis ini..tfs yaa

    BalasHapus
  28. Zaman digital sekarang, berinvestasipun bisa lebih mudah ya kk. Tinggal klik-klik aja.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.