Tips Pindahan Rumah Bagi Keluarga Muda Bahagia

18 November
tips pindahan rumah bagi keluarga muda

Kegiatan pindahan rumah menurut saya adalah hal yang menjemukan karena saya harus siap-siap capek untuk membereskan, mengepak dan menaruh kembali barang pindahan ke tempat yang baru. Bagi yang tinggal di rumah kontrakan biasanya sering menghadapi hal ini, apalagi bagi suka pindahan setahun sekali. Dengan alasan tidak cocok dengan warga atau tidak betah dengan rumah yang sebelumnya ditempati , atau masa kontrak rumah tidak bisa diperpanjang alias usiran secara halus.

Pindahan rumah bagi saya itu menjengkelkan karena barang yang dibawa tidaklah sedikit, mulai dari benda kecil perintilan sampai benda besar seperti lemari apalagi lemarinya terbuat dari kayu jati, wuih kebayang dong capeknya bawa benda seberat itu. Bagi keluarga yang demen pindahan tentunya hal ini sungguh merepotkan bukan, apalagi kalau ceritanya lokasi pindahnya lumayan jauh. Barang - barang pindahan yang kalau banyak tentunya tidak bisa mengandalkan satu mobil pick up saja.

Agar pindahan rumah jadi menyenangkan tentunya bisa mengikuti tips-tips ini, antara lain :

1. Kemas barang jauh hari sebelum pindah

Kalau sudah ada rencana pindah, pastinya akan dipikirkan baik2 dari sebulan sebelumnya atau setidaknya 2 minggu sebelum pindah, beri list barang-barang apa yang akan dibawa dan beri list juga yang tidak akan dibawa agar nanti tidak bergabung dan salah dibawa. Sebelum masuk kardus barang-barang bisa ditaruh dikeranjang terlebih dahulu. Untuk pakaian yang jarang dipakai tapi masih butuh bisa disimpan terlebih dahulu. Ini juga berlaku untuk barang yang lainnya. Akan tetapi kalau memang barang tersebut memang tidak lagi dipakai, melakukan declutter tentu akan lebih bagus.

2. Lakukan sortir barang yang perlu dan tidak perlu

Bagi keluarga muda sudah tau kan istilah Decluttering? Decluttering saat ini sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup keluarga muda. Di mana decluttering membuat hidup awet muda dan terhindar dari stres. Kenapa bisa begitu?
Decluttering itu adalah suatu cara untuk menyingkirkan atau membuang barang yang tidak dibutuhkan jadi hanya menyimpan barang yang memang dibutuhkan atau sering digunakan saja. Manfaat decluttering ini agar rumah tampak luas dan leluasa bagi yang punya rumah , juga tentunya yang saya sebutkan sebelumnya rasa stress pun berkurang karena tidak lagi memikirkan barang berantakan terlalu banyak.

Cara ini dikenalkan oleh Peter Walsh, pakar declutter dari Amerika 10 tahun yang lalu, namun Marie Kondo kembali mempopulerkannya saat ini dengan caranya sendiri dengan nama metode KonMari, yakni metode cara merapikan rumah. Hal ini berguna sekali buat keluarga muda yang ingin pindahan rumah tetapi tidak mau ribet dan pusing memikirkan barang. Sortir barang yang tidak diperlukan dan tinggalkan. Bawa saja barang yang penting yang kita butuhkan sehari-hari lipat hingga bagian terkecil dan simpan dalam kardus pindahan.

Untuk barang yang tidak dipakai ada baiknya kita jual, bisa ditawarkan ke tetangga, saudara, tukang loak atau lewat marketplace dengan nama preloved. Biasanya menjual barang preloved harganya jauh lebih tinggi dan ada juga yang butuh lho, lumayan kan jadi uang tambahan buat pindahan :)

pindahan rumah


3. Packing barang dalam kardus sesuai fungsi dan sifatnya

Jangan lupa packing barang dalam kardus sesuai labelnya. Label barang dibuat berdasarkan fungsi dan sifat materialnya. Untuk barang pecah belah, labeli dengan Fragile (mudah pecah), packing di tempat yang aman. Untuk peralatan kabel televisi dan alat elektronik lainnya bila masih berfungsi dengan baik di packing tersendiri jangan bergabung dengan perkakas lainnya. Begitu juga dengan dokumen penting, sebaiknya digabung dengan buku dan dokumen lainnya.

4. Gunakan jasa pindahan rumah

Bila tidak mau repot menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya bila menyewa jasa pindahan rumah. Apalagi pindahnya keluar kota. Mulai dari yang sederhana seperti jasa mobil pickup atau menggunakan jasa yang lebih profesional yang menggunakan truk dengan kapasitas yang lebih besar. Tentunya semua ini bisa disesuaikan dengan budget keluarga, mau pilih yang mana. Informasi tentang jasa pindahan rumah kini dengan mudah didapatkan melalui situs google ataupun sosial media.

5. Beli barang sesuai manfaat dan mudah dipindahkan

Nah bila ingin membeli barang ketika kita sudah pindah rumah usahakan beli barang yang memberikan banyak manfaat dan moveable/portable. Moveable maksudnya adalah barang yang mudah disimpan dengan cara dilipat dan dan diletakkan di ruangan yang sempit sekalipun. Seperti sofa yang bisa dilipat, rak multifungsi yang bisa dilipat, bahkan lemari pakaian atau tempat tidur yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Ke depannya gaya hidup minimalis yang irit barang akan lebih booming dan lebih disukai oleh keluarga muda. Sehingga siapa tau urusan pindahan rumah bukan persoalan yang pelik lagi seperti saat ini.

Pics Credit to : Freepik.com

---@---


15 komentar:

  1. Aku dulu pindah hingga 5 kali sebelum tinggal di bandar setia kak.
    memang butuh skill packing yang mumpuni biar cukup sekali angkat..

    Btw, Tipsnya hampir sama kayak awak pas mau pindahan kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos kk icha, awak pun sering kali butuh skill packing ni biar cepat selesai

      Hapus
  2. Bagus nih tipsnya Kak Iid, aplicable, apalagi kl udah ada jasa pindahan yg bs ditap-tap, hmm,,,, helpful. Tfs ya

    BalasHapus
  3. Ingat banget aku jadinya waktu kau pindahan dari Jakarta ke Medan banyak barang yang tersorot dan tidak mampu aku bawa kesni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sayang kali ya kak uut, yg tak terangkut sebaiknya dijual kembali

      Hapus
  4. Terimakasih sudah berbagi tipsnya kakak 😉

    BalasHapus
  5. awak kalo pindahan bingungnya ngangkutin buku segerobak. masukin box, ngeluarin dari box, masukin ke rak balik. ya ampun ... gak kebayang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk buku yang tidak dibutuhkan bisa disumbang atau dijual kembali kk, itu sih solusinya

      Hapus
  6. Sudah aku rasakan kk bagaimana pindah rumah ituuu haha, dan baru kusadari barang aku banyak, proses decluttering itu membantu sekali dan aku sampai masuk ke kelas berbenah haha

    BalasHapus
  7. Udah pernah ngerasain pindahan rumah. Ya Allah...war biyasa...mikirinnya aja dah agak migrain...secara yang paling banyak kardus buku dan berat lagi. 🙈

    BalasHapus
  8. Iya kak bener banget agar barang tetap aman, menghindari kerusakan, kehilangan . Terimakasih tipsnya ya kk

    BalasHapus
  9. Wkwkwk.. baca artikel ini seolah pengen nulis pengalaman ngangkut dan packing barang berkali-kali buat pindahan 😆

    BalasHapus
  10. Paling PR itu yg sortir barang, soalnya ngerasa semua perlu. Tapi pas sampe rumah baru ujung2nya malah masuk gudang juga sebagian.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.