5 Hal yang Membuat DA Blog Turun

02 Desember
Bagaimana kabar blognya kalian nih? Apa masih adem? Bagimana kabar DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) adem jugakah? Saya terkejut banget nih mendapatkan DA saya yang turun lagi satu angka bulan ini, jadi ingat waktu DA pertama kali turun drastis di bulan Maret awal tahun ini, eh bulan desember ini juga hiks2 malah ga ceria deh, habis malah turun lagi ;( gemes deh rasanya pengen jitak nih siapa sih yang kasih nilai DA turun kayak gini huhu
Padahal saya termasuk rajin lho update blog beberapa bulan ini, sebulan ada kali 10 postingan, lho kenapa yaa ??

Selidik demi selidik ternyata setelah dicek dan ricek barulah ketemu apa yang membuat DA blog bisa turun, mau tau apa itu??


1. Banyak Broken Link di Blog 


Nah lho, sudah pada cek belum broken linknya? Broken link juga menyumbang turunnya DA karena mesin pencari ogah berurusan dengan link-link yang jelek. Kata suhu saya rajin-rajin deh cek broken linknya setiap sebulan sekali biar mesin pencari tidak recokin blog kita lagi. Kalau tidak recok kan jadi adem hihi. Nah kamu jangan malas ya hapus broken linksnya, kalau masih ratusan masih gampang ceknya, nah kalau sudah ribuan linknya, apa nggak tepar ngeceknya, boro-boro deh mesin cek broken linknya juga sudah nyerah wkwk

2.  SPAM SCORE Blog Naik


Cara cek spam score klik webseochecker di google dan lihat tulisan SS nya, ada berapa % kah? Kalau masih di bawah 10% masih aman, tapi kalau sudah di atasnya, berarti ada yang tidak beres dengan blognya.
Kebanyakan bilang Spam Score naik ya karena broken link yang bikin mumet itu.
Nah, kata suhu saya tampilan template blog juga terkadang menyumbang spam score blog loh, apalagi yang sudah setahunan awet pakai template blognya terus DA awet aja nangkring posisi bawah, siapa tahu pas ganti template malah naik DAnya, penasaran? Yuk dicoba yaa

3.  Jarang Blog Walking 


Nah, kalau ini kuakui memang..belakangan malas sekali ikutan BW bukannya sombong, tapi lagi sibuk dengan urusan dunia nyata, yang sakit lah, yang urusan keluarga lah, yang lagi buntu ide lah, ada aja deh masalahnya.
Blog walking ternyata juga menyumbang DA lho, karena pageviews blog bertambah dan komentar pun bertambah.
maka rajin-rajin lah BW apalagi ke blog yang DAnya besar. Pasang MozBar di komputer atau laptopmu jika ingin intip DA orang ketika berkunjung, lumayan kan jadi ketahuan yang DAnya 20-an ke atas, serbu dengan komentar panjang yang terunik yah biar pemilik blog ngeh dan berkunjung balik ke blognya kita. Tapi jangan kayak komentar judi bola juga sih hehe.

4.  Artikel Organik kurang banyak


Content is a King! Artikel adalah kuncinya. Tapi artikel organiknya sudah banyak belum?
Kata suhu saya (lagi-lagi) kalau DA belum naik-naik bahkan turun, bisa jadi artikelnya kurang banyak, apalagi artikel organik. Artikel organik itu apaan kakak??

Artikel organik itu artikel yang tidak memasang backlink ke luar (link do-follow). Artikel organik lebih baik dari artikel sehari-hari atau one day one post lebih baik lagi.
Link do-follow itu biasanya permintaan klien untuk sponsored post/ content placement atau pun untuk lomba blog. Nah rupanya link do-follow ini dinilai oleh mesin pencari sebagai artikel yang tidak organik.
Yaa habis gimana dong, masa ditolak rezeki SP atau CP yang minta backlinknya huhu..kalau tidak minta backlink sih pastinya ada aja tapi itu jarang sekali.

Menurut suhu lagi, artikel organik itu sebaiknya memasang internal link saja atau link no-follow jika memang harus ada backlink ke luar.
Nah, sudah tau kan akan pentingnya internal link itu. Manfaatnya buanyak banget lho, yuk perbanyak artikel organik dan internal linknya :) untuk artikel lama juga sebaiknya diedit dan ditambah lagi internal linknya.

5.  Tiang Blognya sudah kokoh belum?


Kata suhu saya ( lagi-lagi, suhunya siapa sih ya? Eits ada deh wkwk )
Kalau semua hal sudah berusaha kita atasi seperti menghapus brokenlink, memperbaiki spam score atau perbanyak artikel organik, terus belum naik-naik juga cek deh pasak bumi eh tiang penyangga blognya udah kokoh belum? Apaan tu? Itu tu backlink yang mengarah ke blog kita? Seperti rekomendasi dari blog/website yang DAnya lebih tinggi dari kita terus kasi backlink ke blognya kita.

Gimana caranya?
- Buka aplikasi Google My Business untuk promosi blogmu terus tancapkan link blog yang diinginkan. Dari situ sudah dapat backlink bagus dari Google sebagai mesin pencari dan sudah dipastikan blogmu ada di halaman pertama Google.
- Punya akun kompasiana dan pernah menulis di sana setahun-2 tahun yang lalu, kalau pernah tulis alamat blognya. Cara ini biasanya berhasil. Tapi jangan coba-coba buat akun yang baru dibikin kemaren sore ya, bakalan ditendang sama kompasiana, hihihi
Cara lain ada ga?? Ada.. Gih minta sama detik.com buat review blog kita, paling yang duluan ditanya WANI PIRO hahaha :D

12 komentar:

  1. Wahhh yang spam score itu jarang tau dan jarang denger sih, tapi harus diperhatikan juga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas apalagi kalau blognya mau diseriusin maka harus aware sama yg namanya spam score

      Hapus
  2. Gw malah gak mudeng sama yang beginian. Yang penting nulis aja. Masih sekedar hobi sih kalo gw mbak, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya hobi yang dibayar mas hehehe

      Hapus
  3. terimakasih suhu infonya..saya akan analisis blog saya..sudah sesuai kriteria tadi belum ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas, kalau saya mah masi amatiran :D

      Hapus
  4. Wah trims mba, utamanya artikel organik baru ngerti saya. Blog saya yang satu karena soal sains banyak ngelink keluar euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link ke luar gpp bang day asal dibuat no-follow aja

      Hapus
  5. Ah iya nih, DA saya nggak naik-naik. Pengin nyoba ganti template, tapi belum dapat yang pas. Oh ya, baru denger nih soal broken link. Wah, harus dicek dulu nih, blog saya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba dyah mungkin harus ganti template

      Hapus
  6. Blog saya juga masih sragnan, betah bercokol di angka 13. Ogah naik mungkijn karena saya jarang perbarui blog atau ada komentar saya di blog yang spam score-nya tinggi. Padahal saya sudah bersihkan broken link, menyaring komentar dari yang spam score tinggi agar tidak tayang, tetap saja tidak paham. Sama jadinya pengen jitakin yang bikin DA saya stagnan setelah turun dari angka manis 16.
    Mari kita semangat perbarui blog sambil cari jalan keluar, semoga saja masalah bisa diatasi dengan baik.
    Jangan lupa minum, air putih banyak-banyak dan siapkan kukis cokelat sekaleng sebagai pengisi daya. Sebenarnya itu ditujukan untuk saya yang pengen ngemil kukis sambil jelajah blog, hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh saya jadi laper pengen makan kukis juga :) tetap semangat mba memperbaiki DA yg turun itu ibarat nilai rapor yang lagi anjlok hehe

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.