Belajar Video Making dan Editing via Smartphone

belajar video making dan editing via smartphone bersama bloggersumut


Gaes..sahabat perempuan berbagi..

Hari ini saya mau bercerita, minggu kemarin saya ikut kelas Video Making and Editing via Smartphone Class. Kelas belajar ini diselenggarakan oleh Bloggersumut , Kita-kita Medan, dan bang Rizki Mitra yang menaungi Kimit Production dan bertempat di Resto Al Maida Chicken jl. Kapten Muslim, Medan.
Yah mungkin saya termasuk yang terlambat ya belajar video making dan editing dengan menggunakan smartphone ini, sementara teman-teman yang lain sudah pada jago-jago semua edit video dan diposting di Youtube atau post di Instagram TV. Duh kemana saja saya ya hehehe..

Belajar Video Making &  Editing bersama Bloggersumut

Belajar video editing ini ditujukan buat siapa saja, untuk blogger agar bisa upload materi blognya di Youtube, buat yang mau jadi vlogger ataupun buat emak-emak yang mau promosikan bakulannya lewat video. Semuanya bisa dong. Belajar video editing kali ini bang Rizki Mitra mengajari kami yang pemula ini cara menggunakan aplikasi Kinemaster dengan benar. Aplikasi Kinemaster yang kita ketahui memang cukup mudah cara pengoperasiannya dibanding aplikasi lainnya yang sejenis. Untuk tingkat mahirnya bang Rizki menyarankan untuk menggunakan aplikasi yang ada di komputer/laptop karena fitur-fiturnya lebih lengkap dan canggih.

Dulu saya pikir butuh alat untuk merekam yang lebih canggih dan skill yang mumpuni untuk edit-edit video ini. Ternyata makin ke sini kita makin dimudahkan seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Pakai aplikasi dari smartphone saja hasilnya sudah oke.

Poin pada kelas video editing

Pada kelas belajar video editing ini ada beberapa poin yang saya dapat dari bang Rizki Mitra ini, antara lain :

- Ketika hendak merekam video atau foto sebaiknya gunakan gaya landscape (horizontal) dan bukan vertikal. Dengan perbandingan 16:9 untuk lebar video yang ditampilkan. Menggunakan gaya vertikal akan membuat lebar video menjadi sempit, dan tidak artistik.

- Selalu rekam video dan foto dalam kualitas yang bagus bahkan resolusi tinggi, agar hasilnya lebih jernih. Tapi hasilnya akan menghabiskan banyak memori smartphone. Video yang jernih akan mengundang banyak orang yang melihat baik di Youtube, Facebook bahkan Instagram.

- Selalu mencoba terus utak-atik aplikasi video editing untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal. Lama kelamaan akan terbiasa memakai aplikasinya dan menjadi lebih kreatif buat edit video.

- Sebagai pemula gunakan dahulu aplikasi gratis pada smartphone untuk edit video untuk selanjutnya kalau sudah mahir maka bisa menggunakan aplikasi yang lebih rumit penggunaannya dan bisa di kerjakan di laptop/komputer.

Hasil belajar edit video :



Silaturahmi antar anggota BloggerSumut


Setiap ada pelatihan yang diadakan Blogger Sumut itu berarti silahturahmi kembali dengan anggota-anggotanya. Ini kali ketiga saya mengikuti pelatihan bersama anggota blogger, yang sebelumnya adalah kelas blogging dan sharing. Saya termasuk yang jarang berkumpul dengan teman-teman blogger karena ada saja yang bisa membuat saya berhalangan tidak bisa hadir.
Begitu berkumpul senang rasanya sesama anggota jadi ngobrol ngalor ngidul dari masalah blog, curhat tentang anak sampai bisnis, seru banget deh, serasa menemukan keluarga baru lagi di komunitas blogger ini.
Selain bertemu dengan sesama blogger saya juga bertemu dengan teman-teman baru yang satu visi dalam belajar.

Mudah-mudahan setelah kelas video making dan editing ini, segera diadakan kelas lanjutannya lagi biar bisa berkumpul dan ilmu bertambah lagi atau mengadakan kelas-kelas lainnya seperti kelas Smartphone fotografi, Food Fotografi, dll. Terus kalau bisa tempat berkumpul dan belajarnya di pusat kota seperti ini lagi karena saya bisa menjangkaunya dan tidak terlalu jauh.

8 komentar untuk "Belajar Video Making dan Editing via Smartphone"

  1. Rekomendasi aplikasi edit video di smartphone dong mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tau Kinemaster, Power Director, dan Splice mba. Ada juga Imovie tapi untuk Iphone aja.

      Hapus
  2. Sampai saat ini belum nemu software yang UX-nya bagus buat pemakaian saya. Bukan berarti enggak bagus sih, tapi tombol-tombolnya kurang gede buat ukuran jari saya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake stylus pen aja untuk tombolnya bang doel

      Hapus
  3. Saya sampai sekarang malah belum mahir edit video, juga jarang upload video ke YouTube kak, irit kuota.😄

    BalasHapus
  4. Wah, jadi pengen belajar edit video juga. siapa tau nanti kepikiran buka channel youtube sendiri :)

    Btw ternyata bisa lewat smartphone aja yah, baca-baca kok banyak yang katanya bisa ngedit video di hape, perlu spek tinggi banget gak sih hapenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu spek tinggi mas, yang penting hasil rekamnya bagus..

      Hapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email