Ini Dia 5 Hal yang Bikin Kangen Bandung, Soto Bandung Salah Satunya

20 Desember
yang bikin kangen bandung soto bandung
Gaes, Sahabat Perempuan berbagi..

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota kembang, Bandung. Tahu gak sih, Bandung merupakan kota terbesar di Provinsi Jawa Barat kota dan juga kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan, lho. Kota yang juga dikenal akan kuliner Soto Bandung nya ini merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan yang dikenal baik oleh khalayak tentunya selain kota Yogyakarta dan Surabaya.

Bandung merupakan kota kedua buat saya saat tinggal di Jakarta dulu. Bagaimana tidak, selama 5 tahun lebih saya tinggal di sana. Tinggal dan berbaur dengan warga setempat, mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi favorit, juga harus beradaptasi dengan gaya hidup setempat, tata krama dengan budayanya dan kuliner khas Jawa Barat khususnya di Bandung. Di tahun 2007 akhirnya saya pun pindah ke kota Medan. Bertahun-tahun pindah ke Medan, tersisa rasa kangen yang sangat mendalam dengan kota yang terkenal dengan Factory Outletnya ini. Tidak bisa disangkal, pasti ada saja hal-hal yang membuat saya kangen berat sama Bandung, apa sajakah itu?

Kuliner Bandung yang Nikmat

So pasti dong yang dikangenin duluan adalah kulinernya. Saking kangennya saya dulu sempat mengidam kulinernya saat hamil. Karena tidak ada yang jual saat itu akhirnya saya buat sendiri dong hehehe. Kuliner khas Bandung yang buat saya kangen adalah Batagor, Baso tahu, Baso Cuangki, Seblak, Lotek, Lumpia Basah, Cimol, Surabi, Colenak, Kupat tahu, Lontong kari, sampai Soto Bandung. Nah, yang terakhir ini nih sampai sekarang belum ada soto Bandung yang bisa mengalahkan kuliner di tempat asalnya.

soto bandung yang nikmat
Soto Bandung yang lezat dan bergizi
Soto Bandung yang saya kenal adalah soto dengan kuahnya yang bening, yang sekilas seperti sop. Terdiri dari potongan daging sapi dan tetelan, irisan lobak putih, kacang kedelai goreng, tomat, daun bawang dan taburan bawang goreng yang gurih, semua bahan di dalamnya lezat dan bergizi. Slurrp.. segar dan nikmat banget rasanya. Soto Bandung ini terkenal di kota Bandung, ya iyalah masa nggak, dan setiap rumah makan Sunda pasti ada menu soto ini. Jadi yang mau merasakan soto Bandung gak perlu bingung cari tempatnya.

By the way..saya heran deh kok bisa ya irisan lobak putihnya soto Bandung ini renyah & enak banget gitu padahal kalau buat sendiri pasti aneh dan beda banget rasanya wkwkwk..
Ada 2 tempat makan di Bandung yang bisa saya rekomendasikan untuk menikmati kuliner soto Bandung ini, yaitu soto Bandung M.Tarya dan soto Bandung rumah makan Ojolali. Kedua tempat ini cukup terkenal untuk kuliner khas seperti soto Bandung.

Kangen Kampus tercinta

Yang bikin kangen selain kulinernya ya pasti perguruan tinggi atau kampusnya dong. Kampus tempat kuliah saya dulu berada di 2 tempat yaitu di Dipati Ukur dan Jatinangor. Dipati Ukur letaknya di tengah kota Bandung dekat Dago, sedangkan Jatinangor letaknya di luar kota Bandung alias Bandung coret. Walaupun ngekostnya di Jatinangor tetap saja pas akhir pekan pasti jalan-jalannya ya ke kota. Kalau lagi kantong kering mainnya pasti ke Perpustakaan pusat sambil cari wifi gratis buat internetan hihi. Namanya kampus tempat kuliah dulu, pastinya kangen banget mau ke sana lagi, melihat segala perubahan yang ada.

Tempat Wisata yang Asyik

Grafika Cikole Lembang
Bandung juga paling banyak tempat wisatanya, tempat yang saya favoritkan yaitu Lembang. Letaknya di daerah Kabupaten Bandung Barat tidak terlalu jauh lah dari pusat kota Bandungnya..kalau tidak macet. Tempat wisata di Lembang yang bikin saya kangen di antaranya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Putri Lembang dan Observatorium Bosscha. Setelah pindah ke Medan tempat wisata di Lembang semakin bertambah banyak dong seperti Grafika Cikole, Farm House Lembang, Floating Market, Kota Mini, dll.

Sedangkan kalau di kota Bandungnya sendiri kangen mau jalan-jalan ke Gedung Sate, landmarknya kota Bandung, Lapangan Gasibu, Alun-alun kota Bandung, Factory Outlet, Jalan Cihampelas, Jalan Braga, dll. Setelah pindah ke Medan jadi bertambah juga dong tempat wisatanya kayak Taman Lansia, Transtudio Bandung, Taman Sejarah Bandung, Taman Vanda, dan masih banyak lagi. Jadi bertambah deh kangennya liat Bandung , banyak tempat yang mau dikunjungi gini sih.

Bahasa & Warganya yang Ramah 

Memang yang saya ingat itu warga Bandung itu ramah-ramah banget deh. Kearifan lokal melalui bahasa masih terasa kental walaupun sudah berada di perkotaan. "Bade kamana neng?" atau "Kumaha Damang, teh?". Kalimat pertanyaan tersebut sering kali saya dengar waktu kuliah di Bandung dulu. Walaupun kesannya basa basi, tapi senang kalau ditegur seperti itu sama orang yang lebih tua padahal saya tidak mengenalnya, saya jadi merasa tidak dicuekin dong. Melalui bahasa mereka juga mengajak kita secara tidak langsung untuk mempelajari bahasa Sunda juga.

Hmm jadi galau nih mau liburan ke Bandung, semoga saja keinginan saya buat kangen-kangenan sama Bandung bisa terwujud ya di tahun depan maksudnya di tahun 2020, tolong diaminkan ya teman-teman, hehehe :)





7 komentar:

  1. Ternyata di Bandung ada soto nya juga ya. Saya belum pernah nyicipin karena belum ke Bandung. Kira-kira enakan mana sama soto Betawi kak?

    BalasHapus
  2. Soal kuliner sebenarnya apapun ada dikota Bandung. Dan kebetulan aku hari ini sedang dibandung Habi menjemput istri tercinta... Coba cari aahh syukur 2 cepat menemukannya tuh soto.😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha silahkan mas, mudah2an gak nyasar ya 😁

      Hapus
  3. wish list nih Bandung, semoga segera keturutan untuk kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga terwujud ya mba, saya juga pengen bgt ke Bandung :)

      Hapus
  4. Yang paling saya kangen dari Bandung itu factory outletnya hehehehe, bisa belanja dengan puas dan harganya pun murah meriah. Lalu saya juga kangen dengan cafe-cafe uniknya serta restoran-restoran yang makanannya semua enak :D

    Ditambah lagi, suhu udara yang nggak begitu panas semakin membuat saya betah. Aduuu jadi mau ke Bandung lagi, wish one day bisa pergi ke sana :>

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.