Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Asuransi dan Reksa dana itu apa sih?

investasi asuransi

Gaes, Sahabat Perempuan berbagi..

Kembali lagi nih saya membahas tentang investasi dan asuransi, semoga berkenan :)

Saat ini, sebagian dari masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan investasi asuransi dan reksadana. Hal ini membuktikan bahwa, masyarakat telah menyadari pentingnya ketiga hal tersebut dalam kehidupan, khususnya di kehidupan dim asa yang akan datang.

Reksa dana menjadi sebuah wadah bagi Anda para investor untuk melakukan investasi pada instrument investasi yang telah tersedia di pasar modal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membeli unit penyertaan reksa dana. Jenis-jenis reksa dana antara lain pendapatan tetap, campuran dan saham yang telah disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda dan pasar uang.

Sementara itu, investasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa depan.  Tugasnya adalah menjaga agar daya beli terhadap apa yang diinvestasikan tidak tergerus inflasi yang terjadi.
Sedangkan asuransi merupakan produk pertama yang dikenalkan ke masyarakat untuk melakukan perlindungan terhadap keuangan atas hal-hal yang datang secara tak terduga. Anda dapat membeli asuransi dengan membayar sejumlah uang untuk membayar premi kepada perusahaan asuransi.

Pada umumnya, asuransi perseorangan dapat dibagi kedalam beberapa jenis dan memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Asuransi Jiwa

Diberikan pertanggungan atas risiko kematian dengan alasan apapun yang mendasarinya. Meninggal dunia dikarenakan sakit, kecelakaan dan bunuh diri Anda tetap dapat melakukan klaim untuk pertanggungan. Namun pada kenyataannya, di beberapa kasus terdapat asuransi yang tidak dapat mengeluarkan uang pertanggungan dikarenakan meninggal dengan melakukan kejahatan.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi ini merupakan bentuk pertanggungan bagi Anda atas tindakan operasi dan rawat inap di rumah sakit. Cara kerja dari asuransi ini adalah menanggung biaya yang dikeluarkan atas masalah kesehatan. Mulai dari biaya operasi, rawat inap, biaya obat-obatan dan  rawat jalan.

Asuransi dapat menggelontorkan uang sebesar ratusan ribu hingga jutaan per hari untuk Ada yang rawat inap di rumah sakit. Berdasar pada premi yang dibayarkan, ada pihak asuransi yang menanggung biaya rumah sakit dan tindakan operasi saja. Namun juga ada yang menanggung obat-obatan hingga rawat jalan.

3. Asuransi Pendidikan

Karena tingginya biaya pendidikan sekolah saat ini membuat keluarga harus mempersiapkan biaya tersebut dengan sebaik mungkin. Sementara pendapatan untuk membiayai pendidikan anak tidak naik setiap tahunnya, stagnan bahkan bisa saja pendapatannya tidak tetap. Padahal begitu banyak pengeluaran untuk biaya pendidikan ini mulai biaya pakaian, sepatu, tas, buku kurikulum, buku tulis dan lainnya. Oleh karenannya asuransi pendidikan sangat dibutuhkan untuk tabungan pendidikan anak ketika besar nanti. Mudah-mudahan ke depannya besaran biaya asuransi ini lebih fleksibel ya biar semua bisa merasakan manfaatnya.

4. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah proteksi terhadap resiko kehilangan dan kerugian akan manfaat yang disebabkan oleh pihak ketiga. Bisa karena musibah kebakaran, bencana alam, kerusakan atau pencurian. Jaminan pada asuransi umum biasanya bersifat sementara atau jangka pendek.
Macam-macam asuransi umum antara lain : asuransi harta benda, asuransi kendaraan, asuransi rekayasa, asuransi jaminan sosial, asuransi pengangkutan, dan lainnya. Walaupun sifat jaminannya hanya sementara kenyataannya semakin banyak saja yang membutuhkan asuransi umum ini.

5. Asuransi Gadget

Sesuai dengan namanya, asuransi gadget adalah produk asuransi untuk melindungi gadget yang Anda miliki. Selain itu, standar ketentuan setiap barang juga berbeda-beda, yakni terjadi kerusakan pada handphone, terjatuh dan tercebur. Selain itu, juga asuransi melakukan perlindungan untuk handphone yang dirampas atau dicuri.
Asuransi  biasanya juga bekerja sama dengan beberapa brand ternama seperti asuransi handphone Samsung, Smartfren, Apple dan lainnya. Bagi Anda yang rusak pada layar handphone dapat mengajukan perbaikan gratis, namun dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Itulah ulasan mengenai investasi asuransi dan reksa dana. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih banyak dan detail mengenai hal tersebut, Anda dapat mengunjungi website tanamduit.com.

2 komentar untuk "Investasi Asuransi dan Reksa dana itu apa sih?"

  1. Eh ada yah asuransi untuk handphone. Lumayan tuh buat jaga2 kalo hape kita knp2.

    Trims inpohnya mba. Mau brosing lebih lengkap soal asuransi gawai

    BalasHapus
  2. sering sih ditawari asuransi untuk gadget dan preminya murah mbak, tapi ya karena hp saya murah, ga jadi ambil deh, kwkwkw

    BalasHapus

Berlangganan via Email