Tempat Bermain Anak Pilih Indoor atau Outdoor?

30 Desember
tempat bermain anak pilih indoor atau outdoor

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Masih dalam rangka liburan, sudah ada kegiatan mau berlibur kemana buat tahun baruan? Kalau saya dulu sebelum berumah tangga sukanya di rumah aja sambil marathon nonton film/drama jepang favorit, nonton film Box Office, fangirling-an atau main game di FB di laptop. Yeah beberapa tahun yang lalu kan booming game di FB tu mulai dari FarmVille, CityVille, ChefVille, Frontier Ville atau main The Sims Social hasil kerjasama The Sims dan Facebook. Duh koq jadi melenceng gini, jadi inget masa lalu deh hehehe..

Akan tetapi ketika sudah menikah dan berkeluarga jadinya liburan itu gak asyik kalau hanya di rumah aja. Walaupun bujet lagi dikit bela-belain deh liburan meski hanya jalan-jalan di sekitar rumah aja. Terus ketika gak lagi liburan hari raya alias liburan singkat terkadang saya dan keluarga memaksimalkan waktu bersama untuk berjalan-jalan menyenangkan anak. Entah itu ke Playground atau taman bermain baik yang berkonsep outdoor atau yang indoor. Atau jalan-jalan ke Museum binatang seperti Museum Rahmat & Wildlife Gallery yang isinya penuh dengan hal-hal yang informatif akan dunia binatang.

Tempat Bermain Indoor


Bicara tentang Tempat bermain anak, saat ini begitu banyak tempat baru untuk bermain anak khususnya yang bersifat Indoor. Tempat bermain indoor maksudnya adalah tempat bermain yang bertempat di dalam sebuah gedung dan bersifat tertutup yang biasanya keberadaannya terintegrasi dengan pusat perbelanjaan. Ruangan bermain dikonsep dengan beragam permainan anak yang sifatnya edukatif dan menyenangkan.

Keuntungan bermain di taman bermain dengan ruangan tertutup (indoor) adalah anak terhindar dari yang namanya hujan, cuaca ekstrim dan hiruk pikuk kendaraan yang berlalu lalang. Untuk daerah perkotaan tempat bermain indoor cukup digemari oleh orang tua karena orang tua dapat mengawasi anaknya bermain, aman dari serangan binatang liar dan pakaian tidak gampang kotor.

Di kota Medan sekarang sudah ada banyak tempat bermain indoor yang merupakan tempat yang dikenal oleh khalayak. Mulai dari yang harganya murah sampai yang harganya "Wah". Aturan untuk bermain pun beragam tapi kebanyakan diharuskan untuk memakai kaos kaki dan didampingi oleh orangtua atau orang yang lebih dewasa.

Cocoland Playground Plaza Medan Fair

Berikut ini review singkat salah satu tempat bermain indoor yang beberapa bulan lalu sempat kami singgahi sebagai tempat bermain baru si abang yaitu Cocoland Plaza Medan Fair. Tempat Bermain (playgroud) Cocoland ini mempunyai cabang di tiap kota besar termasuk di Medan. Untuk di kota Medan Cocoland hanya ada di Plaza Medan Fair dan Cambridge City Square. Cocoland juga ada di Binjai Supermall.

Hal yang saya sukai dengan playground ini adalah nuansanya yang serba biru, adem banget jadi tempatnya. Selain itu harga tiketnya Cocoland Plaza Medan Fair juga termasuk murah dibandingan dengan tempat bermain indoor lainnya. Juga pelayanan yang ramah dan sigap dari petugas Cocoland yang membuat saya suka dengan Cocoland ini.

tempat bermain anak cocoland plaza medan fair
Playground Cocoland Plaza Medan Fair

Ragam wahana permainan yang ditawarkan adalah Handboat dengan kolam airnya, wahana mandi bola, perosotan dengan kolam bola, panjat dinding, bigball, pin screen, juga ada permainan yang melatih kognisi dan sensori anak seperti puzzle balok, pasir kinetik, alat musik, dll. Tampak anak dan pak su menikmati sekali bermain mandi bolanya dengan berlama-lama memasukkan bola ke lubang pipa yang membawanya ke atas, mengumpulkan hingga penuh lalu bola tersebut kembali dijatuhkan dari atas seperti layaknya hujan bola.


Memang sepertinya setiap tempat harga tiket berbeda-beda berdasarkan banyaknya jumlah permainan yang ada, mungkin saja di Cocoland Plaza Medan Fair ini belum begitu banyak dibandingkan cabang Cocoland lainnya. Tapi buat saya dan keluarga, untuk anak usia 1-5 tahun permainan di Cocoland sudah termasuk lengkap dan membuat kami betah berlama-lama mainnya. Tips dari saya untuk bermain di sini pilih hari weekday, atau kalau pas weekend pilih di awal jam permainan dibuka sampai sebelum jam makan siang.

HTM di Cocoland Plaza Medan Fair :

Senin - Jum'at :
Rp 35.000 perjamnya
Rp 50.000 sepuasnya
Free tiket untuk pendamping pertama, sedangkan untuk pendamping ke-2 Rp 15.000
Sabtu-Minggu/Libur Nasional :
Rp 50.000 perjamnya
Rp 75.000 sepuasnya
Free tiket untuk pendamping pertama, sedangkan untuk pendamping ke-2 Rp 25.000

Tempat Bermain Outdoor


Tempat bermain terbuka atau playground outdoor juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan untuk anak. Tempat bermain outdoor saat ini selain ada yang gratis ada pula yang berbayar. Biasanya yang berbayar itu wahananya beragam ada yang cocok untuk anak dan ada pula yang cocok untuk dewasa. Oleh karenanya untuk anak tetap dibutuhkan pendamping untuk menemaninya bermain. Untuk tempat bermain outdoor Budayaland adalah salah satunya. Harganya masih bersahabat di kantong dan wahana permainannya cukup banyak. Tempat bermain di Budayaland cocok untuk keluarga besar yang ingin melakukan gathering dan merasakan asyiknya bermain di alam terbuka bersama anak-anak.

Namun bagaimana buat yang tetap ingin bermain di tempat bermain anak tetapi gratis? Tenang saja pemerintah setempat juga telah menyediakan tempat bermain di tengah perkotaan yaitu di taman kota yang diurus oleh Dinas Pertamanan kota Medan. Permainannya di dalam taman kota juga kalah asyik walaupun sederhana. Sebut saja Taman Cadika Pramuka di Medan Johor, Taman Kota Beringin di jalan Teuku Cik Ditiro, Medan Polonia dan juga Taman Kota Ahmad Yani di jalan Imam Bonjol, Medan Maimun. Ketiganya adalah contoh taman sekaligus tempat bermain di tengah perkotaan yang bisa menjadi referensi untuk tempat bermain yang asyik bagi anak yang bersifat gratis. Ingin juga Medan punya Taman yang bertema seperti Tamannya kota Bandung yang bermacam-macam. Semoga saja bisa bertambah taman untuk tempat bermain dengan gratis di kota Medan ini yah. Jadinya warga tidak perlu bingung lagi mau ke mana jalan-jalan di akhir minggu saat dompet menipis.

taman cadika medan
Taman Cadika Medan

taman ahmad yani medan
Taman Ahmad Yani Medan

Kembali ke topik, selain menyediakan taman yang asri, rindang dan teduh, di dalam tempat bermain juga ada kolam air mancur yang menarik perhatian pengunjung. Juga pastinya ada permainan pada umumnya seperti perosotan yang terbuat dari semen dan besi, ayunan dan jungkat jungkit. Kegiatan bermain di tempat terbuka atau outdoor memberikan manfaat bagi anak untuk aktif dan bebas bergerak, lebih sehat, lebih terampil dan lebih fleksibel sambil menikmati udara terbuka pastinya.

taman beringin medan
Taman Beringin Medan

Memang bagi anak yang tidak terbiasa menikmati bermain di tempat keramaian untuk pertama kalinya pastinya ia bingung dan mungkin lebih secure bila ia bermain di tempat yang tertutup (indoor), termasuk anak saya yang sudah terlanjur suka  dengan tempat bermain indoor, karena itu adalah zona nyamannya sedangkan di tempat bermain outdoor ia masih merasa risih.
Tapi menurut psikolog anak, untuk anak bermain di tempat bermain indoor sebaiknya seimbang dengan bermain di tempat bermain outdoor.

Bermain di tempat bermain indoor atau outdoor? setiap anak pasti punya pilihan masing-masing, bermain di dua jenis tempat bermain ini sama baiknya guna menghindari keseringan bermain gadget yang merupakan keseharian anak-anak generasi saat ini.
Sebagai orangtua memang sebaiknya kita memberikan kesempatan dan memfasilitasinya bermain kepada dua pilihan tersebut, tidak condong ke satu atau condong lainnya biarkan anak bermain seekspresif mungkin memilih tempat bermain yang ia sukai. Yang perlu diingat, bermain di ruangan terbuka ataupun tertutup tetap saja harus mengajak dan mendampinginya bermain dengan tidak meninggalkannya sendirian agar ia merasa aman dan terlindungi.





7 komentar:

  1. indoor ataupun outdoor ada manfaatnya masing2 yah.
    Kalo outdoor anak2 masih bisa merasakan hangatnya matahari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul bang day, bermain di pagi mungkin akan lebih baik ya

      Hapus
  2. Tempat bermain indoor dan outdoor ke duanya bagus untuk anak menurut saya :D karena anak-anak tetap bisa beraktivitas tanpa batas hehehe~ dan tentu ke duanya punya kelebihan masing-masing. Jadi it's okay kalau anak lebih suka indoor daripada outdoor atau sebaliknya~

    Karena saya percaya, anak-anak tetap bisa belajar di manapun mereka berada selama ada pendampingan dari orang tua hihi. Happy always ya untuk anak mba :>

    BalasHapus
  3. Yap sepakat bgt, mau bermain outdoor atau indoor kudu tetep didampingi dan diawasi. Btw tiketnya oke juga 50rb bisa sepuasnya.

    BalasHapus
  4. Kalau saya lebih pilih outdoor mbak, menurut saya sih lebih menyehatkan dan mengenalkan anak ke dunia luar

    BalasHapus
  5. yang penting anak happy ya kak. sama pas dikantong eiii. hihihi

    BalasHapus
  6. apalagi kalau kanak-kanak, dunia nya masih dunia berain ya kak. asal jangan kebablasan aja. bermain sambil belajar

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.