Makanan yang Baik dikonsumsi untuk Obati Demam Berdarah

07 Januari
makanan yang baik untuk obati deman berdarah

Gaes, Sahabat perempuan berbagi..

Musim hujan saat ini sarat dengan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah demam berdarah.  Demam berdarah seperti yang kita ketahui adalah penyakit yang ditularkan melalui sengatan atau gigitan hewan maupun serangga. Gejala demam berdarah paca umumnya, adalah adalah demam, muntah, badan lemas tak berdaya juga nyeri perut yang tak biasa. Pertolongan pertama penyakit demam berdarah adalah dengan memberikannya obat demam dengan beli sendiri di apotik atau melalui dokter.

Selain beberapa obat demam berdarah, seperti aspirin dan parasetamol yang biasa diberikan dokter. Ada beberapa cara lain untuk mengobati demam berdarah. Salah satunya dengan menggunakan obat yang terdapat pada promo obat sirup psidii daun jambu biji. Selain itu juga terdapat beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue karena infeksi virus dengue bawaan nyamuk Aedes aegypti ini.

Makanan yang bisa menjadi obat demam berdarah seringnya memiliki kandungan seng serta vitamin C tinggi. Seperti promo obat sirup psidii daun jambu biji yang memang kaya akan kedua kandungan vitamin serta mineral tersebut. Virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah menurunkan kadar trombosit dalam tubuh. Sehingga sel darah merah pun berkurang hingga menyebabkan rasa lemas dan menurunya daya tahan.
Untuk itu konsumsi vitamin C serta mineral seng menjadi sangat penting.

Makanan yang dapat membantu mengatasi demam berdarah


Di bawah ini merupakan beberapa makanan yang bisa membantu untuk mengatasi demam berdarah.

1. Beras angkak

Beras angkak merupakan beras dari Thailand yang dipercaya mampu untuk atasi demam berdarah. Beras ini sendiri merupakan hasil dari fermentasi ragi Monascus purpureus dan berfungsi salah satunya untuk menurunkan demam berdarah.

Salah satu manfaat dari konsumsi beras angkak merupakan untuk meningkatkan trombosit. Sehingga sel darah merah pun meningkat. Pada akhirnya bila kedua hal ini terjadi, demam berdarah pun akan menurun dengan sendirinya. Sederet penelitian pun sudah membuktikan mengenai manfaat dari beras angkak ini.


2. Patikan Kebo (Gulma)

Patikan Kebo atau gulma menjadi salah satu obat dari obat herbal untuk demam berdarah. Jenis tanaman in merupakan tumbuhan liar yang biasa ada di pekarangan. Di sisi lain, tumbuhan ini punr upanya bekerja untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Patikan Kebo atau disebut juga dengan gulma ini memang bekerja dan banyak sekali digunakan untuk mengatasi penyakit demam berdarah.

Gulma atau disebut juga dengan Patikan Kebo ini bisa dikonsumsi sebagai sayur atau pun direbus. Nantinya air rebusannya digunakan sebagai obat untuk menurunkan demam berdarah dengue.

3. Kurma

Kurma telah lama dipercaya sebagai multivitamin di kala kondisi tubuh sedang menurun. Kurma lazimnya diproses menjadi sari kurma guna menjadi multivitamin yang mudah dikonsumsi kapan saja. Kurma mengandung beberapa vitamin penting untuk tubuh seperti vitamin A, B, riboflavin, kalium, magnesium, mangan, niacin, karoten, juga tinggi zat besi.
Pada dasarnya kurma ini bukanlah obat penyembuh demam berdarah, melainkan dapat meningkatkan jumlah trombosit 3x kali lebih cepat dibandingkan obat medis biasa.

4. Jus Sayuran dan Buah-buahan

Jus sayuran seperti Jus wortel, tomat dan lidah buaya juga jus dari buah seperti kiwi, jeruk, delima dan jambu biji adalah paduan jus yang dipercaya dapat meningkatkan trombosit, menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan juga menghidrasi tubuh selama pemulihan demam berdarah. Jus sayur dan buah sebaiknya diminum 2 kali sehari agar efek positifnya dapat segera terasa.

5. Daun Pepaya

Daun pepaya memang tidak seperti kurma,  jambu biji, gulma dan beras angkak yang manfaatnya dapat meningkatkan trombosit untuk pemulihan demam berdarah. Akan tetapi daun pepaya dapat bermanfaat sebagai antioksidan yang mengembalikan sistem imun tubuh, sehingga dapat mempercepat proses pemulihan demam berdarah. Dalam daun pepaya mengandung fenolik, papain, dan alkaloid yang kesemuanya mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

19 komentar:

  1. kebetulan banget ini kak. saudara lagi kena demam berdarah. jadi takut2. antisipasi wajib ini

    BalasHapus
  2. Yang saya tahu daun jambu biji yang merah untuk meningkatkan trombosit, ternyata banyak juga tanaman herbal lainnya untuk DBD ya.😃

    BalasHapus
  3. Naah bermanfaat banget nih artikel untuk pencegahan pas dimusim hujan seperti ini.😄😄

    Save aah.. Thanks mbak sudah berbagi info sehat.😄😄

    BalasHapus
  4. dulu tahunya cuma jus jambu biji aja buat naikin trombosit, ternyata ada banyak makanan yg bisa dikonsumsi sebagai obat demam berdarah tah

    BalasHapus
  5. Buat anak-anak yang kena DBD, barangkali jus buah yang paling digemari.

    BalasHapus
  6. Wah saya doyan banget daun pepaya, dibikin urap. Ternyata khasiatnya gak hanya ut ngobatin malaria. Nice info mba

    BalasHapus
  7. Daun pepaya enaknya direbus dan disajikan pakai sambal belacan. Hmm, nyummy.Memang buah-buahan ini selain menyegarkan juga baik untuk kesehatan.

    BalasHapus
  8. Dari semuanyanya kayaknya kurma yang paling bisa awak makan nih

    BalasHapus
  9. Beberapa makanannya baru dengar kak. Tahunya saya hanya jambu biji saja. Thanks infonya kakak

    BalasHapus
  10. Jika sudah positif demam berdarah, yang dibutuhkan adalah menjaga cairan dan imunitas tubuh agar dapat melewati fase-fase yang harus dilewati saat terinfeksi virus ini. Pernah kena penyakit ini dua kali, nggak enak banget rasanya.

    BalasHapus
  11. beras angkak itu bisa dibeli dimana kak id?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko obat cina atau sinshe biasanya ada

      Hapus
  12. Di toko awak ada Sari kurma madu angkak, tapi di atas gak disebut madu ya...hihi

    BalasHapus
  13. Dulu ada kerabat yang DB kak.
    Kami pun rajin buatkan jambu merah..
    Kalo sekarang ada yang DB kami sering rekomendasi kurma..
    Biar cepat naik trombosit nya ya kan kak

    BalasHapus
  14. wah saya baru tahu kurma bisa dipakai buat demam berdarah, multifungsi banget berarti ya :D kalau menurut ibu saya pakai daun jambu biji, tapi saya belum pernah coba juga :D

    BalasHapus
  15. Dulu aku pernah kena demam berdarah disarankan banyakin minum sari kurma (karena dulu susah nyari kurma) dan jus jambu biji buat naikin trombositnya. Eh ternyata ada yang lain ya buat naikin trombosit itu.

    BalasHapus
  16. Beras angkak di mana bisa diperoleh, Kak Id. Baru dengarlah saya, hehe. Tfs ya jd tau makanan apa aja utk penderita DBD. Btw, selama ini taunya Jus Jambu biji aja

    BalasHapus
  17. Dulu pernah gejala DBD
    Jd saya banyak minum n mkn buah jambu biji
    Trus berobat alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
  18. iyaa betul kata orang dulu juga beras angkak sangat ampuhh lohh :D

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.