Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melek Literasi Keuangan Sejak Dini bersama Anak Cerdas Online

melek literasi keuangan bersama anak cerdas online

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Waktu kecil ingat tidak darimana mendapatkan pelajaran akan literasi keuangan? Dari Ayah atau Bunda kah? atau dari pelajaran yang diterangkan guru di sekolah?

Tentunya sebagian besar pasti mendapatkan pelajaran pertama kali dari orang tuanya bukan? pelajaran ketika mendapatkan uang saku untuk pergi ke sekolah saat duduk di bangku sekolah dasar. Kalau dulu saya suka mendapatkan nasehat dari orang tua bahwa sisa uang saku itu harusnya ditabung. Tapi bagaimana mau menabung, wong uang sakunya saja sering belanjakan semuanya di kantin sekolah atau saking baiknya saya kasih ke teman yang gak bawa uang saat itu, aduh polosnya saya.

Lalu, ketika saya sudah mau menginjak SMP barulah saya menyadari akan pentingnya menabung karena sepupu saya sudah bisa membeli sepeda favoritnya dari hasil menabungnya, duh kemana aja dulu saya ya hihi..karena tahunya hanya menghabiskan uang saku dan malas untuk menabung.

Saya jadi bertanya pada diri mungkin dulu saat sekolah dasar saya belum dikenalkan akan konsep uang dan cara pengelolaan yang benar , sehingga rasa tanggung jawab untuk mengelola uang jadi terabaikan..

Mengintip Keseruan Event Edukasi Literasi Keuangan Anak, FUNancial Day di Plaza Medan Fair


Nah, pada hari Minggu kemarin tanggal 23 Februari 2020 bertempat di Plaza Medan Fair, Wing Barat Lt.1 saya dan teman-teman mendapatkan kesempatan buat mengikuti acara FUNancial Day yang diselenggarakan oleh Bank HSBC Indonesia yang berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Kota Medan adalah kota ketiga yang didapuk untuk diadakan acara Funancial Day ini setelah kota Denpasar dan Jakarta. Selanjutnya acara Funancial Day juga diadakan di kota Surabaya pada bulan Maret nanti.

Dalam acara Funancial Day ini, mengajak pengunjung Plaza Medan Fair khususnya untuk orangtua yang membawa anak usia sekolah dasar dari kelas 3 sampai kelas 5 untuk mengenal dan mencoba secara langsung edutech literasi keuangan Anak Cerdas Online. Hadirnya program literasi berbasis teknologi ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam mengenalkan konsep dasar literasi keuangan pada anak dan juga membangun budaya bijak mengelola uang sejak dini di rumah.

penjelasan tentang edutech anak cerdas online
Penjelasan tentang inovasi edutech Anak Cerdas Online oleh ibu Utami program manajer PJI

Ibu Utami Anita Herawati, program manajer Prestasi Junior Indonesia menginformasikan tentang Edutech Anak cerdas online ini diikuti oleh anak-anak SD yang tersebar di beberapa sekolah. Total peserta yang mengikuti  sebanyak 3 sekolah masing-masing 15 anak, dari kelas 3 hingga kelas 5 SD, yang salah satunya adalah berasal dari Sekolah Dasar Negeri.

Ibu Utami juga menjelaskan bahwa Inovasi program literasi keuangan yang dirancang untuk anak-anak usia sekolah dasar ini dapat diakses secara daring (online) dan hanya bisa diakses melalui komputer dan laptop. Kenapa hanya bisa di 2 media ini saja? agar kita para orangtua dapat mengawasi, mendampingi dan membimbing anak dalam bermain dan belajar.

Edutech Anak Cerdas dan Penerapannya

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia , Robert Gardiner menyampaikan dalam siaran persnya
"Pemberian Uang saku oleh orang tua kerap kali tidak disertai dengan tuntunan dan dorongan kepada anak untuk mengelola uang yang dimiliki. Selain faktor kebiasaan, terbatasnya media edukasi anak tentang keterampilan ini juga menjadi penyebabnya. Edutech Anak Cerdas yang dapat dinikmati dengan mudah sekarang menjasi opsi bagi orang tua untuk dapat mulai menanamkan nilai-nilai finansial kepada anak. Pendekatan teknologi digital yang interaktif, aman, dan menyenangkan membuat pembelajaran pengelolaan uang menjadi mudah dipahami oleh anak"

Sebelum dikembangkan dalam versi daring (online) pada tahun 2018 lalu, Bank HSBC Indonesia yang bekerja sama dengan  Prestasi Junior Indonesia (PJI) telah meresmikan program Anak Cerdas digital versi luring (offline) di 67 sekolah dasar pada 15 kota yang tersebar di Indonesia dengan proses belajar menggunakan tablet. Sejak tahun 2015 hingga 2018, program anak cerdas dengan konten dan desain yang makin berkembang mampu menggugah semangat diskusi anak dan berhasil meningkatkan pemahaman akan literasi keuangan sejumlah 15.000 anak dari kisaran awal 40%-50% menjadi 80%. Kemudian OJK juga merilis survei nasional literasi keuangan menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat dari angka 29,7% pada tahun 2016 menjadi 38,03% di tahun 2019.

Senada dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI), Head of Corporate Sustainability dari Bank HSBC, ibu Nuni Sutyoko mengatakan,
"Dengan akses tanpa batas, kami ingin manfaat edutech Anak Cerdas dapat menjangkau lebih banyak anak Indonesia. Ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut serta meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Kami yakin literasi keuangan adalah salah satu keterampilan masa depan yang perlu ditanam sejak dini agar anak-anak dapat menjadi generasi cerdas finansial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat di masa depannya"

Lihat Juga : Tempat Bermain Anak Indoor atau Outdoor

Sesi Belajar Interaktif Anak Cerdas Online

suasana belajar anak cerdas online
Suasana belajar interaktif anak cerdas online

Suasana Plaza Medan Fair yang awalnya sepi menjadi ramai oleh anak-anak usia sekolah dasar yang ingin belajar sambil bermain secara langsung dalam acara Funancial Day. Pada sesi belajar interaktif literasi keuangan ini, anak sebaiknya didampingi, diawasi dan dibimbing oleh orang tua.

1. Registrasi

halaman awal anak cerdas online
Halaman awal website Anak Cerdas

Sebelum belajar sambil bermain, persiapkan perangkat komputer atau laptop yang terhubung jaringan internet. Buka browser dan klik situs Anak Cerdas Online :


Buat pengguna baru, registrasi terlebih dahulu agar dapat mengakses pelajaran. Klik menu pada bagian kanan atas.

2. Lengkapi Data 

proses registrasi website anak cerdas online
Syahnasz sedang melengkapi proses registrasi dibantu oleh orang tuanya

Lengkapi data yang benar pada halaman registrasi berupa Username, password, nama, e-mail (punya orang tua), sekolah, jenis kelamin dan kelas. Buat Orang tua, sebaiknya untuk username dan password dicatat di note penting agar tidak lupa ketika ingin login ke situsnya. Bila tidak mengerti untuk mengisi, kakak-kakak fasilitator akan sigap membantu. Setelah semua kolom data terisi, baru klik Daftar.

3. Konfirmasi dan Login

Situs Anak Cerdas Online akan mengirimkan pesan konfirmasi ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya. Buka email dan klik konfirmasi. Masukkan username dan passwordnya dan kemudian klik Login. Hayo, jangan sampai salah isi ya :)

4. Pilih Segmen Pelajaran 

segmentasi anak cerdas online
3 Segmentasi anak cerdas : web anak cerdas

Ada 15 sesi pembelajaran tentang pengelolaan uang yang terbagi atas 3 segmen dan disajikan sesuai dengan kelasnya. Yaitu :

Kelas 3 : JA Ourselves
Kelas 4 : JA Our Community
Kelas 5 : JA Our City

3 segmen belajar interaktif anak cerdas
3 segmen secara lengkap sesi pembelajaran : web anak cerdas

Setiap segmen pelajaran berisi simulasi yang mengajarkan anak-anak untuk memahami kebutuhan dirinya dan mana yang hanya sekedar keinginan, mengelola keuangan pribadinya seperti cara menabung dan ikut berpartisipasi dalam komunitas lingkungannya.
Pilih salah satu segmen pelajaran tersebut atau orang tua bisa dipilih ketiga-tiganya agar dapat berdiskusi dengan anak guna mengoptimalkan pemahaman anak akan literasi keuangan.

5. E-Sertifikat buat Anak Cerdas

Jika sudah berhasil menyelesaikan seluruh sesi di tiap segmen, anak akan memperoleh e-sertifikat ketuntasan program, keren kan? e-sertifikat akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar. sst, e-sertifikatnya bisa dicetak lho dan dipajang buat menambah semangat belajar sang anak :)

foto bersama blogger dan program manajer PJI
Foto bersama blogger dan Program Manajer PJI

Ditutup dengan games seru dan Goodie bag

Di akhir acara Funancial Day kemarin, keseruan belajar pun bertambah dengan adanya kuis dari kakak fasilitator buat anak-anak yang hadir dengan menggunakan sarana kuis online kahoot.it. Dengan rasa antusias anak-anak mengulang kembali materi yang telah dipelajari dari situs Anak Cerdas Online sebelumnya. Pemenangnya mendapatkan voucher belanja sejumlah Rp 300 ribu dan goodie bag keren, duh iri banget karena gak bisa ikutan haha.

Penting untuk diketahui, akses situs Anak Cerdas Online ini bisa dari mana saja, dari rumah atau sekolah, sekali lagi hanya bisa diakses dengan menggunakan laptop atau PC (komputer) . Animasi dan permainan di dalamnya menghibur dan interaktif , cocok sekali buat anak.
Ayah, Bunda, dan Moms yuk daftarkan buah hatinya buat belajar literasi keuangan sejak dini, agar anak dapat melatih rasa tanggung jawab terhadap uang yang akan dikelolanya di masa depan nanti :)


Sumber : 

- website anak cerdas prestasi junior
- foto dokpri



35 komentar untuk "Melek Literasi Keuangan Sejak Dini bersama Anak Cerdas Online"

  1. acaranya bagus banget mba! salut+

    BalasHapus
  2. Memang rata rata anak dapat pelajaran duit dari orang tua. Literasi penting agar anak dapat melatih rasa tanggung jawab terhadap uang yang akan dikelolanya, supaya jangan habis terus kayak bapaknya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, anak2 penting untuk mengetahui literasi keuangan sejak dini biar kesalahan tak terulang hehe

      Hapus
  3. Asyik, ada sarana baru untuk belajar Palung yang kelas 4 MI dan baru 10 tahun. Uang jajannya ke sekolah kisaran 2 ribu rupiah, kadang 3 ribu rupiah jika olah raga. Di rumah jajan lagi 2 atau 3 ribu rupiah. Belum ada keinginan menabung baginya meski sudah saya dorong. Selalu jajan yang itu-itu saja meski kadang di rumah saya sediakan makanan agar tidak jajan.
    Sepertinya Palung harus belajar di situs anak cerdas agar lebih termotivasi kelola uang dan menahan diri dari jajan yang tidak perlu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh mba, langsung ke situsnya aja memang diperuntukkan untuk anak seusia Palung buat belajar literasi keuangan, konsepnya belajar sambil bermain, Palung pasti suka :)

      Hapus
  4. nah edukasi pngelolaan keuangan penting di terapkan sejak dini supaya anak mulai mengerti pengelolaan yang baik...miskipun dalam sekala kecil yaitu uang saku

    BalasHapus
  5. Jadi Terkenang kenang tentang Uang uang yg pernah saya pegang, simpan, bagikan, belanjakan kemana saja untuk apa saja dan bagaimana saja hahaha. Terimakasih Info Acaranya Mom!

    BalasHapus
  6. Seru banget acaranya kak, semoga semakin banyak acara begini dan tentunya ada di pekanbaru. Pengen ikutan. biar anak-anak dyah juga melek finansial sejak dini.

    BalasHapus
  7. Oh gak ngajak² kakak, padahal di rumah ada 3 bocah perlu diajari melek literasi keuangan. Hahaha

    BalasHapus
  8. Bagus tuh mengajarkan anak untuk peka terhadap keuangan apalagi keuangan digital. Karena zaman sekarang banyak godaan hehe.

    BalasHapus
  9. Akuu
    Orang nya yang gak bisasa nabung hahaha
    Btw ini aplikasi untuk anak sekolah usia SD ya kak id ? Soale kan pake email emaknya kan ya

    BalasHapus
  10. Saya sejak SD udah ngelola uang. Soalnya jualan balon tiup haha
    Trus untungnya saya tabung di celengan bambu. Kl awal ajaran baru buat beli buku2 ... Wahh, kenapa ya ga beli mainan aja haha

    BalasHapus
  11. Aku dulu masih kecil dapet dari emakku kak.. soalnya gara2 emak awak pas SD jualan loh di sekolah .

    BalasHapus
  12. Mau ah nanti download aplikasi Anak Cerdas Online ini. Selain bikin anak pintar mengatur keuangannya sedari dini, juga meringankan tanggung jawab orang tuanya mengajarkan anaknya berhemat secara manual hehe. Thanks ya Id

    BalasHapus
  13. mba iid, kenapa tidak mengajak diriku....
    aku syukaaaa...

    BalasHapus
  14. Seru ih acaranya kak. Bisa ngajarin anak untuk mengelola uang jajan dengan baik. Biar nggak boros kayak saya dulu, wkwk.

    BalasHapus
  15. Acaranya bagus banget, konsepnya fun jadi anak2 juga ga bosen ngikutin rangkaian acaranya ya.

    BalasHapus
  16. Keren banget nih acara dan programnya. Bermanfaat untuk mengedukasi finansial anak sejak dini

    BalasHapus
  17. Bagus banget ini literasi keuangan buat anak

    Anak-anak saya mau menabung kl ada keinginan beli sesuatu, belum nabung krn butuh nabung.

    BalasHapus
  18. Bener-bener recommended acara funancial day bersama PJI di Medan mbak. Bersama game2 yang diajarkan melalui laptop pendukung... anak-anak diharapkan mampu belajar tentang cara menghemat uang serta membelanjakan dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  19. Acara yg sangat mengedukasi sekali ini, anak jadi tahu mengelola uang yg diberikan oleh orangtua, walaupun namanya uang jajan, tapi anak jd pinter mengalokasikannya.
    Keren.

    BalasHapus
  20. Memanfaatkan digital dengan cerdas, bahkan anak-anakpun bisa belajar tentang keuangan, idenya mantap nh, edukasi untukanak sekaligus keluarga ya.

    BalasHapus
  21. Wah penting sekali nih ya, mengajarkan literasi keuangan sejak dini kepada anak2. Cara belajar nya pun fun cocok utk anak2..

    BalasHapus
  22. Setuju, anak-anak memang mesti belajar literasi keuangan sejak dini, agar mereka dapat melatih rasa tanggung jawab terhadap uang yang akan dikelolanya di masa depan nanti!

    BalasHapus
  23. Anakku juga suja nih main di website ini selain anak2 bisa belajar mereka juga dapat e sertificate juga.

    BalasHapus
  24. MashaAllah.. menarik banget ini mbak, jadi kita bisa maksimalkan penggunaann gadget pada anak untuk hal hal yang bermanfaat ya.. salah satunya dengan belajar literasi digital, setuju banget bahwa anak anak juga perlu diajarkan tentang keuangan sejak dini

    BalasHapus
  25. Wah, baru tau ada aplikasi anak cerdas online. Menarik banget, Mbak. Rekomended ya buat belajar literssi keuangan,terkhusus anak...Makasih sharing acaranya...

    BalasHapus
  26. untuk anak SMP masih cocok nggak ya diberikan literasi keuangan ini?

    BalasHapus
  27. Wah, jadi hanya bisa menggunakan laptop atau PC biar ortu mudah mengawasi dan mendampingi, ya. Bagus juga tuh. Memang perlu banget mendidik anak tentang literasi keuangan. Biar dari kecil sudah terbiasa mengelola uang dengan baik :)

    BalasHapus
  28. Dulu aku suka nabung. Nggak ada alasan khusus. Suka aja. Apalagi kalau udah kekumpul banyak, rasanya kaya.

    BalasHapus
  29. Wah coba ah aku ajak anakku main. Sekarang sedang belajar mencatat uang tabungannya sehari2. Mulai bulan depan belajar catat pengeluarannya juga.

    BalasHapus
  30. Whuaa..ada Situs Anak Cerdas Online seru juga ini, cocok buat para ortu dan anak2 yak, biar paham juga si anak tentang literasi keuangan, bagaimana menggunakan uang dengan bijak. Hahhaa akupun jadi inget waktu kecil, dikasih bekel trus ditabungin di warung qiqiqiiq

    BalasHapus
  31. Ini yang harus belajar mamaknya dulu niih...hihiii~
    Soalnya terasa banget ketika literasi keuangan ini baru dipelajari ketika sudah dewasa. Berasa banget gak bisa pegang uang. Boncos muluuu...

    BalasHapus
  32. Aku udah nyobain platformnya seru banget kak 😁 bikin palak juga iya, kalo jaringan sedang gak bersahabat

    BalasHapus

Berlangganan via Email