Wanita dan Problem PCOS

19 Februari
wanita dan problem pcos

Gaes, Sahabat Perempuan berbagi..

Kali ini saya mau berbagi informasi nih..
Tentunya sebagian dari kamu sudah tau tentang PCOS yah..PCOS?? apaan tuh? semacam makanan kah? atau nama sayuran? No no no, buat yang belum tau,..nih saya kasih tau
Pernah gak sih lihat seorang wanita atau emak2, yang bawaannya emosii aja kalau ngomong, istilahnya senggol bacok, terus muka kusam, jerawatan dan badannya gemuk (itu saya banget, lol) bisa jadi tuh emak2 termasuk PCOS!!

"PCOS adalah Polycistic Ovarian Syndrom yang dialami oleh sebagian wanita dikarenakan oleh resistensi insulin di dalam tubuh". PCOS juga bisa dikatakan sebagai gangguan ketidak seimbangan hormon yang ditandai dengan adanya peradangan, resistensi insulin dan hyperandrogen yang ujung ujungnya mengganggu kesuburan para kaum wanita.

Mengganggu kesuburan ? yes.

Ada hal-hal yang menyebabkan PCOS dapat mengganggu kesuburan, yaitu karena ketidakseimbangan hormon tadi. Ada berbagai macam hormon. Hormon mempengaruhi manusia untuk bisa tersenyum, tertawa, bahagia, sedih dan depresi.

PCOS dapat didianosa ketika seorang wanita memiliki beberapa gejala seperti :

beda ovarium normal dan pcos
Beda ovarium normal dan polikistik (PCOS)

a. Haid atau Periode yang tidak teratur dan gagalnya sel telur berovulasi

b. Ovarium berisi folikel yang berukuran kecil-kecil dan rapat seperti buah anggur (ovarium polikistik). Hal ini bisa diketahui melalui pemeriksaan USG Transvaginal pada wanita yang sudah menikah

c. Gejala PCOS selain Ovarium Polikistik dapat juga diketahui dengan mengetahui kondisi fisik, antara lain :
- Jerawat dan
- Muka kusam akibat kulit yang terlalu berminyak atau kering
- Rambut rontok
- Hirsutisme ( tumbuhnya rambut atau bulu berlebih di tempat yang tidak biasa : lengan, kaki, ketiak, atas bibir, samping pipi, dll )
- Mudah lelah
- Berat badan naik terus
- Obesitas
- Nafsu makan berlebihan dan tidak terkontrol  (Binge Eating)
- Sleep Apnea (gangguan pada tidur)

gejala dan akibat pcos
PCOS dan gejalanya

d. Selain dari kondisi fisik, juga bisa diketahui dari kondisi tingkah laku ini terjadi adanya ketidakseimbangan hormon, seperti :

- Moodswing ( perubahan mood yang seketika ) yang terus berlanjut setiap bulannya
- Gampang stres, depresi, marah, tersinggung, sedih, kesepian dan selalu merasa khawatir

e. Gejala utama PCOS sebenarnya adalah kegagalan berovulasi secara teratur. Inilah yang memyebabkan faktor ketidak suburan pada wanita.
Pada PCOS terdapat kekurangan hormon estradiol dan progesteron, namun sebaliknya hormon testoteronnya tinggi dan muncul gejala fisik seperti Hirsutisme, rambut rontok atau wajah penuh jerawat.
Bagaimana cara untuk mengetahui PCOS? Diagnosa PCOS dilakukan dengan rangkaian pemeriksaan fisik, USG transvaginal dan test lab darah dan hormon.

Ada 4 Tipe PCOS yang wajib kamu ketahui 

Menurut Lara Briden dalam laman artikelnya yaitu Treatment for 4 Types of PCOS. " Treat The Cause" , ada 4 Tipe PCOS yang perlu kamu ketahui, antara lain :

1. PCOS dengan Resistensi Insulin

Insulin tinggi dan leptin menghambat ovulasi dan merangsang ovarium untuk membuat testoteron. Langkah pertama adalah berhenti konsumsi gula. Tes yang sebaiknya diambil glukosa puasa dan insulin puasa, LH dan kolesterol

2. Post-Pill

Setelah penggunaan pil KB, tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan kembali sistem hormon. Minimal 6 bulan dan bisa lebih tergantung kondisi tubuh. Tes yang sebaiknya diambil LH dan prolaktin. Itulah mengapa untuk sebagian wanita yang telah melahirkan sebaiknya tidak mengambil KB dalam bentuk suntik hormon karena akan membuat kesuburan menjadi terganggu yang efek sampingnya antara lain kenaikan berat badan, rambut rontok dan efek samping lainnya

3. PCOS dengan Inflamasi

Peradangan -atau aktivasi kekebalan kronis- disebabkan oleh stress, lingkungan, pencernaan dan makanan yang dapat menimbulkan inflamasi seperti gluten dan produk A1 (salah satunya susu dari hewan) karena inflamasi dapat menghambat ovulasi.

4. Hidden-Cause PCOS

Banyak kasus susah ovulasi karena ada yg menghambat. Yang paling umum biasanya karena:
- Terlalu banyak kedelai, meningkatkan hormon estrogen, oleh karenanya susu kedelai dan turunanannya seperti tahu dan kecap tidak dianjurkan konsumsi terlalu sering.
- Penyakit tiroid
- Diet vegetarian, karena kekurangan zinc.
- Kekurangan iodine.
- Pemanis buatan, mengganggu insulin.
- Kekurangan pati.

Penyakit Akibat adanya PCOS  dan Pencegahannya :

Penyakit yang bisa timbul dengan adanya PCOS adalah antara lain :
Keguguran, Infertil, Obesitas, Diabetes, Serangan Jantung, Hipertensi, Preeklamsia, Fatty Liver, Penyakit Auto Imun bahkan kanker ovarium. Pfiuh..terdengar menyeramkan yah.
Sedih deh kalau semua penyakit bisa saja menggerogoti. Tapi tenang saja wahai wanita, PCOS bisa diatasi asal tetap tekun dan konsisten menjalani prosesnya.
Apa sajakah itu :

pcos dan cara mencegahnya
PCOS dan cara mengatasinya

1. Atur Pola Makan

Ini sudah saya sebutkan dalam artikel saya sebelumnya yaitu Tips buka puasa sehat bagi pejuang PCOS, ada beberapa makanan yang harus diperhatikan yaitu karbohidrat termasuk gula, garam dan seafood. 3 Makanan ini sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Sebaliknya sayuran dan buah-buahan yang sehat dikonsumsi lebih banyak dari bahan makanan lainnya. Omega 3 yang terdapat pada ikan salmon segar atau minyak ikan juga baik untuk dikonsumsi.
Sedangkan konsumsi kayu manis berguna untuk menstabilkan gula darah.

2. Berolah raga teratur

Seperti yang kita ketahui memang berolah raga itu suatu keharusan untuk menjaga berat badan tetap stabil dan produksi hormon juga seimbang. Olah raga dapat membakar lemak yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Olah raga juga membuat siklus atau aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Olahraga yang ringan adalah jogging, jalan di tempat atau plank selama 5-30 menit setiap harinya.
Buat wanita usia 30 tahun ke atas pola hidup aktif dan dinamis  itu perlu. Sedikit mager tidak apalah kalau sehari. Namun harus tetap didoktrinkan pada diri bahwa aktif dan dinamis dalam kegiatan sehari adalah hal yang juga penting.

3. Stop Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dengan konsumsi junkfood, jajanan tidak sehat, minuman beralkohol atau merokok sangat mempengaruhi kestabilan hormon. Bagi orang biasa saja berbahaya apalagi buat pejuang PCOS. Jadi ubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang positif. Ngemil makanan sehat, minum jus atau shake dan melakukan kegiatan yang positif dapat mengalihkan perhatian dari kebiasaan yang buruk.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dengan minimal 7-8 jam sehari. Tubuh butuh istirahat agar dapat meregenerasi sel yang rusak pada tingkat yang maksimal akibat kegiatan yang melelahkan ataupun konsumsi makanan yang masuk.

5. Hindari Stres

Stres karena tekanan kerjaan, stres karena pikiran akan beban hidup atau stres karena nyinyiran orang. Semua orang pasti pernah merasakan stres. Pada pejuang PCOS, faktor stres akan meningkat 2x lipat akibat ketidakseimbangan hormon. Jadi, yuk sebisa mungkin hindari penyebab stres ini. Bila datangnya dari lingkungan sekitar ada baiknya segera menjauh untuk sementara dan pilih lingkungan yang mendukung.

Lakukan kegiatan yang positif seperti menulis keluh kesahmu di buku kosong atau blog, menulis puisi, menggambar, bernyanyi, mengerjakan hobi yang ringan, dan lainnya yang membuat hatimu merasa plong dan bahagia :)

Jadi Pejuang PCOS bisa hamilkan? Insyaallah, Tentu saja bisa!! ☺️

Oke, post selanjutnya akan saya bahas tentang Diet dan makanan yang baik untuk Gaya hidup PCOS. Jadi, ditunggu yaa :)

Sumber :
- @Pcosfighterindonesia
- @Pcosnutrition
- @Pcoschallenge
- Treatment for 4 Types of PCOS. Treat The Cause. by Lara Briden (larabriden.com)



18 komentar:

  1. tubuh perempuan rentan sekali ternyata ya kak, pcos ternyata bukan hanya dari efel pil kb namun juga ada faktor lain seperti efek dari makanan dan efek stres. semoga kita semua terhindar dari pcos ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya pcos, apalagi masalah gaya hidup yg gak bener

      Hapus
  2. Walah... Beberapa temanku seperti itu mbak. Bener2 baru ngeh nih pcos. Dan ada penanggulangan yg bisa secepatnya dilakuin

    BalasHapus
  3. oooh
    aku tau PCOS ini dari Fitri Tropica
    dia kenak juga
    lalu ikhtiar kurang lebih 5 tahun
    mencoba pola hidup sehat dan gak tau deh apa yang diapain (lupa)
    ALhamdulillah kini udah punya baby~~~

    BalasHapus
  4. Aku musti banyak belajar lagi, bukan hanya aku tapi setiap perempuan seharusnya belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama berkaitan dengan tubuh bagian intim. Terima kasih mbak sudah sharing :)

    BalasHapus
  5. PCOS dapat mengganggu kesuburan yah. Bisa-bisa jadi sulit hamil. Hiks...ada saudara yang kena PCOS. Udah ikhtiar macem-macem, belum hamil juga. Semoga engga putus asa ikhtiar deh...

    BalasHapus
  6. Bagus sekali tulisannya Mbak. Jadi teman-teman perempuan bisa langsung tanggap dan bisa segera mencegah PCOS ini. Termasuk menghindari makan junk food yang ternyata bisa jadi penyebab PCOS ya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Wah baru tahu banget kalau yang seperti ini bisa mengganggu kesuburan. Ngeri juga ya. Kalau udah berumah tangga memang harus banget ya jaga semuanya termasuk stres.

    BalasHapus
  8. huhu kemarin aku sempat beradu mulut dengan paksu, pasalnya kan kita lagi sama-sama menganalisa (belum untuk cek dokter SpOG, K Fer) dan dia memperlihatkan ada temannya yang baru aja hamil dan dipostingannya itu dia bercerita mengalami pcos, trus suami bilang, mungkin kamu kena pcos kali yang.. wkwk aku coba share k suami, makasih infonya ya mba

    BalasHapus
  9. Beberapa temanku terkena penyakit PCOS ini, perjuangan mereka ngga bercanda lho demi sembuh dari PCOS ini dan demi bisa hamil.

    BalasHapus
  10. Ternyata pcos ini juga mempengaruhi mood seseorang ya dan risikonya juga cukup berbahaya ya Mbak karena penderitanya bisa sampai mengalami kanker gitu.

    BalasHapus
  11. Intinya penyakit bisa dicegah dengan gaya hidup sehat ya. Dan emang harus dikontrol dan medical check up juga kalo udah ada gejala-gejalanya. Takut ntar makin parah dan dan menyebabkan kanker.

    BalasHapus
  12. hal hal yang memang perlu diperhatikan yak untuk para wanita, khususnya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi

    BalasHapus
  13. ngeri2 sedep neh penyakit... bisa kanker juga?? aku mau kasih tau ke gebetan aku aah ttg ini

    BalasHapus
  14. temen kantorku juga ada yang PCOS mbak,, saya kasian juga lihatnya, cuman bisa doain dan kasih semangat, klo kata dokternya disarankan untuk sedikit diet kurangn porsi makan dan harus olahraga,,,

    BalasHapus
  15. Kalau ga salah temenku juga ada yg punya pcos. Gejala nya mirip sama yang dijelaskan di sini. Katanya yang paling ganggu itu adalah jerawat dan emosi yang ga stabil.
    Eh tapi akhirnya dia bisa punya 2 anak loh meski pcos.

    BalasHapus
  16. Semoga selalu menjaga kesehatan agar tidak terkena PCOS ya kakak kakak semuanya

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.