7 Buah Ini Bisa Jadi Ide Olahan Jajanan Kekinian di bulan Ramadhan

7 buah ini jadi ide jajanan kekinian di bulan ramadhan

Gaes, Sahabat Perempuan berbagi..

Walaupun masih 1 bulan lagi menjelang bulan puasa ramadhan tahun ini, tapi banyak pebisnis kuliner yang sudah memikirkan ingin jualan makanan apa yang cocok untuk bukaan puasa nanti. Seperti yang kita ketahui buah adalah sasaran yang tepat sebagai bukaan makanan yang segar, sehat dan kaya akan serat.

Di dalamnya terdapat berbagai manfaat antara lain kaya akan kandungan asam folat, vitamin A, B1, B6, C dan vitamin lainnya. Buah juga merupakan sumber air dan gizi , mengkomsumsi buah akan melancarkan pencernaan karena kandungan air dan serat di dalamnya.

Buah juga kaya akan antioksidan, oleh karenanya rutin mengkonsumsi buah maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menurunkan imunitas tubuh.

Berikut ini adalah ide olahan buah yang bisa dijadikan jajanan selama bulan puasa bahkan jajajan kekinian yang masih digemari di tahun 2020 ini, yuk di simak ya gaes :)

Daftar olahan jajanan kekinian dari buah-buahan


1. Jagung

Buah Jagung mengandung serat, asam folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Manfaat mengkonsumsi jagung antara lain sebagai sumber energi, mencegah anemia, menurunkan kolesterol hingga mencegah hipertensi. Olahan jajanan bulan puasa yang terbuat dari jagung tentulah akan digemari para pembeli. Salah satu ide jajanan dari jagung yaitu Corn Dog.

corn dog jajanan kekinian
Corn dog jajanan kekinian terbuat dari jagung

Corn dog dinamakan demikian karena bentuknya seperti makanan Amerika hot dog yang merupakan negara asalnya jajanan jagung ini. Pada Corn dog jagung digunakan sebagai bahan dasar adonannya, baik itu tepung jagung atau jagung yang sudah blender sebelumnya. Sedangkan untuk isiannya yaitu keju mozarela, sosis atau sayuran.

sujagor susu jagung goreng
Sujagor jajanan kekinian
Pic : youtube

Olahan lainnya jagung yang digemari saat ini adalah Sujagor alias susu jagung goreng. Sujagor termasuk paling mudah dibuat, karena hanya menggunakan susu jagung dan tepung saja. Penganan ini bisa dibuat dengan cetakan takoyaki atau tanpa cetakan. Penganan lainnya adalah nugget dan stik jagung manis.

2. Singkong

Singkong rebus mengandung sumber energi karbohidrat, juga kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam singkong juga terdapat mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Selain itu terdapat kandungan vitamin C, E dan asam folat.

Singkong sering digantikan sebagai makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya, akan tetapi kandungan glukosanya lebih baik daripada nasi putih. Olahan singkong dari dulu sangat digemari seperti getuk, tiwul, combro, misro, lemet/lepat dan banyak lagi olahan lainnya.

bola singkong keju coklat jajanan kekinian di bulan puasa
Bola-bola singkong keju coklat

Olahan singkong rebus buat jajanan bulan puasa yang kekinian adalah bola-bola singkong coklat keju, nugget singkong isi mozarela/sosis. Juga ada singkong gulung sosis/abon yang rasanya maknyus. Olahan singkong ini selalu saja digemari jangan, jadi khawatir kekurangan ide akan olahan makanan ini deh.

3. Pisang

Begitu juga dengan pisang. Buah yang mengandung potassium atau kalium, serat, magnesium, zat besi, vitamin B, C dan juga sumber energi yang baik. Buah Pisang termasuk buah yang paling banyak diolah sebagai jajanan yang paling laris di pasaran.

Sebut saja Bollen pisang, Pisang coklat, Nugget pisang, pisang goreng dan kolak pisang. Buah manis yang mengenyangkan ini merupakan penganan favorit yang mudah dibuat apa saja. Seperti saat ini ide jajanan yang sering di share adalah pisang baper.

burger pisang oreo
Burger pisang oreo
Cookpad/yuninda asih
Pisang baper / dapur esmo

Yaitu berupa pisang yang dibuat seperti nugget di bentuk bulat dalam cetakan takoyaki dan berisi coklat lumer ketika dimakan. Juga ada ide jajanan kebab pisang oreo dan burger oreo pisang keju. Aduh jadi kebayang enaknya ya. Jadi geleng-geleng kepala saya ada saja ide jajanan yang enak seperti ini.

4. Mangga

Buah Mangga kaya akan nutrisi. Dalam buah mangga terkandung kalsium, magnesium, kalium, asam folat, fosfor, vitamin A, B, C, E, K, likopen, serat dan air. Buah yang datangnya musiman ini sering dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau puding. Bukan tanpa alasan, karena udara yang panas membuat orang lebih menyukai olahan buah mangga dijadikan sebagai es untuk menghilangkan dahaga karena rasanya yang segar.

brownies mangga jajajan kekinian
Brownies mangga
Cookpad/mbok dyn

Ide jajanan untuk bulan puasa olahan buah mangga bisa dijadikan sebagai kudapan buka puasa seperti pie mangga, kue lumpur mangga, brownies mangga dingin, atau minuman yang lagi populer es alpukat mangga kocok.

5. Nanas

Dalam buah nanas terkandung vitamin A, B dan C. Juga mengandung kalsium, kalium , serat dan air yang bermanfaat untuk tubuh. Manfaat buah nanas bagi tubuh adalah dapat mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, menjaga fungsi otot, impuls saraf dan menjaga kesehatan paru-paru bagi orang yang merokok.

Sama halnya dengan buah mangga, buah nanas biasanya cocok dijadikan minuman dan dessert seperti jus, salad buah, sop buah, puding atau sebagai buah rujak. Tapi jangan salah nanas juga sudah lama dijadikan kudapan seperti nastar, ongol-ongol nanas, atau isian bolu gulung.

sate bihun nanas jajanan bulan puasa
Sate bihun nanas
Cookpad/Ati dewanthi

Di beberapa daerah terdapar kudapan yang masi digemari hingga kini seperti sate bihun nanas, pai nanas, dadar gulung isi nanas, pukis sampai kue cubit nanas. Ini bisa dijadikan ide jajanan di bulan puasa karena masih digemari oleh masyarakat.

6. Apel

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam apel cukup banyak, seperti serat, berbagai macam vitamin, fitonutrien, serta antioksidan. Tak heran buah apel adalah buah yang direkomendasikan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Buah Apel biasanya dijadikan makanan penutup mulut yang cukup populer.

Bagi daerah tertentu buah apel mungkin tergolong buah yang cukup mahal, tapi tidak di daerah perkebunan apel di kota batu atau kota malang. Panen apel yang surplus bisa dijadikan bahan jajanan yang digemari seperti dodol/jenang apel, pia apel, keripik apel hingga strudel apel.

permen apel jajanan kekinian
Apple candy jajanan kekinian
Pic : candy_apple_369

Ide jajanan yang sederhana dari apel ini adalah donat apel, takoyaki apel hingga apel candy/karamel yang saat ini sedang tren di kalangan penggermar film jepang dan korea. Cara membuat ketiganya cukup mudah dan tidak membutuhkan skill yang susah. Selain buah apel, buah strawberry bisa juga dijadikan alternatif jajanan seperti donat, takoyaki dan permen strawberry (tanghulu).

permen strawberry jajanan kekinian
Permen strawberry/tanghulu
Cookpad/Dinda

Mudah-mudahan ide jajanan ini jadi inspirasi buat bisnis kuliner kecil-kecilan di bulan puasa nanti ya. Ide jajanan lainnya dapat kamu lihat di aplikasi Cookpad.
Cookpad merupakan aplikasi untuk menyimpan, menulis dan berbagi resep masakan secara online. Uniknya Cookpad ini kita bisa saling berinteraksi dengan pengguna lainnya dan indeks resep tertata dengan rapi berdasarkan subjeknya.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. So, jangan ragu buat mencari ide baru jajanan kekinian bulan puasa nanti ya, kan sudah ada resep onlinenya :)

Sumber :

- Cookpad.com
- Youtube
- Pinterest/food

31 komentar untuk "7 Buah Ini Bisa Jadi Ide Olahan Jajanan Kekinian di bulan Ramadhan"

  1. waduh.. ga berasa bentar lagii puasa ya, alhamdulillah.

    BalasHapus
  2. Buahnya enak semua. Pengen nyobain corn dog seperti yang di foto deh, permen strawberrynya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mkanan korea ya mba kalo ga salah... enak emang

      Hapus
  3. Sate bihun nanas? Apaan tuh mba? Kok saya belum pernah dengar hehe. Apakah isiannya pake bihun juga, atau karena ditabur kelapa yg mirip bihun jadi dinamain begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bihun dan nanas emang perpaduan yg pas mba, cobain deh :)

      Hapus
  4. Lah, kok gw malah ngiler ngeliatnya...

    BalasHapus
  5. pisang selalu enaaak mau diapain jugaaa, duh. jadi kepengen olahan pisan hehe. wah permen strawberry baru denger. pengen cobaaa ~

    BalasHapus
  6. Ya ampun, lg kepengen banget makan yang manis2 belakangan ini, mampir ke blog ini nambah kepengen lagi.

    Pengeeen semuanyaaaa

    BalasHapus
  7. Menarik ya ide bikin kudapan dari buahnya mba. Kalo aku mah mentok makan buah aja langsung. Paling pol dibikin just doang wkwkwwk. Mamak pemalas... Tapi beberapa jenis kudapan di atas unik-unik loh. Aku aja bahkan gak kepikiran buah bisa diolah kayak gitu. Nice info mbaaa

    BalasHapus
  8. apel sama nanas favorit bangeeet sih, iya bener nih bentar lagi ramadhan selain bisa dikreasikan untuk diri sendiri bisa juga untuk ide bisnis jualan ya kak, mayaan :3

    BalasHapus
  9. Adududuh, jadi mupeng bikin dan makan semuaaaaa
    Nanas goreng tuh enaakk banget, Mba.
    Kalo pisang, singkong ama jagung aku mah doyaaannn buanget!

    BalasHapus
  10. Waaaaah ide bagus banget. Biar makanan buka puasa jadi lebih bervariasi. Hahaha kadang nggak makan buah jadi makan buah.

    BalasHapus
  11. ah semuanya itu aku suka banget! Apalagi yang corn dog itu, wow aku kalo tiap malam minggu selalu merengek minta dibelikan corn dog dan tentu ga kelewat sama olahan pisang, aku sukanya itu sangpisang qiqiq model banana nugget

    BalasHapus
  12. Eh iya, bentar lagi puasa. Biasanya aku cuma berkreasi sama buah pisang dan singkong. Ternyata, banyak juga ya buah yg bisa diolah untuk hidangan Ramadhan.

    BalasHapus
  13. Semuanya enaak dan pastinya sehat ya, Mbak.
    Hanya satu yang buat saya penasaran, sate bihun nanas. Apakah itu nanas dan bihun dijadikan sate?

    BalasHapus
  14. jagung sama singkong ini olahan yang mudah banget namun nikamt banget selain gizinya tinggi juga manfaat pada tubuh kalau diterapkan bisa menyehatkan

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu yang Corn dog itu. Jadi penasaran sama cara bikinnya. Kalau untuk ramadhan sendiri, pastinya es buah yang jadi primadona. Hihi

    BalasHapus
  16. Selama ini baru mencoba bikin jajanan dari bahan dasar jagung sama pisang aja kak. Nanti mendekati ramadhan mau coba bikin camilan bareng istri.

    BalasHapus
  17. waah nice idea, jadi inget sebentar lagi bulan Ramadhan, kudu muter otak buat susun menu buka puasa hehehe

    BalasHapus
  18. Jagung sama singkong yang pernah nyobain dan dibuat sama keluarga di kampung. rasanya emang enak banget.

    BalasHapus
  19. kalo udah puasa trs siang2 liat gambar di atas pastinya jadi horor mba hehe

    BalasHapus
  20. Aaaa iya bntr lg bulan ramadhan, uww pasti bakal sering nemu jajan2 pasar gt di pasar ramadhan, tp kl mager keluar rumah lebih sering masak sendiri. Resepnya ngintip di cookpad😅

    BalasHapus
  21. Kok cuma enam buahnya. Di judul artikel 7 buah? Aku sampai scroll bolak-balik. Tapi emang enak-enak semua sih. Pas masih buah dan udah jadi olahan...

    BalasHapus
  22. pengen nyobain yang pertama, yaitu corndog, lumayan untuk bukaan, bisa nahan perut sebelum makan makanan berat mbak

    BalasHapus
  23. buahnya segar-segar semua dan mudah banget didapatinnya ya Mbak, tinggal kemauan aja nih ngolahnya, hmmm, nyamiii.. apalagi bisa dijadikan ide jualan takjil juga ya selama Ramadhan.
    anyway, kayaknya ini kurang 1 ya buahnya, cuma 6 ini *satunya apalagi ya? Kelapa apa Durian nih? :D

    BalasHapus
  24. Yah, sebulan lagi ramadhan. Tanggal berapa,vs? Musim rambutan sudah lewat, pun mangga.
    Jagung lagi musim dan di kebun banyak. Saya sedang bingung mau bikin apa untuk nantinya.
    Pengen cobain yang corn dog. Kayaknya enak karena saya bisa bosan jika bikin bala-bala atau rebus jagung doang, he he.

    BalasHapus
  25. saya paling suka berbuka dengan buah nanas mbak. di jus. wuih. enak banget...
    *salam blogger pemula dari aceh

    BalasHapus
  26. Weiladalaaahh .. kok apik apik imut tenan sih kuy penganannya ?.
    Pada kreatif ya bikinnya.

    Penganan Sujagor itu dikotaku belum ada yang jual. Kira-kira dikota mana yang ada ya ?

    BalasHapus
  27. Semua bahan makanan tersebut dimapung saya ada... yang tidak ada cuman buah apel, paling harus beli.. apalagi singkong dan jagung sangat banyak dan harganya juga murah

    BalasHapus
  28. Masha Allaaahh, kenapa semua enak-enak sihhhh, selain yang nanas sih, saya kurang doyan. btw yang jagung ama singkong tuh paling juara, entah mengapa saya selalu tergila-gila ama olahan 2 bahan tersebut.

    Dibikin apaaa saja enyaakkk :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email