Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kasir Online Gobiz Bikin Bisnis Kuliner Jadi Lancar

aplikasi kasir online gobiz bisnis kuliner lancar

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Bisnis di bidang kuliner adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya, benar bukan? Sebelumnya saya pernah membahas tentang ide bisnis makanan kekinian, bisnis kuliner itu bisnis yang paling banyak peminatnya karena bisa dilakukan dengan modal yang paling kecil sampai modal jutaan rupiah tergantung kesanggupan pemilik bisnisnya sendiri.

Saya pun, ingin juga memulai bisnis kuliner kecil-kecilan bersama keluarga suatu saat nanti, entah itu bisnis kuliner yang dijalankan seperti warung makan atau dalam bentuk gerobak franchise atau hanya berjualan dari rumah saja. Apapun tempat untuk berjualnya tak menjadi soal, karena ternyata menjalankan bisnis kuliner itu tidak seribet dan sesulit yang dibayangkan.

Tak perlu lagi memikirkan tentang pembukuan secara manual, atau repot mencatat pesanan jikalau ada yang memesan secara online. Karena kini sudah ada aplikasi kasir kekinian yang portable yang bisa menghandle semua urusan transaksi, pembukuan yang rapi dan terintegrasi dengan pemesanan secara online. Apakah ada aplikasi kasir yang dimaksud? Ada dong.

Aplikasi Kasir GoBiz untuk kelancaran bisnis kuliner


Aplikasi kasir GoBiz merupakan aplikasi kasir online POS (Sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan dan memberi solusi mengatasi masalah dalam operasional bisnis kuliner sehari hari. Namun sebenarnya aplikasi kasir GoBiz ini bukan hanya untuk bisnis kuliner saja, tapi bisa juga digunakan sebagai aplikasi kasir toko, aplikasi kasir coffee shop, aplikasi kasir restoran, bahkan untuk kasir ritel.

GoBiz merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, aplikasi kasir GoBiz ini digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia. Aplikasi kasir GoBiz bertujuan untuk memudahkan, menghemat waktu dan uang melalui otomatisasi kegiatan penjualan sehari hari. GoBiz menggunakan teknologi mesin EDC (Electronic Data Capture) yang terbaru pada alat pembayarannya.

bayar aplikasi kasir spots dengan debit

Mesin EDC yang selama ini kita ketahui adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Namun mesin EDC pada umumnya saat ini tidak dilengkapi dengan Sistem Point of Sale (POS). Kesalahan input pada mesin EDC dapat diminimalisir dengan adanya sistem POS yang diketahui dapat melakukan revisi atas kesalahan input. Perpaduan antara mesin EDC dan sistem POS adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan mesin aplikasi kasir ideal yang cocok untuk kelancaran bisnis.

Mesin kasir online atau mesin EDC ideal ini adalah merupakan jenis aplikasi kasir portable / mobile POS yang berukuran kecil dan gampang dibawa ke mana-mana. Jadi aplikasi kasir GoBiz adalah perangkat EDC, POS (Point of Sales) dan Printer dalam satu / All in one device. Aplikasi kasir GoBiz memudahkan pembisnis kuliner untuk mengembangkan usahanya dengan menerima pembayaran tunai dan non tunai. Pembayaran non tunai meliputi penggunaan kartu debit, uang elektronik Gopay atau pun menggunakan QRIS dan sebentar lagi juga bisa menggunakan kartu kredit. Keren ya!

Aplikasi kasir GoBiz di Ayam Pecak Cak Ko Rasa

ayam pecak cak ko rasa medan

Seminggu yang lalu, saat saya sedang ke jalan Ayahanda Medan sambil nostalgia melihat sekolah tempat kerja dulu, di tengah jalan pulang perut pun keroncongan minta diisi jatah. Saya lihat ada tempat makan yang tidak terlalu besar, yang menjual menu favorit saya ayam pecak di warung Ayam Pecak Cak Ko Rasa, nama warung makan ini kentara logat Medannya yang bila diartikan yaitu Ayam pecak coba kau rasa.

Walau tempatnya tidak begitu wah, tapi banyak ojek online yang silih berganti datang ke tempat ini memesan orderan pelanggan dengan menu andalan Ayam pecak dan Lele Pecak.

Saya pun tak ketinggalan memesan menu ayam pecak + nasi dan segelas es teh manis. Rasa ayam goreng dan sambal pecak rawitnya bikin pecah di lidah, mantap! next pengen gojekin juga deh dari rumah.

"Boleh bayar pakai Gopay bang?" ,

Pancing saya, sambil melihat abang gojek yang antri sebelumnya, bayarnya gak pakai uang alias cashless.

"Boleh kali la kak, ini ada mesinnya",

Sahutnya, sambil menunjukkan mesin EDC tersebut di atas meja kasir.

aplikasi kasir spots di ayam pecak cak ko rasa

Wah keren sekali ini, gumam saya dalam hati.

Sekarang mesin EDC ini tak hanya untuk restoran mewah dan ternama saja, warung UKM atau rumah makan yang sederhana pun telah banyak yang memakai mesin EDC ideal ini.

Kelebihan aplikasi kasir dan EDC yang terintegrasi dengan GoBiz ini juga sudah terintegrasi baik dengan pemesanan online GoFood. Akhirnya saya pun tergerak untuk mewancarai kasirnya walau sebentar karena ada beberapa abang gojek yang sudah antri membayar di belakang saya.

T : "Apa manfaat yang dirasakan pakai aplikasi kasir GoBiz ini ya bang?"

J : "Manfaatnya laporan transaksi teratur,  pemakaiannya simpel dan pencatatan pesanan otomatis kak jadi gak repot lagi."

T : " Pernah ada masalah gak bang sama alatnya? dan apakah mudah ditanggapi?"

J : "Pernah waktu itu dan telah ditanggapi juga oleh yang bersangkutan, jadi masalah cepat selesai"

Manfaat Aplikasi Kasir GoBiz untuk Bisnis Kuliner 

Ada banyak manfaat yang didapat dengan menggunakan aplikasi kasir GoBiz ini, antara lain :

1. Bisnis kuliner dapat dikelola dan dipantau dari mana saja secara aman. Namun bukan hanya bisnis kuliner, aplikasi kasir ini bisa untuk aplikasi kasir restoran atau aplikasi kasir coffee shop.

2. Melalui aplikasi GoBiz, memudahkan proses penghitungan penjualan bisnis kuliner

3. Memudahkan untuk pengecekan transaksi sebelumnya

4. Dapat meminimalisir kesalahan transaksi pada pemesanan online

5. Melalui aplikasi GoBiz juga, dapat memonitor dan menunjukkan stok ketersediaan menu

6. Memudahkan pembuatan laporan transaksi atau laporan ketersediaan menu.

laporan penjualan spots dengan aplikasi gobiz
Laporan penjualan dengan aplikasi Gobiz

7. Merekap transaksi order harian yang bisa ditinjau kapan saja dan tidak perlu lagi dihitung secara manual

8. Membantu meningkatkan penghasilan dengan strategi penjualan usaha berupa promo promo yang menarik.

Jadi nih aplikasi kasir GoBiz tak hanya untuk bisnis kuliner saja, tapi juga cocok buat dijadikan aplikasi kasir restoran dan aplikasi kasir coffee shop yang saat ini sedang menjamur.

aplikasi kasir online gobiz by gojek

Dengan biaya aktivasi (awal pendaftaran) Rp 490.000 ( sekali installment ) dan biaya pemeliharaan Rp 4.900/hari* dan secara otomatis telah terdaftar menjadi mitra usaha GOJEK. Harga ini menurut saya lumayan terjangkau untuk fitur yang integratif dan berkualitas lho.

Semoga semakin banyak usaha kuliner UKM yang menggunakan aplikasi kasir GoBiz ini. Karena siapa pun bisa menjalankan dengan ide bisnis kuliner yang diimpikan.
Sama dengan keinginan saya untuk membuka bisnis kuliner pada suatu saat.

Oiya untuk tau lebih jauh mengenai aplikasi kasir online yang keren ini, informasi selengkapnya kamu bisa mengunjungi sosial media GoBiz di https://www.instagram.com/gobizbygojek

Sumber :

- Dokpri
- @gobizbygojek IG
- gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/category/produk



80 komentar untuk "Aplikasi Kasir Online Gobiz Bikin Bisnis Kuliner Jadi Lancar"

  1. SPOTS banyak dirasakan manfaatnya baik oleh pelaku UMKM ataupun customer ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak karena SPOTS aplikasi kasir yang memudahkan urusan transaksi bagi keduanya

      Hapus
    2. Betul kak. Aku juga lebih suka pakai uang digital skrg. Lebih ringkas kemana2 bawa hape aja dah sama bawa KTP

      Hapus
  2. Memang terbantukan banget adanya Spots .., transaksi pembayaran dan laporan keuangan usaha jadi simpel 👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bermanfaat bagi penjual dan pembelinya

      Hapus
  3. Biayanya cukup murah ya untuk daftar aplikasi SPOTS, cuma 490 ribu dan biaya harian 4900 maka bisa memakai aplikasi ini, apalagi aplikasi kasir SPOTS ini bukan hanya untuk bisnis kuliner saja, tapi bisa juga digunakan sebagai aplikasi kasir toko, aplikasi kasir coffee shop, aplikasi kasir restoran, bahkan untuk kasir ritel. Aplikasi yang multi fungsi.��

    BalasHapus
  4. Kak iid, ini berati kalau mau pake mesin ini daftar di gojek ya?
    Warung ku udha terdaftar di gojek sih, pake scan gopay itu juga udah. Yang belum tuh mesin ini, soale pas yg scan gopay itu mereka yg nawarin setiap partner yg udah gabung, nah mesin ini belum ada ditawarin sama pihak gojek ny, apa kita yg mengajukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai spots otomatis jadi mitra gojek, jadi kalau una udah mitra gojek, tinggal langsung aja daftar spotsnya, hubungi langsung ya email spotsnya nanti lgsg di followup sama tim spots

      Hapus
  5. Mesin EDC SPOTS ini membantu banyak pelaku UMKM ya. Jadinya lebih praktis dan mudah buat pengusahanya, buat konsumennya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba jadi sama2 saling memudahkan

      Hapus
  6. Aku pernah liat di warung kecil pake mesin kaya gini aku kira kok canggih banget sih warung kecil pakai mesin gituan. Ternyata emang udah ada ya mb dan mudah buat warung-warung kecil, duh berasa ketinggalan jaman banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba warung2 makanan favorit saya pasa udah pake ini hihi

      Hapus
  7. Keren ini mbak aplikasinya. Usaha dagang kita jadi praktis manajemennya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba sangat praktis

      Hapus
  8. Transaksi jadi lebih mudah dan cepat ya mba, teknologi memang mengubah segalanya

    BalasHapus
  9. Pas wisata kuliner, saya beberapa kali melihat pemilik warung menggunakan SPOTS ini, Mbak. transaksi jadi mudah, cepat dan menyenangkan. Bahkan sangat fleksibel, karena pernah baca blog teman, dia beli kue dongkal yang jualan di gerobak, dan menggunakan SPOTS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ya mas, gak cuman warung yang jualan di gerobak pun udah pake Spots, spots memang fleksibel :)

      Hapus
  10. Di sini juga beberapa warung makan sudah pake SPOT jadi mempermudah konsumen karena bisa cashless , juga UMKM jadi makin maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sudah sampe ke seluruh indonesia :)

      Hapus
  11. Senangnya ayam pecak saja sudah pakai mesin kasir sekeren SPOTS ya..pasti makin lancar operasional dan tambah maju usaha nantinya
    Dan kita yang beli pasti lebih mudah jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya dong, aplikasi kasir Spots membuat bisnis kuliner ayam pecak jadi lancar :)

      Hapus
  12. Oo saya sering liat mesin gesek spot ini di meja penjual toko langganan saya..tak pikir EDC gesek kartu aja keluaran bank ternyata ini mesin EDC spot bisa sekaligus rekap transaksi harian dan bisa rekap layanan hantar online tho? Keren ya kak baru tau saya ini praktis buat pelaku UMKM atau yg skala usaha nya masih rintisan jadi ga repot untuk bikin lapkeu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak bukan mesin EDC biasa, tapi mesin EDC+POS, keren ya :)

      Hapus
  13. Keren banget ya kak berbagai masalah hanya punya satu solusi saja. Bahkan saat menjadi pengguna kita langsung terdaftar di gojekk.. Thanks kakak ku informasinya ya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihh enak kali ya zaman now tinggal pake aplikasi kasir SPOTS ini aja pebisnis jadi makin praktis dan bagi customer pun semakin mudah. TFS Iid

      Hapus
    2. Iya kk itulah enaknya pakai spots otomatis jadi mitra usaha gojek, jadi lebih praktis :)

      Hapus
  14. Gojek terus berinovasi. Keren sih aku salut Ama aplikasi satu ini.
    Hampir semua ada di gojek.sekarang ngeluarin SPots juga buat ngebantu UMKM. Mantap deh solutif banget ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul inovatif dan solutif kan mba :)

      Hapus
  15. Mantap buat UMKM ya, membantu banget. Jadi ga butuh mesin kasir gede itu, juga ga butuh kalkulator lagi. Vatatan penjualan jjadi lebih rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, all in one device aplikasi kasir Spots ini

      Hapus
  16. Aplikasi ini memudahkan banget nih buat toko toko. Apalagi bisa rekap transaksi perharii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, selain untuk restoran dan coffee shop, aplikasinya cocok buat toko juga

      Hapus
  17. Apalagi saat sekarang ini orang-orang takut pegang uang ya kak iid.. jadinya aplikasi spot ini sangat membantu mengurangi penyebaran virus melalui uang yang kotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mak Ali, cashless jadi mengurangi beban :)

      Hapus
  18. Semoga makin banyak tenannya ya jd pemakainya pun mudah bertransaksi
    Jaman skrg memang serba canggih and cashless.. suksee buat Spots

    BalasHapus
  19. Aplikasi SPOTS ini menyenangkan sekali karena membantu pembeli dan penjual ya kk. Beberapa kali beli dari ojek online di kasih struk dari aplikasi ini.

    BalasHapus
  20. Eh baru taulah kalau SPOTS ini satu perusahaan dengan GOJEK, btw nama SPOTS jadi teringat film The Good Dinosaur 😁

    BalasHapus
  21. wah bagus kali ya kak.. jd toko kecil pun bisa punya begini ya kak. oia tp kak alat tu gk jadi milik kita ya kak? padahal biaya di awal lumayan besar hh

    BalasHapus
  22. Memang serbamudah yaa zaman now ini...mau jualan ada fasilitas aplikasi kasir spots kayak gini, yg beli pun jadi praktis bayarnya n tercatat lewat struknya ya Id

    BalasHapus
  23. Menggunakan mesin SPOTS memang menguntungkan kedua belah pihak ya mba, baik penjual maupun pembeli.

    Karena penjual tidak harus ribet menyediakan uang receh saat bertransaksi, dengan kemudahan inilah banyak orang menyambutnya dengan positif.

    BalasHapus
  24. Wah UMKM sangat terbantu kali ya id dengan aplikasi ini. Ngeluarkan sejumlah uang di awal warthit la kakak rasa dengan kemudahan yang diberikan layanan ini.

    BalasHapus
  25. Pernah liat mesin ini di grosir telur kak. Penasaran awalnya itu mesin apa. Terjawab sudah dengan tulisan ini. Sangat memudahkan para pedagang ternyata ya.

    BalasHapus
  26. SPOTS ini memang benar-benar sangat memudahkan dalam transaksi pembayaran. Dengan menggunakan SPOTS ini, transaksi jadi lebih cepat karena si kasir juga engga repot-repot lagi untuk hitung kembaliannya, karena memang sudah langsung otomatis terkalkulasi. Terus juga engga perlu pake bon/nota segala, karena udah langsung terprint struk transaksinya, keren deh!

    BalasHapus
  27. Tapi awak blom pernah la bayar pake ini klo lagi beli makanan di Medan ni mba Id.
    Atau awak yang gak perhatiin ya...

    BalasHapus
  28. Aku bersyukuuurrr banget, sekarang tenant SPOTS tuh buanyaak di Surabaya.
    Bahkan, pedagang PKL dan warung2 kecil juga udah mulai pakai SPOTS lho.
    Soale, makin ke sini kita males bayar2 pakai duit kertas yhaa. Banyak kumannya, euy.
    Kalo cashless kan enak bin enjoy!

    BalasHapus
  29. Aku sering menemukan mesin ini kalo pas lagi jajan, emang praktis buat aku dr sisi pembeli, cashless paling asik banget.
    Huahhaa, ditempat langgananku tukang nasgor, udah pake jugaaa..

    BalasHapus
  30. Memang enak banget kalau ada mesing SPOTS. Apalagi saya juga jarang bawa cash dalam jumlah banyak. Dan gak perlu menunggu lama untuk kembalian

    BalasHapus
  31. Keren ya gerobak dorong pun udah pake spots. Teknologi memang menerobos batas dan meningkatkan performa bisnis

    BalasHapus
  32. enak ya ada Spots, bikin transaksi jadi lebih mudah. pelaku usaha jadi sangat terbantu..

    BalasHapus
  33. di daerahku juga sudah mulai banyak mbak yg pakai aplikasi SPOTS ini, bahkan ada warung yang pakai juga :)

    BalasHapus
  34. Menjalankan bisnis itu memang harus belajar banyak ya.. mulai dari branding hingga marketing.. nah aplikasi kasit spots ini salah satu bagia dari bisnis yang memang harus diambil karena saat ini pembayaran semua serba digital atau cashless ya

    BalasHapus
  35. Mesin kasir SPOTS memudahkan para pelaku usaha ya gak harus pemilik usaha besar tapi yang kecil pun bisa. Biaya awal juga gak terlalu besar tapi bisa memudahkan pelanggan bertransaksi nantin& bisa memantau penjualan

    BalasHapus
  36. Sekarang aku nggak khawatir lagi kalau dapat uang kembalian, wkwkkk! Banyak yang bilang kan, dari uang pun virus bisa berpindah tangan. Makanya pake QRIS aja bayarnya dan harus nyari tenant yang sedia SPOTS sebagai mesin EDCnya.

    BalasHapus
  37. Iyap bener banget mba kalau skarang mesin spot ga hanya d resto tapi juga umkm. Mungkin karna mudah mengaplikasikannya ya mba

    BalasHapus
  38. Senang banget ya sekarang beli di warteg pun bisa cashless, saya paling suka cashless nih, apalagi di saat kayak sekarang, banyak virus, lebih aman cashless, setidaknya nggak pakai uang cash yang bisa jadi media berpindahnya virus :)

    BalasHapus
  39. iyaa bener banget nih, pasti para bisnis kuliner bakal laku banget dan kebantu dengan adanya Spots ini. Soalnya jadi lebih mudah setiap transaksi :)

    BalasHapus
  40. aplikasi kasir spots ini bagus banget ya, bisa membatu para pedagang kecil , mau aku infoin ah ketemen temenku yang punya usaha resto atau warung juga hihi

    BalasHapus
  41. Selama ini aku kurang aware eh tentang SPOTS ini.
    Sebaiknya aku akan mulai memperhatikan apakah disekelilingku sudah pakai aplikasi kasir ini.
    Sangat menolong banget ya dari uraian mba di atas

    BalasHapus
  42. Asyik banget sekarang bisnis dimudahkan dengan adanya aplikasi SPOTS ini ya. Suka lihat mamang2 yang pakai gerobak saja sudah pakai aplikasi ini..

    BalasHapus
  43. Kerrn yah berbisnis di jaman sekarang apalagi bisnis kuliner karena sudah ada penunjang apalagi dengan hadirnya aplikasi online seperti SPOTS

    BalasHapus
  44. Waaah, keren sekarang pedagang kaki lima uda bisa punya EDC. Awalnya saya kira SPOT ini cuma bisa pembayaran pakai gopay lo, ternyata kartu debit juga bisa yaa! Memudahkan banget Mbak, untuk orang kaya saya yang sering lupa bawa cash hehehe....

    BalasHapus
  45. Aplikasi SPOTS ini membantu sekali untuk penjual dan pembeli. Apalagi penjual dalam hal laporan keuangan atau menghitung penghasilan jadi dimudahkan. Nah, beberapa kali saya juga dapat struk dari SPOTS ini mbak.

    BalasHapus
  46. suamiku kemarin lagi cari tahu tentang spots nih mba untuk usahanya. aku infoin ulasan mba ya. makasih untuk sharingnya mba

    BalasHapus
  47. Keren banget deh SPOTS ini. Bikin para pengusaha gampang dan praktis ngurusin berbagai hal soal jualan dan system perkasiran. Dan buat pembeli, ini bikin gampang bertransaksi. Terutama yang suka belanja cashless.

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah akhirnya ada solusi bijak dalam hal pembayaran ya Mba Yan
    bisa dengan spot ini, jadi aman dan cepat

    BalasHapus
  49. Dari sisi penjual kyknya banyak ya manfaatnya ya mbak, khususnya bikin catatan jadi makin teratur. Sedangkan dari sisi pembeli enaknya sih bisa transaksi cashless lbh gampang

    BalasHapus
  50. Dengan Spots ini, pengusaha kuliner tak perlu lagi pusing bikin nota ataupun mencatat setiap hari secara njelimet ya. Spots udah otomatis jadi mesin kasir dan bisa diprint laporan transaksinya secara berkala.

    BalasHapus
  51. Iya keren ya, sekarang warung kecil pun bisa melakukan cashless. Berkat mesin EDP SPOTS bisa jadi lebih mudah jajan dimana aja.

    BalasHapus
  52. Banyak pedagang yang sudah menggunakan SPOTS sekarang. Jadi usaha makin lancar dan pencatatan transasksi tak ada yang terlewatkan.

    BalasHapus
  53. Sekarang orang jualan gorengan pake gerobak aja udah pake ya Spots. Memudahkan banget untuk UMKM

    BalasHapus
  54. Mantap banget sih di Ayam Pecak Cak Ko Rasa sudah ada Aplikasi kasir SPOTS jadi memudahkan perhitungan dan pembayarannya ya

    BalasHapus
  55. Bisnis kuliner yang menjamur saat ini memang bisnis yang menggiurkan untuk dijalani ataupun dinikmati. Hadirnya pembayaran menggunakan SPOTS ini memudahkan penjual maupun pembeli untuk bertransaksi tanpa repot ngurusin uang kembalian.

    BalasHapus
  56. Semakin mudah dalam berbisnis jadinya. Yang konsumenpun makin tenang. Ga perlu bawa duit banyak secara cash. Jadi semua aman dan nyaman. Jadi pengen bikin usaha juga jadinya.

    BalasHapus
  57. Mantap ya teknologi sekarang, semua dibuat mudah jadinya. Transaksi pun jadi lebih mudah, pesan makanan pun jadi gampang ya, lebih keren lagi bisa buat laporan penjualannya juga ya, top lah pokoknya.

    BalasHapus
  58. Transaksi jadi lebih mudah ya mbak, mesin EDC nya juga bnyak fiturnya,

    BalasHapus
  59. Yang pas bisnis kuliner

    BalasHapus
  60. Mantap ya sekarang audah ada mesin kasir online melalui mesin EDC .. bisnis kuliner bisa berjalan lebih lancar dan proses transaksi dengan pembeli pun dipemudah. Makasih info nya mbak.

    BalasHapus
  61. keren sih ini mba, saya ada juga sih aplikasi yang saya buat sendiri hihi. print nota by pdf sih haha

    BalasHapus

Berlangganan via Email