Tips Dapat Cuan dengan Berinvestasi via Internet

tips dapat cuan dengan investasi di internet

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Apa kabarnya nih di tengah musim cuaca tak menentu? Sehat-sehat kan semua? Di tengah isu virus Corona (Covid-19) saat ini Indonesia juga tak luput dari virus mematikan ini, Pemerintah memutuskan agar sekolah diliburkan semantara dan belajar di rumah saja.

Begitu juga dengan para pekerja, "Work From Home" begitu istilahnya untuk sebagian instansi atau perusahaan yang menerapkan pegawainya untuk social distancing terlebih dahulu dan tidak bergabung ke pusat kumpul seperti kantor, seminar, dll.

Meski demikian apakah hal seperti ini akan berdampak di sektor perekonomian? tentunya ada, bagi sebagian orang yang bekerja di pusat perbelanjaan, pedagang makanan, pedagang minuman, pedagang aksesoris dan pedagang pakaian yang berjualan di tempat umum pasti terkena imbasnya.

Cuan dari Investasi kenapa tidak?


Beruntungnya kita telah mempunyai teknologi internet yang tetap berjalan di tengah situasi ekonomi lemah saat ini. Akses yang masih terbuka lebar untuk bisa berjualan, berbisnis dan mendapatkan cuan dari internet tentunya bisa kita manfaatkan dengan lebih baik.

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan cuan dari internet? Sebagai seorang ibu rumah tangga sekaligus blogger saya tau, saya tidak bisa hanya mengandalkan gaji suami sebagai sandaran nafkah dalam rumah tangga. Oleh karena itu saya juga berharap mendapatkan cuan dari hasil investasi.

Cuan apaan sih itu? Cuan berasal dari bahasa Hokkian yang artinya untung. Istilah cuan sendiri sering dikaitkan dengan trading saham yang dilakukan oleh seorang trader yang mendapatkan hasil keuntungan dari Capital Gain (hasil dari investasi).

Jenis Investasi yang mendatangkan Cuan 

jenis investasi yang mendapatkan cuan
@akseleran_id

1. Deposito

Deposito merupakan investasi dengan skema pemberian modal dalam bentuk tabungan uang kepada bank, keutungannya berupa bunga bank. Biasanya deposito memiliki jangka waktu tertentu yang mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik sebelum waktu yang telah disepakati.

2. Reksa dana

Reksa dana merupakan investasi dengan cara menyerahkan sepenuhnya modal yang kita punya secara kolektif ke manajer investasi, dan modal akan dikelola ke dalam berbagai instrumen investasi, keuntungan akan diperoleh sesuai dengan jangka waktu tertentu.

3. Saham

Saham merupakan investasi dengan cara membeli aset perusahaan yang bersifat terbuka/tertutup yang diperdagangkan di bursa efek. Dengan minimal pembelian sebanyak 1 lot. Imbal hasil saham di dapat dari performa perusahaan baik dari capital gain maupun deviden.

4. Emas

Emas merupakan investasi dengan membeli emas minimal 1 gram untuk dapat disimpan selama sekian tahun, demi untuk mendapatkan keuntungan dari harga jual. Kelebihannya harga cenderung stabil dan mudah untuk dicairkan

5. Properti

Properti merupakan investasi berupa bangunan seperti tanah, rumah, apartemen, gedung,dll yang mana keuntungan hasil jualnya butuh waktu sekian tahun. Kekurangannya dibutuhkan modal yang besar untuk berinvestasi dan hasil tidak mudah untuk dicairkan.

6. Peer to Peer (P2P) Lending

Salah satu jenis investasi yang populer mendatangkan cuan dari internet adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending. Teman-teman mungkin sebagian sudah ada yang tau tentang jenis investasi ini kan? P2P Lending adalah suatu sistem platform yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (pendana- lender-investor) dan peminjam (borrower).

P2P Lending merupakan alternatif baru untuk investasi pendanaan maupun mendapatkan dana dalam bentuk pinjaman usaha.
Setiap jenis investasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan atau keuntungan dari investasi yaitu : Sebagai penghasilan tambahan, Bertambahnya nilai aset kekayaan yang semakin meningkat, Mempunyai tabungan masa depan, membantu mengembangkan modal bisnis dan lain-lain.

Akan tetapi yang banyak diperhitungkan orang adalah kekurangannya, kerugian, atau risikonya. Seperti risiko turunnya harga, risiko kehilangan, risiko bencana, risiko rusak, risiko likuiditas, risiko bangkrut, risiko inflasi, risiko bunga dan lain-lain.

what is p2p lending
How p2p lending works
 4thway.co.uk

Keuntungan berinvestasi pendanaan di wadah P2P Lending antara lain :

1. P2P Lending menawarkan imbal hasil yang sangat menarik yakni hingga 21% per tahun

2. P2P Lending memberikan diversifikasi portofolio pengembangan dana yang berisiko minim

3. Proses pinjam meminjam P2P Lending dilakukan transparan dilakukan transparan

4. P2P Lending legal adalah yang sudah berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

5. Memperoleh penghasilan yang reguler berupa pengembalian dana dan bunga

Cara Cuan dari Internet dengan Akseleran

Semenjak saya mengetahui ada jenis investasi baru yang modalnya murah selain saham dan reksa dana yaitu P2P Lending, saya jadi kepo banget seperti apa sih cara P2P Lending ini bekerja. Akhirnya saya memilih Akseleran untuk menanamkan modal saya buat mengembangkan uang.

Akseleran adalah P2P Lending yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) sebagai pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Akseleran didirikan oleh para ahli yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi.

Visi Akseleran adalah "Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas", oleh karena itu Akseleran berharap dapat berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan UKM di Indonesia.

kontribusi akseleran terhadap ukm
Kontribusi terhadap UKM Indonesia

Untuk menjadi peminjam (borrower), Akseleran cukup selektif memilih siapa daftar peminjam, guna mencegah terjadinya terlambat bayar atau gagal bayar. Maka butuh serangkaian prosedur yaitu adanya proposal peminjam, memiliki laporan keuangan yang baik, usaha sudah berjalan selama lebih dari setahun dan sudah mencetak laba bersih selama setahun terakhir.

Sedangkan untuk menjadi pendana (lender) siapapun bisa asalkan telah memiliki KTP, NPWP dan data diri lengkap.

Ada beberapa hal yang membuat saya setuju untuk berinvestasi pendanaan di Akseleran :

- Akseleran adalah salah satu fintech yang legal karena sudah mendapatkan izin dari OJK

- Modal untuk berinvestasi pendanaan terbilang kecil, mulai dari Rp 100.000 dan imbal hasil yang diperoleh hingga 21% per tahun

- Interface Aplikasi Akseleran mudah untuk dipelajari

- Adanya fitur auto lending yaitu pinjaman otomatis yang memudahkan calon lender untuk menentukan kriteria usaha yang akan didanai tanpa harus menghabiskan waktu untuk mencari.

- Akseleran melakukan penilaian kelayakan dan risiko pinjaman pelaku usaha dengan internal credit scoring system yang meliputi : laporan keuangan, agunan dan credit behaviour

credit scoring akseleran
Credit scoring system Akseleran

- Selain credit scoring system juga ada proteksi asuransi dan agunan untuk sebagian usaha, membuat pendana/lender merasa nyaman dan terlindungi untuk memberikan pinjaman.

proteksi asuransi akseleran
Proteksi Asuransi Akseleran

- Sistem referral pada setiap akun memungkinkan lender untuk mendapatkan tambahan penghasilan dan modal untuk berinvestasi pendanaan di Akseleran

- Adanya fitur kalkulator finansial untuk mendapatkan kondisi keuangan yang lebih terencana, yaitu meliputi : proyeksi hasil pendanaan, jangka waktu dan nominal pendanaan bulanan

- Akseleran telah mendapatkan sertifikat ISO 27001 full scope yang menjaga sistem data keamanan informasi sehingga keamanan data peminjam (borrower) juga data pendana (lender) menjadi lebih terjamin.

Langkah mendaftar di Akseleran :


1. Instal Aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS)

2. Buat Akun di Akseleran dengan menggunakan alamat email aktif dan password yang gampang diingat.

3. Jangan lupa masukkan kode Referralnya : AKSLHYDRIANI328245 . Kode referral digunakan untuk mendapatkan saldo gratis Rp 100.000 buat berinvestasi pendanaan.

4. Setelah itu lengkapi profil, berupa data diri yaitu KTP dan NPWP, upload foto KTP, NPWP dan proses KYC berupa foto selfie.
Lalu isi juga data akun bank yang digunakan dan terakhir tanda tangan digital yang bekerja sama dengan PrivyID

5. Setelah semua data terverifikasi, maka saldo gratis akan diberikan dalam akun Akseleran.

6. Saldo gratis bisa kamu gunakan buat berinvestasi pendanaan, lalu pilih mana usaha yang akan kamu danai, semudah itu!

Contoh pinjaman beragunan usaha
di Akseleran
Contoh pemberian pinjaman berhasil
di Akseleran

Tips biar cuan di Akseleran :


💰 Sebelum memutuskan untuk meminjamkan dana maka lihat dahulu secara seksama perusahaan yang akan didanai.

💰 Cek dentitas usaha, Highlight Keuangan, Jadwal Angsuran dan Histori Pinjaman

💰 Cek juga jumlah pinjaman, lama tenor, bunga efektif, frekuensi angsuran pokok dan adanya agunan/tidak.

💰 Lihat juga rating daftar usaha yang ada, rating paling baik menunjukkan bahwa usaha tersebut layak diberi pinjaman

💰 Lakukan Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi Portofolio

Layaknya investasi ada baiknya jika memberikan pinjaman pada jenis usaha yang berbeda-beda berdasarkan jenis atau sektor usaha yang berbeda-beda (maksimal 3-5 jenis usaha).

Seperti kata pepatah "Don't Put All Your Eggs in One Basket". Diversifikasi portofolio investasi P2P dilakukan guna menghindari
proses gagal bayar dari usaha bersangkutan yang kurang optimal,  meningkatkan keuntungan dan juga memperkecil risiko.

Jika kamu tidak punya modal yang banyak untuk berinvestasi sedari awal, maka lakukan pinjaman dana secara rutin dengan jumlah dana yang sama selama setahun , istilahnya dinamakan Monthly Investment atau Dollar Cost Averaging. Lalu lihat hasilnya setelah tenor pinjaman berakhir.

Pengembangan dana kamu akan bertambah banyak dari sebelumnya. Gak percaya? coba aja sendiri. Jadi tunggu apa lagi gaes, yuk segera dapatkan cuan yang banyak di Akseleran.

kode referral akslhydriani328245

Gunakan kode referral ini saat mendaftar di Akseleran dan dapatkan Rp 100.000* Gratis!


Sumber :
- Freepik.com
- Akseleran.co.id
- Akseleran instagram
- Wikipedia :
Peer-to-peer lending
Apa itu cuan
   



54 komentar untuk "Tips Dapat Cuan dengan Berinvestasi via Internet"

  1. Kalau belum punya NPWP bisa kagak ya?
    Saya kok sangat tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini wajib mendaftar dengan menggunakan NPWP mas, tapi bisa koq mendaftar NPWP online dan prosesnya mudah lagi. Semoga ke depannya proses pendaftaran Akseleran semakin mudah ya :)

      Hapus
    2. Mau daftar ah, sempat punya saat masih kerja. Kira-kira masih berlaku kagak ya

      Hapus
    3. Npwp berlaku seumur hidup mas, cuss daftar

      Hapus
    4. Kalau pajak NPWP perseorangan itu berkisar berapa pertahunnya sih, kak ?.
      Sama untuk semua orang di wilayah manapun atau berbeda wikayah juga berbeda pula besaran nominal pajaknya ?.

      Hapus
  2. P2P ini kelihatannya sangat menguntungkan diikuti. Bisa dapetin cuan lumayan nih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas him lumayan kan, yuk2 daftar Akseleran jangan lupa pake kode referalnya :)

      Hapus
  3. Akseleran keren ya kak..
    Bisa mulai investasi di angka 100ribu.
    Mana kalo pake kode referall bisa gratis 100ribu lagi... Waah makin cuan lohhh

    BalasHapus
  4. Aku selama ini ada invest emas sikit, tupum kredit ma bank hehe
    Akseleren ni baru tau aku, tar aku pelajari dulu, kayaknya ok juga

    BalasHapus
  5. Bo lui bo ucan looo.... ahaha...bahasa hokkien juga ituu gak ada duit gak ada untung lhooo... keren ini Akseleran ya, gak cuma pinjol legal tp kita bs investasi juga. Tfs Iid

    BalasHapus
  6. Typo, ucan = cuan

    buru2 ketik lantaran Ocean udah merengek, minggu pagi minta diopeni hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak pe kk, kirain ucan tu anak kk wkwk

      Hapus
  7. kak id, udh berapa lama pake ini kak? pengen nyobain saham tp masih perlu belajar banyak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini investasi P2P lending elsa bukan saham lho :D

      Hapus
  8. Aku juga sudah berinvesatasi di akseleran, mudah dan aman ya kak.

    BalasHapus
  9. Cari cuan dengan akseleran ini asik banget ya mbak karena memberikan manfaat buat kita apalagi investasinya mulai 100 ribuan.

    BalasHapus
  10. Lumayan menggiurkan nih kayaknya
    Semoga terpercaya dan dapat cuan ya kak kalau invest di sini

    BalasHapus
  11. Kalau saham dan Reksadana aku awam banget ttg kedua investasi ini

    BalasHapus
  12. Aku kok jadi tertarik ya kak sama Akseleran. Gimana kalo AQ dijapri kak Iid tentang ini. Hehehe

    Investasi yang aku tau cuma emas kak. Wuiiih gilaaaa, kemaren sempet hampir sejuta se-gram nya

    BalasHapus
  13. Baru tau kk id akseleran ini. Bisa untuk investasi dan pinjaman ya...invest nya pun bisa Rp. 100.000 saja. Dan sudah terdaftar di OJK ya..jadi lebih kredibel.

    BalasHapus
  14. Saya mendingan emas aja de..
    Saya kurang paham yang laen.

    BalasHapus
  15. Modal awal 100ribu itu murah banget untuk investasi. Patut dicoba nih si akseleran.

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Scan dari mana mas? Pasti gak baca artikel saya nih

      Hapus
  17. Luar biasa perkembangan dunia investasi Hari ini ya.. sejak resign jadi banker Saya auto gagap soal menyoal ini hahaha.. thank's for sharing kak Iid..

    BalasHapus
  18. Buset lengkap banget ini reviewnya...

    BalasHapus
  19. Komplit informasinya

    Sekilas baca takut juga soalnya berhubungan sama duit, hehe..

    Ya maklum di saat kyk gini harus hati-hati ngolah uang.

    Tapi ternyata terdaftar di OJK, ya

    BalasHapus
  20. Tipsnya mantul mbak. Memang kalau berinvestasi harus pandai-pandai cari cuan. Btw baru tahu Akseleren nih.

    BalasHapus
  21. Trims infonya..insya Allah berguna bagi yg tertarik untuk ikut Akseleran nih..

    BalasHapus
  22. Akseleran ini favorit kita semuaaaaa
    start invest mulai dari 100K aja, ini ringan banget ya Mba.
    Semoga semua bisa melek investasi!

    BalasHapus
  23. wah sifatnya peer to peer bagus banget tuh kak inimah sifatnya komplit banget nggak tau lagi apa kekurangannya yah kak, saat pandemi ini emang harus pintar mengolah keuangan yah

    BalasHapus
  24. Salah satu kelebihan di zaman digital. Investasi pun bisa melalui internet. Bener juga kalau digunakan dengan baik, internet memang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  25. Baru daftar saja sudah punya modal awal seratus ribu ya. Disimpan setahun bisa jadi berapa tuh? Belom kalau simpan sejuta. Hem... Menggiurkan ya..

    BalasHapus
  26. Imbal hasil yang ditawarkan memang sangat menarik yaa mba.. dan lumayan besar sampai 21%. Tapi aspek resiko harus benar - benar diperhatikan yaaa

    BalasHapus
  27. Wah lumayan murah yah, tapi saya masih kurang pede soal investasi-investasi kayak gini. Semoga nanti bisa ketemu investasi yang bisa bikin saya pede

    BalasHapus
  28. Sepertinya menarik ya. Bingung juga mau invest apa saat wabah begini karena konsumen nyaris hold semua.

    BalasHapus
  29. Aku baru kenal Akseleran ini, Mbak. Jadi masih perlu mendalami. Sejauh ini masih nyaman investasi emas.

    BalasHapus
  30. Aku masih belum nyoba investasi di P2P, baru nyoba reksadana karena pilihanku juga yang resiko kecil. Kudu baca lagi tentang akseleran nih apalagi modalnya bisa juga pilih yang paling kecil dulu ya

    BalasHapus
  31. daridulu saya tu pengen investasi mbak tapi bingung harus milih yang mana, seandainya daridulu sudah berinvestasi sepertinya sekarang sudah mulai memetik hasilnya ya :)

    BalasHapus
  32. Asik banget kalau dapat cuan dari akseleran ini mbak karena memang menyenangkan dan mudah pula investasinya.

    BalasHapus
  33. beberapa ada yang sudah dijalankan, maunya sih diproperti tapi butuh modal agak banyak hehe kecuali mungkin dalam bentuk saham patungan dengan yang lain, emas kali ya yang cukup mudah dibeli sendiri.

    BalasHapus
  34. Investasi menarik yang bisa kita lakukan di mana saja dengan modal minimum 100 ribu saja.
    Makin banyak modalnya, cuannya makin gede.

    BalasHapus
  35. Emas lagi naik ya kan ini mba, buat investasi emang cocok banget ya
    selain itu banyak banget investasi lain yang bisa dicoba, aku juga punya reksadana tapi udah kuambil wakakak pas butuh

    BalasHapus
  36. Seperti jodoh 😂 aku lagi cari-cari info seputar investasi eh baca ini agak tercerahkan. Tinggal mendalami lebih lagi nih hehehe.

    Emang harusnya kita melek sama yang namanya investasi ya, bund.

    BalasHapus
  37. Aku sudah lama engga berinvestasi kecuali emas mungkin..pengen juga sih tapi sekarang fokusnya lagi ke hal lain dulu...

    BalasHapus
  38. Aman ya berinvestasi di Akseleren karena sudah berada di bawah pengawasan OJK. Biasanya yang dipertimbangkan orang sebelum berinvestasi kan kredibilitasnya ini.

    BalasHapus
  39. Wahhh aku juga investasi di Akseleran mbak. Aplikasinya mudah digunakan buat aku yg pemula banget soal P2P ini
    Apalagi beneran aman karena udah terdaftar di Ojk

    BalasHapus
  40. kalau lebih duit arah saya juga kesana investasi

    BalasHapus
  41. Berkat blogg kk sekarang udah buka akun saham di ipotgo.
    Cuma bingung ngisi RDN nya gmn :D.
    Tolong Ilmu nya lagi kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya usahakan bahas artikelnya ya mba, terima kasih sudah baca artikel saya

      Hapus
  42. yang pernah aku lakukan masih sebatas reksadana. pengen nyobain invest di instrumen yang lain dan masih banyak belajar juga dari informasi temen temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa belajar investasi lewat sekolah pasar modal atau belajar belajar otodidak lewat youtube koq mba :)

      Hapus
  43. Menarik juga artikelnya nih mbak Yani...& Bisa saya jadikan pedoman untuk mendapatkan Cuan. Meski ada aturan berlaku yang harus kita jalani sesuai prosedur yang berlaku.😊😊

    Thanks info menariknya mbak.😊😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email