Menjaga Imunitas Tubuh Menghadapi Virus Covid-19

Pic by : freepik.com

Gaes, Sahabat perempuan berbagi..

Dua bulan terakhir ini kita pasti sering mendengar tentang virus berbahaya ini, entah dari sosial media, kanal Youtube hingga saluran televisi nasional. Setiap jamnya ada saja berita yang mengkhawatirkan tentangnya hingga menjadi bulan-bulanan pembicaraan di grup sosmed. Virus corona ini mudah tertular dari orang yang positif terkena virus ke orang yang terdekatnya hingga menyebabkan kematian pada sebagian besar orang yang rentan karenanya.

Coronavirus disease 2019 atau Covid-19, virus ini berasal dan ditemukan dari kota Wuhan, Cina pada bulan Desember 2019 lalu. Beragam spekulasi yang mengatakan bahwa virus ini dibawa oleh kelelawar yang dijadikan santapan makanan penduduk setempat atau dari pasar gelap hewan ekstrem di kota Wuhan. Namun juga tersiar kabar bahwa virus corona ini adalah buatan manusia yang konon katanya dicuri oleh ahli virologi cina dari laboratorium di kota Canada. Hmm, membingungkan ya gaes.

Sepanjang sejarah, virus Corona adalah virus yang paling banyak memakan korban hingga ratusan ribu orang dari berbagai belahan dunia, seperti cina, korea, jepang, sejumlah negara di Eropa, India Amerika dan juga negara di Asia Tenggara. Dibanding virus sebelumnya seperti SARS dan MERS, virus corona lebih cepat menular antara manusia ke manusia dan penyebarannya masif.

Imunitas Tubuh di dapatkan dari mana?

Pic by : freepik.com

Menjaga imunitas tubuh dan memperkuatnya merupakan salah satu cara untuk menangkal virus berbahaya tersebut. Bentuk dari menjaga imunitas salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh dan juga gaya hidup kita, karena imunitas tubuh pada dasarnya sudah ada di dalam tubuh kita sendiri.

Dilansir dari halaman webmd dan heathline, menjelaskan bahwa superfood memegang peranan penting untuk menjaga imunitas tubuh karena di dalam superfood terdapat vitamin, mineral dan tentu saja antioksidan yang dapat memperkecil kerusakan sel dalam tubuh dan dapat membawa penyakit-penyakit serius seperti penyakit degeneratif, juga penyakit hati, kanker , alzheimer, dan lainnya.

Superfood yang Kaya Antioksidan

superfood untuk imunitas tubuh
Pic by : freepik.com

Superfood adalah kelompok jenis sumber makanan yang kaya akan nutrisi sehingg bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Superfood berasal dari ikan, sayuran dan buah-buahan yang mengandung multi vitamin penting tubuh.
Berikut adalah superfood kaya antioksidan yang dapat dengan mudah ditemui di negara kita sendiri :

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, daun bayam, kelor, sayuran ini tentunya mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh. Juga mengandung vitamin A, C dan E , mengandung kalsium, magnesium dan potasium yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Sayuran berwarna oranye

Sayuran berwarna oranye seperti wortel, butternut squash, labu kuning dan juga ubi jalar. Mengandung antioksidan yaitu beta karoten yang baik untuk menangkal radikal bebas dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A pada wortel, vitamin A dan C pada butternut squash dan labu kuning, juga vitamin B6, potassium dan kalsium pada ubi jalar.

3. Kacang dan Biji-bijian

Hampir semua jenis kacang baik untuk tubuh, asal tidak dikonsumsi berlebihan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang mede, kacang merah dan hijau. Juga jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji chia (chia seed), biji labu, dll.

Semuanya mengandung serat, protein nabati, dan lemak baik untuk tubuh. Juga diperkaya oleh anti oksidan dan anti inflamasi di dalam kandungannya yang berguna untuk mengatasi stres oksidatif pada tubuh.

4. Buah beri

Seperti beri tidak banyak tumbuh di indonesia, karena buah ini lazim tumbuh di negara sub tropis, sedang dan dingin. Seperti blue berri, rasberi, dan cranberi. Akan tetapi buah stroberi pada saat ini mudah ditemukan di sini karena sudah ada perkebunannya.

Buah stroberi layaknya jenis buah beri lainnya mengandung vitamin C yang sangat baik untuk imunitas tubuh, juga asam elagik dan fitokemikal (fitonutrien) sebangai antioksidan yang menangkal penyakit kanker, penyakit hati dan kondisi lingkungan yang buruk.

5. Alpukat

buah alpukat superfood untuk imunitas
Pic by : Pixabay

Alpukat mengandung senyawa antioksidan alami seperti lutein dan zeaxanthin untuk menangkal radikal bebas yang ingin masuk ke dalam tubuh. Selain itu buah alpukat juga mengandung lemak sehat, vitamin asam folat, B5, B6, C, E & K. Buah multi manfaat ini cocok juga untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan pada senyawa polifenol dan catechin (EGCG). Keduanya juga memberi manfaat sebagai anti inflamasi dan memblokir kerusakan sel pada penyakit kanker. Akan tetapi sebaiknya tidak terus-terusan mengkonsumsi teh hijau karena akan menghambat kesuburan pasutri.

7. Jahe Merah

Jahe Merah begitu laris saat ini sebagai bagian dari campuran jamu mpon-mpon yang gunanya untuk menjaga imunitas tubuh. Kandungan antioksidan pada jahe merah yaitu gingerol, shogaol dan zingeron. Melalui penelitian, jahe merah dipercaya sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal virus dan bakteri yang menyerang imunitas tubuh, melawan berbagai penyakit kronis seperti penyakit hati, demensia dan sebagian penyakit kanker.

8. Kunyit

Kunyit juga begitu laris sebagai bagian dari campuran jamu mpon-mpon di musim virus corona saat ini. Kunyit yang juga masih satu kelompok jahe-jahean mempunyai senyawa obat yang bernama kurkuminoid terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin.
Kunyit juga bermanfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi bagi tubuh. Sehingga bisa mengobati sistem percernaan yang kurang baik, peradangan pada tubuh, tumor, diabetes hingga kanker.

9. Ikan

Ikan laut mengandung antioksidan selenium dan zinc. Antioksidan ini memiliki peranan yang penting dalam proses metabolisme tubuh dan menangkal radikal bebas. Ikan tuna, salmon, sarden, dan kerang termasuk di antaranya. Kelompok ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti membantu mencegah penyakit radang, seperti penyakit jantung koroner dan menjaga berat badan yang sehat.

10. Spirulina dan Astaxanthin

Dua-duanya sama-sama berasal dari makhluk hidup yang berasal di dalam air yaitu mikro alga. Keduanya baru-bari ini dikenal sebagai superfood yang memberi banyak manfaat dan kesembuhan untuk tubuh. Spirulina yaitu alga biru hijau yang dianggap oleh peneliti sebagai salah satu organisme tertua yang hidup di bumi.

Spirulina mempunyai kandungan phycocyanin, yaitu senyawa anti oksidan dan anti inflamasi. Spirulina juga bermanfaat untuk membantu kesehatan otak, kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  mencegah kanker, hingga menjaga kesehatan hati & ginjal.

Sedangkan Astaxanthin adalah pigmen alami karotenoid. Pigmen merah ini terdapat pada beberapa jenis hewan air, seperti salmon, udang, dan lobster. Astaxanthin juga dihasilkan oleh mikro alga hijau, Haematococcus pluvialis yang diproduksi cepat pada media dengan komposisi nutrien yang sederhana di peternakan ikan.

Berdasarkan penelitian, astaxanthin mengandung super antioksidan yang 6000 x lebih kuat dibanding vitamin C, 110 x lebih banyak dibanding vitamin E, 54 x lebih kuat dibanding Beta carotene, dan 550 x lebih banyak dari antioksidan green tea.

Manfaat astaxanthin untuk tubuh tentu saja sebagai imunitas tubuh, mengatasi peradangan, mengencangkan kulit, meningkatkan kesuburan pria hingga menjaga kesehatan jantung. Spirulina dan astaxanthin biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen, baik suplemen terpisah maupun gabungan dari suplemen spirulina dan astaxanthin yang dikemas jadi satu.

Sebenarnya masih banyak lagi superfood yang juga bermanfaat sebagai antioksidan seperti buah anggur, mangga, sirsak, jambu biji, buah naga, buah kiwi, madu, propolis, coklat hitam dan lainnya.

Jaga Imunitas, Jaga Kesehatan Psikis

Pic by : Kemenkes RI

Nah, daripada bingung memburu suplemen imunitas yang sering habis di apotik pada saat ini seperti vitamin c,e dan booster imunitas lainnya, baiknya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang saya sebutkan di atas kan, tentunya masih tersedia di pasar :)

Gaes, tetap jaga imunitas ya selama wabah Covid-19 ini. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan diri. Selalu pakai masker keluar rumah, selalu jaga jarak 1-2 meter saat di tempat umum dan cuci tangan pakai sabun ketika menyentuh permukaan yang kotor. Imunitas bisa terjaga apabila kondisi tubuh fit, rajin minum air putih, pikiran tidak stress dan tidak panik akan berita di luar, terakhir tidur setidaknya 7-8 jam pada malam hari.

                                  --&--



Sumber :
- webmd.com
- healthline.com
- alodokter.com
- sehatQ.com

9 komentar untuk "Menjaga Imunitas Tubuh Menghadapi Virus Covid-19"

  1. Iya kabarnya virus corona nggak seperti bakteri yang bisa berkembang biak di luar ditempat yang kotor. Melainkan virus corona tsb berkembang biak di dalam tubuh manusia. Jadi tergantung imun tubuh seseorang.Bila kekebalan tubuh seseorang kuat maka bisa melawan virus jahat tsb.
    Kita jaga asupan tubuh dengan makanan yang bergizi dan sehat bernutrisi agar kekebalan tubuh kita meningkat.

    BalasHapus
  2. Asiyaapp insyaallah lebih aware lagilah menjaga imunitas tubuh ya,, semoga covid 19 ini segera berlalu. Amin

    BalasHapus
  3. Yang paling akrab dirumah kami adalah kunyit dan rimpang kak Iid. Biasanya diolah menjadi minuman kesehatan a.k.a jamu.
    Nice artikel kak

    BalasHapus
  4. Memang selain menjaga kebersihan kita harus meningkatkan imunitas tubuh kak..
    Khawatir sama keluarga jadi ikut menyajikan makanan sehat juga di rumah. Ikan gak ketinggalan insyaAllah

    BalasHapus
  5. Belakangan ini aku jadi sering masak Sop atau capcai, selain wortel merupakan sayuran yang bisa tahan lama juga mengandung antioksidan yang tinggi ya kak. Thanks banget info bermanfaatnya

    BalasHapus
  6. Sekarang aku sering bikin jamu empon-empon kak id salah satu bahannya kunyit demi menjaga imun tubuh padahal gak pernah lho minum jamu aku

    BalasHapus
  7. Saya penyuka sayur...
    Oiya minuman empon2 juga katanya bagus
    Trus berjemur jam 10 pagi hehe

    BalasHapus
  8. syukurnya dgn adanya wabah orang makin aware dgn kesehatan. smoga wabah ini cepat berlalu ya kak iid 🙏🏻 baru tau ada astaxhantin yg manfaatnya byk buat tubuh.

    BalasHapus
  9. Imun dan iman diperkuat ya kan kk, kami mmg stok suplemen di rumah, kayak jus bawang putih

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email