5 Rekomendasi Konten Youtube Belajar Investasi Saham

rekomendasi konten youtube belajar investasi saham

Pilihan Konten Investasi Saham yang Mudah dipahami


Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Mohon maaf ya ini, saya masih aja bahas seputar investasi mudah-mudahan gak bosan bacanya yaa :) Setelah sebelumnya saya membahas tentang strategi dan tips investasi di masa pandemi, namun ternyata beberapa dari teman-teman masih ada yang belum memahami sepenuhnya akan investasi.

Investasi itu gak hanya milik orang kaya saja, semua golongan tua muda, anak milenial, para emak-emak dan golongan yang menerapkan gaya hidup sederhana pun sudah semestinya melek akan investasi.
Baik itu investasi properti, emas, saham, reksa dana sampai P2P lending.

Namun kita sering kali bingung harus mulai dari mana, terkadang tidak sempat mempelajarinya secara khusus apalagi lewat bacaan yang bikin bosan, ngantuk dan keder. Oleh karenanya orang lebih mudah mempelajarinya dan memahami secara lewat visual.

Buat yang masih bingung mau belajar investasi secara online tapi gak mau keluarin bujet buat kursusnya, berikut adalah beberapa konten youtube tentang belajar investasi saham (bukan belajar trading saham lho yaa) yang menurut saya itu mudah dipahami oleh siapa saja. Asal sediakan waktu khusus untuk mempelajarinya, kan pas banget #dirumahaja waktu digunakan untuk hal - hal bermanfaat. Well, check it out :)

1. Ryan Filbert

saluran youtube investasi ryan filbert
Ryan Filbert Youtube channel

Menjadi investor saham sejak umur 18 tahun di tahun 2004. Pengalaman berinvestasi di pasar saham mampu memberikan return tinggi hingga ia bisa membeli apartemen dan ruko pada 2010-2011.

Ryan Filbert pun berbagi pengalaman berinvestasinya tersebut melalui berbagai buku yang ditulisnya sendiri, seperti Menjadi Kaya dan Terencana dengan Reksa dana, Investor Blueprint, Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia, Yuk Belajar Nabung Saham, Bandarmology dan lain-lain.

Kesemua buku-bukunya menjadi best seller referensi tentang investasi.
Tidak hanya buku, kini saluran Youtubenya menjadi sumber referensi yang dicari orang untuk belajar tentang investasi dengan mudah dan gampang dipahami. Sekalipun buat emak-emak seperti saya :)
Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "Belum punya aset apa-apa di tahun 2019? Ini ada 5 stepnya!".

2. Doddy Bicara Investasi

Doddy Bicara Investasi Youtube channel

Bermodal pengalaman berinvestasi sejak tahun 2013, bapak yang juga berprofesi sebagai dosen di universitas swasta ini memberanikan untuk berbagi pengalaman, kesuksesan dan kegagalannya dalam berinvestasi melalui saluran Youtube.

Aktif berinvestasi di instrumen saham, reksa dana dan P2P lending membuatnya menjadi pakar dan pengamat investasi di 3 jenis instrumen tersebut. Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "8 jenis investasi yang menguntungkan".

3. The Investor

The Investor Youtube channel

Saluran Youtube ini belum lama saya subscribe karena awalnya pembahasannya agak berat di awal sudah langsung bahas saham perusahaan aja tanpa pengenalan awam tentang saham. Buat saya yang awalnya masih awam banget tentang saham, jadi bingung buat belajarnya.

Tapi lama kelamaan lihat judul-judul lainnya dalam kontennya pak Eros Perwita ini jadi buat saya tertarik untuk mempelajari saham lebih lanjut, terutama konten yang viewnya banyak, ya pasti konten tersebut memang paling banyak dicari orang buat belajar investasi saham. Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "Lo Kheng Hong Untung 12.500% dari Saham ini".

4. Female Investor Indonesia

saluran youtube investasi femalw investor id
Female Investor ID Youtube channel

Ini nih yang buat emak-emak jadi melek sama investasi, apalagi investasi saham. Emak? emang bisa belajar investasi? Ya bisalah, lihat saja mba Ellen May, pakarnya trading sama investasi beliau juga ibu rumah tangga pada awalnya.

Jadi ketika menemukan saluran Female Investor ini saya serasa dapat angin segar jadinya karena yang isi itu cewek juga, secara biasanya pakar investasi tu biasanya kan rata-rata cowok, ehm2x...

Nah, sesembak yang mengatas namakan Female Investor Indonesia ini penjelasan akan investasi sahamnya begitu detil banget. Jadinya kayak masuk kelas lagi deh buat belajar ekonomi wkwk.. Kurang tau juga sih apakah Female Investor Indonesia ini yang buat individu atau tim, tapi saya masih kepo juga siapa orang dibelakangnya hihihi..

Untuk yang ingin mempelajari tentang saham dari awal gak ada salahnya lirik saluran ini sebelum saluran yang lain deh biar tidak salah informasi.
Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "Saham Nyangkut?? Daripada Galau Mending Belajar dari Lo Kheng Hong". Semoga saluran Female Investor Indonesia ini semakin bertambah kontennya, jadi ketagihan buat belajar terus :)

5. Felicia Putri Tjiasaka

saluran youtube investasi felicia putri
Felicia Putri Tjiasaka Youtube channel

Tau sesembak ini dari IGnya mas Melvin Mumpuni, foundernya Finansialku. Rupanya sesembak ini selain ahli dalam perencanaan keuangan seperti Melvin Mumpuni, dia juga ahli untuk urusan investasi seperti reksa dana, saham, emas sampai P2P lending.

Saluran Youtubenya dibuat untuk membahas tentang pengalamannya dalam berinvestasi dan pengetahuan investasi dari sudut pandangnya secara pribadi yang terkadang juga membuat pro kontra dan  kolom komentar jadi penuh, para netizen suka nih kalau komentar penuh dan mengandung perdebatan, hmm..
Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "33.618.810 (Hasil investasiku selama 1,5 tahun ini)".

Bonus :

6. The Motley Fool 

youtube channel about investment the motley fool
The Motley Fool Youtube channel

Kalau di luar negeri konten tentang investasi itu usudah banyak banget, tinggal kita pilah-pilih mana yang disuka cara ngebawainnya. The Motley Fool saya pilih sebagai salah satu saluran tentang investasi yang mudah dipahami karena isinya rata-rata tentang diskusi.

Yang gak enaknya terkadang gak bisa diikutin karena ngomongnya terlalu cepat. Jadi harus siap-siap kamus bahasa inggris di samping ya hehe..
By the way, the Motley Fool ini termasuk yang paling banyak kontennya tentang saham yang mungkin sekitar ribuan video. Untuk mempelajarinya bisa dilihat berdasar playlistnya yang dibuat pertema. Salah satu konten yang banyak viewnya adalah "Best Dividend Stocks for 2020".

Oke, itu aja dulu rekomendasi dari saya, semoga bisa dijadikan rujukan kamu buat belajar investasi lebih jauh. Semoga bermanfaat ya :)

14 komentar untuk "5 Rekomendasi Konten Youtube Belajar Investasi Saham"

  1. Tahun 2020 saya emang berencana untuk belajar berinvestasi lebih, terimakasih untuk rekomendasinya. Saya cek satu-persatu ya

    BalasHapus
  2. waaa bisa aku tunjukin nih ke si hubby aku yang lagi pengen belajar saham juga, terima kasih infonya ya

    BalasHapus
  3. Wah mantap nih informasinya dulu sempat banyak investasi sekarang sudah engga tapi pengen lagi nih..penting juga

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, mba. Segera meluncur ke channel youtube di atas agar lebih paham tentang investasi saham. Terkadang dalam pikiran udah merasa memahaminya, ternyata begitu menonton rujukan yang benar, baru ngeh kalau ada sedikit keliru memahaminya.

    BalasHapus
  5. Wah sudah agak lama gak mainan YouTube nih. Tapi trims y mba, jadi punya ''tabungan" tontonan bermanfaat. Hehe..

    BalasHapus
  6. Investasi memang ilmu yang selalu up to date, menarik untuk dipelajari.
    Mantengin yutub akan lebih mudah dicerna.

    BalasHapus
  7. Waaah asing semua ya, jadi tambahan info buatku. Really need good advises dimasa-masa paceklik akibat pandemi ini. Semoga semua bisa bertahan.

    BalasHapus
  8. Jujur aku malah belum pernah nonton channel itu semua :(

    parah banget yaa akuuhh

    BalasHapus
  9. Makasih infonya mba Iidyanie, saya belum pernah nonton semua channel youtube di atas, pengen coba nonton yang female investasi, kali aja ngerti

    BalasHapus
  10. Wah keren banget belajarnya belajar investasi ya. Jadi pengen kepoin juga biar rajin invest. Makasih infonya.

    BalasHapus
  11. Mantaap~
    Belajar investasi memang gak harus ikut seminar dulu yaa...cukup rajin mantengin para expert ini.
    Tapi yang paling penting, take action siih yaa...

    BalasHapus
  12. Lumayaaan banyak juga yaa mba referensi nutuk investasi kita saat ini. Jadi noga takut atau khawatir lagi nantinyaaa

    BalasHapus
  13. Makasih rekomendasinya Mba kebetulan banget memang sedang ingin belajar saham

    BalasHapus
  14. Mantep mantep rekomendasinya, investasi masa depan sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup di hari tua. Tinggal menikmatinya saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email