Berzakat Secara Online Melalui Aplikasi Kitabisa

berzakat melalui aplikasi kitabisa

Gaes..

Sudahkah anda membayar zakat fitrah hari ini?

Ketika saat ini pergerakan kita masih dibatasi dengan adanya social distancing seperti PSBB akibat pandemi corona yang belum juga usai, padahal ada kewajiban yang belum dilaksanakan seperti bersedekah, infaq apalagi membayar zakat, tapi untuk keluar dari rumah atau kantor saja tak bisa. Tenang saja. Dari Rumah pun kini kita bisa membayar zakat secara online, transparan dan terpercaya melalui Kitabisa.

Kitabisa.com adalah crowdfunding donasi atau lembaga penggalangan dana terbesar di Indonesia yang bergerak dalam hal kemanusiaan. Berdiri di tahun 2013 oleh sebuah proyek non profit kemudian berubah menjadi sebuah lembaga independen yang besar.

Misi dari Kitabisa adalah menghubungkan #OrangBaik dari kalangan siapa saja yang ingin melakukan penggalangan dana dan melakukan donasi kapan saja melalui halaman penggalangan dana yang telah disediakan.

Beragam penggalangan dana yang sering kita dengar atau lihat di layar televisi menggunakan layanan dari Kitabisa.com ini. Seiring dengan perkembangannya, Kitabisa.com mempermudah penggunanya untuk berdonasi secara instan dan tidak ribet dengan meluncurkan aplikasi Kitabisa.

Namun bukan hanya untuk berdonasi saja, melalui aplikasi Kitabisa kini bisa membayar zakat secara online terlebih juga disediakan fasilitas kalkulator zakat dalam aplikasinya. Selain itu juga kelebihan utamanya yaitu berbagai lembaga amil zakat terpercaya sudah bekerjasama dengan layanan Kitabisa sebagai portal untuk membayar zakat. Seperti Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Griya Yatim dan Dhuafa, LAZIS Muhammadiyah, Global Zakat ACT, Nu-Care LAZISNU, hingga Yayasan Baitul Maal Hidayatullah.

Langkah bayar zakat melalui aplikasi Kitabisa


1. Instal aplikasi Kitabisa di playstore. Aplikasi Kitabisa yang asli bertuliskan Donasi & Zakat Online - kitabisa.com

2. Klik Daftar atau Masuk jika kamu sudah menjadi anggota Kitabisa.com. Jika belum pernah, klik daftar lalu pilih dengan akun facebook atau google kita mendaftar. Jika mempunyai akun facebook akan lebih mudah login karena kita tinggal memasukkan ID dan Password yang sama ketika masuk facebook.

Daftar/masuk melalui facebook

3. Saat sudah berhasil login, maka akan masuk beranda utama. Ada 4 pilihan di dalamnya : Donasi, Zakat, Kitabisa Plus, Donasi Rutin. Karena tujuan utama kita adalah untuk membayar zakat, maka pilihan jatuh ke menu zakat.

Beranda aplikasi Kitabisa

4. Dalam menu zakat, ada pilihan untuk Salurkan, Kalkulator dan zakat yang spesifik. "Salurkan" jika kita sudah mengetahui jumlah dana zakat yang akan dibayarkan. Sedangkan "Kalkulator" untuk mengetahui berapa zakat yang akan kita keluarkan berdasarkan tipe zakat profesi, zakat maal dan zakat penghasilan. Juga ada pilhan salurkan zakat secara spesifik jika sudah mengetahui lembaga amil zakat yang diinginkan.

5. Jika sudah menentukan seberapa besar zakat yang dikeluarkan, maka pilih metode pembayaran dan lembaga amil zakat yang diinginkan. Ada banyak pilihan metode pembayaran jadi kamu tidak perlu bingung tinggal pilih pembayaran yang biasa kamu lakukan.

Metode pembayarannya antara lain :

- Dompet Kebaikan Kitabisa
- Gopay
- Dana
- LinkAja
- Jenius Pay
- Virtual Account Bank : BNI, BRI, Mandiri & BCA
- Bank Transfer : BNI, BNI Syariah, BRI, Mandiri & BCA

metode bayar dan amil zakat kitabisa
Pilih metode bayar dan amil zakat

6. Di sini saya memilih metode pembayaran dengan Gopay, maka akan masuk ke dalam cara pembayaran Gopay dan juga pemberitahuan setelahnya.

Pembayaran zakat sukses

7. Pembayaran selesai dilakukan, untuk melihat apakah zakat kamu telah masuk maka akan kelihatan daftar donatur pada zakat yang kita pilih. Jangan pilih anonim jika ingin nama kita tercantum, kecuali hanya berniat ingin bertuliskan atas nama hamba allah.

Mudah bukan caranya, yuk segera salurkan zakatmu sebelum lebaran tiba dan jangan lupa ikut berdonasi ya :)


Tidak ada komentar untuk "Berzakat Secara Online Melalui Aplikasi Kitabisa"

Berlangganan via Email