Manfaat membacakan dongeng pada anak sebelum tidur

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Apakah sewaktu kecil kamu suka membaca dongeng? Atau minta dibacakan dongeng?

Malam hari ketika menjelang waktunya tidur anak-anak selalu ingin melakukan kegiatan bersama orangtua seperti mendengarkan sebuah dongeng. Baik itu dongeng dari sebuah buku ataupun situs di ponsel yang berisi cerita dongeng yang berwujud fiksi fantasi, cerita rakyat atau dari sebuah legenda. Kegiatan dongeng bagi anak dari usia batita sampai ia berusia sekolah dasar merupakan suatu kegiatan yang pada dasarnya disukai oleh anak.

Anak-anak menginginkan tidur dengan nyaman dan mengharapkan suatu mimpi yang bahagia, indah ataupun yang lucu yang tumbuh dari imajinasinya sebelum tidur. Oleh karena itu sebagian dari anak sangat menyukai kegiatan dongeng yang dilakukan bersama orangtuanya.

manfaat membacakan dongeng pada anak
Gambar : freepik.com

Namun, selain menumbuhkan imajinasinya, terdapat beberapa manfaat lain membacakan dongeng buat anak, baik secara kesehatan maupun psikologisnya yang penting untuk tumbuh kembang anak. Apa sajakah itu?

Manfaat Membaca Dongeng bagi Anak

Meningkatkan kemampuan mendengar

Membacakan dongeng secara tidak langsung meningkatkan kemampuan pendengaran anak. Dengan nada dan intonasi yang jelas, orangtua membawakan dongeng seperti layaknya bercerita membuat anak ikut menyimak secara seksama dongeng apa yang sedang dibacakan orang tua, mengenal suara-suara baru yang diperkenalkan dari cerita dongeng.

Melatih anak untuk lebih fokus

Ketika anak terbiasa menyimak dan mendengarkan secara seksama dongeng yang dibacakan, kebiasaan ini dapat meningkatkan daya fokusnya saat dibacakan dongeng setiap mau tidur baik siang atau malam sehingga dalam kegiatannya sehari-hari daya fokusnya menjadi terlatih. Ini lebih baik daripada kegiatan anak menonton televisi seharian atau bermain gadget.

Melatih perkembangan kognitif

Membacakan dongeng untuk anak memainkan peran penting dalam pengembangan kognitifnya melalui literasi dini, yang berperan penting dalam kemampuan membaca dan menulis pada anak. Sebuah quote dari Albert Einstein tentang buku, "Jika Anda ingin anak lebih pintar, maka bacalah lebih banyak dongeng."

Mengasah minat baca anak

Diawali dengan buku-buku dongeng yang biasa didengarnya sebelum tidur, maka anak tertarik dan penasaran untuk membaca buku-buku lainnya. Inilah yang membuat rasa ingin tahunya dan membaca lebih banyak lagi buku yang menaruh minatnya.

Mengasah cara berkomunikasi

Dari buku dongeng yang dibacakan juga interaksi verbal antara orangtua dan anak, membuat anak menyerap berbagai kosakata sehingga menambah jumlah kosakata baru dan dijadikan bahan komunikasi kembali bagi anak terhadap orangtua dan orang disekelilingnya. Sehingga anak menjadi lebih mudah mengekspresikan apa yang dirasakan melalui berkomunikasi.

Mengasah perkembangan sosial dan emosional anak

Cerita dongeng sering kali menyelipkan ajaran norma-norma seperti sosial, agama dan sopan santun di dalamnya. Dengan dongeng maka diharapkan kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang didongengkan. Karena pada dasarnya anak-anak cenderung sulit mendapatkan nilai norma dan moral dalam kehidupan sehari-hari bila tidak mendapatkan role modelnya. Anak-anak belajar dari karakter dalam cerita dongeng hingga dapat membantunya mempelajari situasi dengan penuh empati dan emosional pada kehidupan mereka sehari-hari.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Melalui cerita dongeng yang penuh dengan nilai, norma, kata-kata bijak dan penokohan di dalam cerita dongeng yang bisa diteladani. Ketika orangtua membacakan dengan suara yang lantang dan menjiwai maka dapat membantu anak memahami cerita dengan baik , sehingga anak dapat mencontoh dan menceritakan ulang isi cerita dongeng dengan penuh rasa percaya diri. Rasa percaya diri akan dengan sendirinya tumbuh jika orangtua mendukung penuh apa yang dilakukan oleh anak.

Mengasah kemampuan menulis

Saat anak sudah bisa berkomunikasi dasar yang didapatkannya dari mendengar dongeng, anak pun mulai mencari tahu bagaimana menuliskannya kembali cerita yang didengarnya. Apakah sama dengan apa yang dibacanya dengan apa yang ditulisnya. Hal ini akan terus menerus dilakukan anak sampai ia mahir menceritakannya kembali dalam bentuk tulisan. Secara tak sadar, kemampuan menulisnya pun meningkat.

Memperkuat bonding orangtua dan anak

Dongeng yang dibacakan oleh orang tua, baik itu ayah atau bundanya. Membaca dengan dengan penuh ekspresi dan sentuhan hangat. Sambil berpelukan, tertawa bersama dan bermanja-manja. Hal itu bisa mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Lakukanlah sesering mungkin demi meningkatkan kualitas waktu bersama anak.

buku dongeng anak
Buku dongeng favorit

Cerita dongeng terbaik di seluruh dunia

Berikut ini adalah 10 daftar koleksi buku cerita dongeng terbaik di seluruh dunia yang bisa kamu bacakan buat si kecil :

1. Cinderella
2. Putri salju dan 7 kurcaci
3. Pinokio
4. Hansel & Gretel
5. Gadis kecil berjubah merah
6. Aladin dan lampu ajaib
7. Gadis penjual korek api
8. Itik buruk rupa
9. Angsa dan telur emas
10. Jack dan pohon kacang

10 daftar cerita rakyat terbaik Indonesia

1. Bawang putih dan bawang merah
2. Malin kundang
3. Roro Jonggrang
4. Timun Mas
5. Sangkuriang
6. Jaka tarub dan 7 bidadari
7. Legenda ikan mas
8. Keong mas
9. Lutung kasarung
10. Si kancil

                                  -&-

18 komentar untuk "Manfaat membacakan dongeng pada anak sebelum tidur"

  1. Udah sering dengar soal manfaat membacakan dongeng pada anak tapi gak bakat ngedongeng nih. Jadinya babynya cmn disodorin yutub aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orangtua pada dasarnya bisa berdongeng bang, mungkin caranya aja yg berbeda-beda :)

      Hapus
  2. Aku saat kecil dulu sebelum tidur sering di dongengin sama ibuku atau kakeku. Seneng banget didongengin .. sampai sekarang masih teringat pesan-pesan moral dalam cerita dongeng saat kecilku dulu baik dongeng cerita rakyat mapun dongeng dari luar seperti pinokio, cinderella, Hansel and Gretel, dll.
    Dongeng seperti cerita di atas pengaruhnya baik untuk anak kecil karena melatih untuk membedakan mana yang baik mana dan yang tidak baik.
    Makasih artikel nya menarik mbak iidyanie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit kita sama mba, iya dongeng banyak memberikan pengaruh yang baik dan positif untuk anak

      Hapus
  3. Saya cuma bertahan beberapa hari dongengin anak. Pengin terus bertahan rutin, minimal ditentukan hari apa gitu. Kalo tiap hari juga bisa bosen atau sayanya yang kehabisan bahan.

    BalasHapus
  4. Bru tau bnyak juga manfaat membaca buku dongeng ke anak waktu tidur. Sangat mengispirasi banget tulisanya apa lg tampilan blognya bagus kutengok jdi beta baca tulisan artikel kk 😅 iklan adsensenya pun udh tampil ya kak 😄👍

    BalasHapus
  5. Anak-anak memang senang sekali dibacakan dongeng. Dan memang tiap dibacakan, selalu ada saja pertanyaan tentang kosakata baru dari mereka. Bagus sekali untuk kemampuan komunikasi mereka ke depannya.

    BalasHapus
  6. Si nomer 2 karena emaknya hobi baca dongeng jadinya dia punya bakat story telling kak. Hobi dia sekarang ngumpulin kakak adiknya trus dia jadi pencerita di depan orang itu..

    BalasHapus
  7. Semua daftar cerita dongeng tu dah saya baca waktu kecil dan masih ingat hampir semua jalan ceritanya.

    Tapi anak awak ceritanya dah gak itu lagi.
    Cerita anak sekarang adalah siroh nabawiyah hehehehe

    BalasHapus
  8. awak masih mau merutinkan baca buku buat anak jdi nanti anak gaperlu bingung mau ngapain klo ada waktu senggang. sekalian mau memperkenalkan benda bermanfaat seperti buku sejak dini sih kak. ini kk rutinkan mereka dengar dongeng yg kk ceritain sejak mereka umur brp kak id?

    BalasHapus
  9. Mendongeng buat anak2 itu bs membangun karakter baik dalam diri anak. Kl udah terbiasa anak2 jd banyak dapat faedahnya

    BalasHapus
  10. Saya beruntung sering didongengin sama emak sblm. Berbakas sekali nasehat2nya sampe skrg

    BalasHapus
  11. Jadi keinget saya dulu juga suka didongengin sebelum tidur, paling suka dongengnya si kancil yang mencuri timun. Walaupun agak lupa, tapi rasa senengnya waktu itu keinget trus sampai sekarang

    BalasHapus
  12. Ini yang kulakukan sejak punya anak. Membacakan buku sebelum tidur dan memang sangat terasa manfaatnya. Sekarang malah kadang duo AuRa yang nyeritain buku ke kami. Hehehe..

    BalasHapus
  13. Dongeng internasional hafal smua dika alur ceritanya tp klo dongeng nasional sebagian aja. Hahaha padahal serinb djbaca2

    BalasHapus
  14. Baca ini jadi ingat kalau sudah lama sejak saya sibuk urus komunitas Indonesia Saling Follow jadi jarang bisa dongengin Palung sebelum bobo padahal Palung senang banget dongeng dan film kartun favoritnya adalah Pada Zaman Dahulu Kala.
    Jadinya saya suruh anak itu baca sendiri padahal pastinya bosan. He he.
    Harus bikin jadwal untuk mendongeng lagi.

    BalasHapus
  15. Salut nih mbak sama artikelnya,,, manfaat mendongeng yg pling sya rasajan justru dlm meanngkatnya kemampuan bahasa dn ekspresi sikecil,,, kdang klw anknya udh tahu isi buku dongeng eh mlh emaknya yg di dongengin 😅

    BalasHapus
  16. Wah, jadi ingat dulu saya waktu masih kecil sering didongengi oleh orang tua saya. Ceritanya ya cerita rakyat Indonesia yang ditulis di atas itu. Terus, setelah umur 3 tahunan, saya disuruh cerita ke adik saya. Dan waktu saya cerita ke adik saya, saya ubah-ubah ceritanya. Setelah adik saya semakin besar, dia bisa protes tentang ceritanya dan dia minta alur ceritanya diubah sesuai maunya dia. Ini semua kata ibu saya, ya. Sampai sekarang, mengarang cerita fiksi adalah salah satu hobi dari saya dan adik saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email