Diet & Makanan Sehat untuk PCOS

makanan sehat diet pcos
@pcosfighterindonesia

Hello..

Setelah berpuasa 30 hari lamanya, biasanya balas dendam dilakukan oleh sebagian dari kita sama yang namanya makanan, makan lontong atau nasi lemak dengan lauk rendang, balado telur, opor ayam, tauco  udang ditambah kerupuk emping..hmmm sedap..Awas hati-hati penambahan berat badan yang semakin ke kanan (masih analog punya saya hihi)..

Nah, setelah sekian purnama akhirnya saya kembali membahas tentang PCOS, yang sebelumnya janji akan membahas tentang diet dan makanan PCOS ini setelah postingan Wanita dan PCOS namun entah apa yang merasuki ku sampai lupa terus nulis tentang pcos ini, terhempas begitu saja gara-gara mencari sesuap nasi lewat ngeblog hahaha..

Gaes, yang belum tau apa itu PCOS, saya terangkan sedikit saja ya..

PCOS itu adalah Polycistic Ovarian Syndrom yang dialami oleh sebagian wanita dikarenakan oleh resistensi insulin di dalam tubuh..ingat hanya wanita.. PCOS bisa dialami oleh siapa saja dari umur abg sampai menjelang menopause.

Wanita yang memiliki riwayat PCOS biasanya terlihat dari bentuk fisiknya..entah itu jerawatan yang tak kunjung sembuh, tumbuh rambut/bulu halus yang berlebihan di wajah atau anggota tubuh, rambut rontok parah, hingga bentuk fisik yang cenderung obesitas. Oleh karenanya wanita PCOS wajib untuk mengikuti diet dan makanan yang sehat agar bisa terhindar dari status yang bisa 'long term' ini dan bahkan bisa diturunkan alias genetik. Salah satu caranya adalah modifikasi gaya hidup menjadi arah yang lebih baik. 

Perubahan Gaya Hidup untuk PCOS

Pengobatan terbaik dari PCOS ini adalah dari kita sendiri. Dari gaya hidup serba instan menjadi kebalikannya. 

1. Diet sehat

diet sehat makanan pcos
@Pcosnutrition

Diet sehat di sini bukan berarti diet ketat dengan mengurangi jatah makan, akan tetapi menyesuaikan tubuh dengan makanan yang seharusnya bisa dimakan atau tidak dan makanlah sesuai dengan porsinya 3x sehari. Kemudian mengganti jenis makanan yang tidak cocok dengan PCOS dengan makanan yang lebih sehat. 

Seperti daftar makanan di bawah ini :

* nasi putih —> nasi merah atau gunakan quinoa
* jus buah —> infused water berisi buah
* mayonais —> saus alpukat
* gula pasir —> gula aren atau gula stevia
* susu sapi —> susu almond
* snack karbo --> buah-buahan
* sayuran bersantan --> lalapan sayur
* pasta —> mie zuchini atau mie shirataki
* kentang goreng —> kacang-kacangan
* daging merah --> daging salmon/tuna/ayam
* teh/kopi --> air putih dengan larutan kayu manis

manfaat kayu manis untuk pcos
pcosfoodies

Manfaat kayu manis sendiri adalah mengontrol kadar gula dalam darah sehingga dapat mengatur siklus bulanan pada wanita secara teratur. Oleh karenanya kayu manis sering dijadikan orang sebagai ikhtiar terapi kesuburan pada pasangan yang menikah dan sudah lama mendambakan momongan.

2. Turunkan Berat badan

diet sehat makanan pcos
Contoh makanan seimbang
@pcos.weightloss

Kita semua tahu bahwa menurunkan badan dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi semakin baik dan sehat. Tidak perlu ekstrim, yang penting ideal dan seimbang dengan kondisi badan. Kalau terlalu ekstrim turunkan berat badannya yang ada semangat menjadi mudah kendur dan berakibat bosan. Slow but sure saja. Menurunkan berat badan juga bisa dengan mengatur pola makan yang baik dan melalui olah raga.

3. Olah raga

Olah raga dapat membakar lemak yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Olah raga juga membuat siklus atau aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Olahraga yang ringan adalah jogging lakukan selama 5-10 menit setiap harinya. Selain jogging, kita juga bisa melakukan rangkaian olahraga penghapus lemak yaitu plank, push up, burpees, jumping jack dan squat masing-masing selama 1 menit setiap pagi atau sore hari. 

Nah, itu saja dulu ya gaes, pada postingan selanjutnya insyaallah akan saya bahas terapi atau pengobatan lanjutan untuk masalah PCOS ini..see u :)

Sumber :

@pcosfighterindonesia
@pcosnutrition
@pcos.weightloss
pcosfoodies.com

9 komentar untuk "Diet & Makanan Sehat untuk PCOS"

  1. Makasih info nya mbak Iidyanie... bermanfaat bagi wanita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba makasi sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Dulu, saya punya anggapan bahwa kalau belum makan nasi putih rasanya belum makan. Tapi, sekarang sudah tidak. Misalnya makan pisang goreng, rasanya sudah cukup, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap, tapi jangan keseringan juga pak karena minyak jenuhnya juga gak baik untuk kesehatan

      Hapus
    2. Wah sama bang Akhmad, definisi makan itu kalau sudah makan makanan pokok yaitu NASI. Tapi bener apa yang disampaikan oleh mbak IID, jangan sering karena minyak jenuhnya gak baik, mungkin bisa diganti dengan minyak bosan.

      Salam kenal Mbak IIDYANIE...blogwalking sillaturahmi.
      SIla kunjung balik blog saya ya. semoga saya bisa rutin sillaturahmi kesini.

      Hapus
    3. Salam kenal juga dokter, semoga betah baca blog saya ya, btw minyak bosan tu apa ya pak?

      Hapus
  3. Saya sering denger tentang pcos tapi nggak terlalu paham, cuma tahu kalau itu diderita kaum wanita aja. Selain untuk menangani pcos, diet sehat gini juga bagus banget buat tubuh ya mbk, jadi bisa dapat banyak manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, secara general sih diet pcos itu bisa memperbaiki siklus bulanan wanita dan menyehatkan tentunya

      Hapus
  4. Padahal saya suka dengan mayones Maestro karena enak banget. Rasa susu kedelainya kentara dan rasa asam pas tidak terlalu asam plus rasa bawang putih tidak terlalu keras,
    Ternyata untuk itu jangan berlebihan, ya.

    Faktor umur juga jadi penentu agar jangan berlebihan pada sesuatu. Urusan makan harus dijaga benar. Saya juga alami masalah jerawat. Kulit jadi lebih sensitif.

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email