Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya Jawab Seputar Fiqih Islam, Aplikasi Umma Tempatnya

 

tanya jawab fiqih islam aplikasi umma tempatnya

Assalamu'alaikum Wr.Wb,

Sahabat perempuan berbagi..apa kabarnya?

Siapa nih yang rajin datang ke mesjid buat mendengar kajian dan tausiyah langsung dari ustadz atau ustadzah favorit? Kegiatan ini tentunya sangat berfedah buat kita karena bisa tanya jawab fiqih islam langsung kepada narasumbernya dengan lengkap . Namun karena pandemi covid-19 kegiatan ini otomatis dihentikan karena kita harus social distancing dulu dari kegiatan berkumpul.

Oleh karenanya sejak saat itu banyak bermunculan kajian online baik melalui kulwap, sosial media seperti live instagram, live facebook dan live youtube untuk mendengar kajian online secara utuh. Namun kalau mengikuti kajian online lewat medsos terkadang kita harus rebut-rebutan untuk mengajukan pertanyaan itupun jika kita masih kebagian slot untuk bertanya dan menunggu kapan diadakan lagi kajian berikutnya.

Menurut wikipedia Fiqih adalah ilmu dan syariat islam yang mengatur tentang hukum dan tata cara manusia dalam melalukan kegiatan secara hukum islam. Fiqih di dalamnya membahas tentang cara beribadah, prinsip Rukun Islam, dan hubungan antar manusia, pribadi dan kepada Allah SWT sesuai yang tersurat dalam Al-Qur'an dan Sunnah. Contohnya seperti adab makan di dalam pesta undangan, adab sholat dalam keadaan musafir, adab dalam menjalankan rumah tangga secara islami, dan lain-lainnya.

Alhamdulillah, sekarang tidak perlu bingung lagi nih gaes jika ingin mempelajari fiqih islam dan rebutan pertanyaan sama jamaah lainnya untuk mendapatkan jawaban yang pas dari ustadz ataupun ustadzah karena ada aplikasi berbasis komunitas muslim dan gaya hidup buat umat muslim seputar tanya jawab fiqih islam agar lebih shohih dalam mengamalkan fiqih islam dan menjalankan ibadahnya sehari-hari secara benar. 

Umma, Aplikasi komunitas Muslim dengan fitur yang lengkap

tampilan fitur menu aplikasi komunitas muslim umma
Tampilan fitur aplikasi Umma

Umma, adalah aplikasi berbasis komunitas muslim dan gaya hidup yang saya maksud. Di dalamnya terdapat beragam fitur atau channel dan konten artikel menarik seputar agama Islam yang bisa kita gali untuk menambah wawasan tentunya. Fitur didalam aplikasi Umma ini antara lain :

1. Alquran 

Ada 2 menu di dalamnya yaitu jelajah Alquran dan Kutipan Alquran. Alquran dalam aplikasi Umma dapat dipergunakan dengan gratis tanpa ada iklan sama sekali.

2. Waktu Shalat  

Adalah waktu shalat dan adzan yang sudah disetting berdasarkan lokasi kita berada. Fitur hitung mundur waktu sholat berikutnya dan juga notifikasi adzan 

3. Petunjuk Arah Kiblat 

Petunjuk arah kiblat disesuaikan dengan GPS pengguna secara akurat jadi petunjuk lebih valid.

4. Live Streaming dan Tanya Jawab

channel tanya jawab fiqih islam aplikasi umma
Contoh tanya jawab di aplikasi Umma
 

Fitur atau channel siaran langsung berupa kajian atau diskusi yang dibawa oleh ustadz, ustadzah atau narasumber lainnya yang sesuaikan dengan topik seputar islam baik itu fiqih islam, bacaan Quran maupun gaya hidup muslim. Sedangkan fitur atau channel Tanya Jawab berupa pertanyaan yang diajukan pengguna kepada ustadz atau verified narasumber, pengguna yang lain juga bisa memberikan jawaban di kolom tanya jawab.

5. uClass 

Fitur e-Learning atau kelas online tentang berbagai topik yang dibawakan oleh ustadz atau pemateri yang ahli di bidang tertentu seperti tahsin Quran, buka bisnis dengan modal minim, cara bercocok tanam, persiapan sebelum menikah, dan lain-lainnya. Ada pilihan kelas online gratis dan juga ada yang berbayar.

6. Media Sosial Muslim 

Fitur untuk berbagi gambar, video, live streaming, bertanya ataupun menjawab pertanyaan di channel tanya jawab. Bagi saya ini kelebihan aplikasi Umma, di mana pengguna bisa saling interaksi dengan pengguna lainnya dengan memberikan komentar dan like. Akan tetapi tetap dalam koridor islami ya, kalau ada yang "nyeleneh" admin Umma ataupun pengguna akan memberi peringatan dan postingan akan dihapus. Channel tanya jawab seputar fiqih Islam termasuk banyak pembacanya.

7. Konten Artikel Menarik 

Setiap harinya ada konten artikel menarik yang dibagikan oleh admin Umma, dengan penulis-penulis yang terpilih juga topik artikel yang update jadi enak dibaca oleh para penggunanya.

8. Misi Pribadi 

Fitur tambahan dalam akun pribadi ini menarik buat saya. Setiap hari ada koin yang harus diambil dan juga dari hasil absensi ibadah, menonton live streaming, mengaji selama 10 menit, dan juga berinfak. Hasilnya kemudian koin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah bermanfaat yang jumlahnya telah ditentukan.

Nah gaes, gimana? keren kan aplikasi Umma ini, segera unduh aplikasinya untuk menjadi Muslim yang terbaik dan menjadi muslim cerdas yaa..insyaallah aamiin :)



8 komentar untuk "Tanya Jawab Seputar Fiqih Islam, Aplikasi Umma Tempatnya"

  1. Soal fiqih penting diketahui umat muslim dan jika sedang alami hal darurat yang harus segera diketahui jawabannya secara valid, tinggal tengok aplikasi Umma, ya. Alhamdulillah, teknlogi memudahkan.
    Saya juga selalu alami kesulitan untuk pembahasan fiqih meski ada buku, berkaitan tidak selalu buku peninggalan almarhum bapak lengkap. Lalu kalau Palung ada PR pastinya harus Googling jika saya juga tidak tahu jawabannya.
    Semoga umat muslim terbantu banget. Aamiin allahunma aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba saya juga gitu, dulu suka baca di buku fiqih yang tebal itu tapi sekarang lebih suka cari di google, untungnya ada aplikasi umma yang memudahkan jadi pengguna lebih leluasa untuk bertanya :)

      Hapus
  2. Kalo poin 1 s.d 3 banyak aplikasi serupa.

    Tapi 4 s.d 8 rasanya baru Umma yang selengkap ini ya. Alternatif di era pandemi nih, jadi gak perlu desak2n di pengajian2. Bisa baca2 artikel atau ikut uClassnya.

    Nice inpoh mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang day, fitur no.4-8 saya rasa baru aplikasi Umma yg memilikinya. Terima kasih sudah berkunjung ya

      Hapus
  3. Alhamdulillah bisa tanya melalui aplikasi ya jika bingung seputar fiqih islam, bisa ke tanya teman juga tapi kalau masih ragu bisa diperkuat dengan tanya ke ahlinya di aplikasi Umma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba karena biasanya untuk jawaban yang lebih shahih lebih baik bertanya ke ahlinya

      Hapus
  4. Saya baru tahu dari tulisan ini soal aplikasi umma. Makasih banyak informasinya yang lengkap ini nggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas akhmad semoga bermanfaat

      Hapus

Berlangganan via Email