Yuk Intip 15 Ide Bisnis Mode untuk Fashionista

 

15 ide bisnis mode untuk fashionista di indonesia

Hey kamu?! Iya kamu..

Mengaku sebagai seorang fashionista? Atau temanmu mungkin. Saya punya ide bisnis yang sesuai dengan minatmu. Era digital saat ini, tren mode terus berkembang dan peminatnya itu pastinya tidak sedikit. Orang-orang yang memiliki minat di bidang ini seperti kamu pastinya mempunyai bakat yang kreatif dan out of the box, benar kan? Terus bagaimana dong cara kamu membuat minat dan gairah akan fashion menjadi suatu bisnis yang sukses? Tentu saja ada beragam caranya bukan. Berikut adalah 15 ide bisnis kecil untuk menginspirasi kamu para fashionista. Well, let's check it out :)

15 Ide Bisnis Mode untuk Fashionista

1. Bangun blog Fashion pribadi

Mengapa tidak menulis tentang tren, tips, dan berita terbaru di dunia fashion yang terus berkembang dengan memulai blog kamu sendiri, contohnya seperti tren baju tunik atau tren baju hoodie. Mulailah dengan membuat artikel di blog gratis, tuangkan idemu dan berkreasilah. Kalau artikel sudah dirasa banyak baru deh dikomersilkan :)

2. Menjadi Content Writer Mode di situs Fashion

Punya sesuatu untuk dikatakan tentang tren terbaru dan berita yang muncul dari dunia fashion? Menulis untuk menjadi seorang content writer atau kolumnis mode di suatu situs majalah fashion atau setidaknya situs terkenal seperti Cosmopolitan, Femina, Dewi Magazine atau..Hipwee?

3. Mulai Menulis Buku tentang Fashion

Mengambil ide dari buku inspiratif dari fashionista luar negeri tentang prestasinya sebagai CEO dari ritel fashion online yang sukses dari hal yang sederhana yaitu menjual buku di eBay, tahu kan siapa? Ini bisa jadi ide buat kamu dengan menulis buku tentang fashion yang kamu minati.

4. Menjadi Konsultan Mode

Menjadi konsultan fashion yang memberikan saran kepada model, eksekutif, atau selebgram yang sedang naik namanya, menawarkan cara yang memuaskan dan menguntungkan ke dunia fashion. Ini bisa jadi celah buat kamu loh. Ssst yang penting pede aja lagi :)

5. Memulai Bisnis Rental Gaun atau Jas Pernikahan

bisnis rental gaun pengantin
Pic : walletjoy.com

Pada saat ini gaun pengantin yang cantik dan fashionable sangat diminati. Namun karena harganya yang tidak murah membuat orang ingin sekali menyewanya, setidaknya untuk sekali seumur hidupnya. Nah, bisnis ini yang mulai menarik perhatian banyak orang karena menguntungkan. Yaitu dengan menyewa gaun pengantin untuk pengantin wanita maupun jas pengantin untuk pria. Atau bisa juga dengan rental pakaian adat.

6. Bisnis Sewa Pakaian Desainer

Mengambil ide bisnis dari Rent Runway, New York start-up yang membuka bisnis sewa pakaian desainer mahal untuk fashionista, ini bisa jadi ide buat kamu kalau ingin serius menekuni bisnis sewa pakaian desainer. Desainer di Indonesia ini sudah banyak juga lho.

7. Menjadi YouTuber fashion

YouTube menyediakan sejumlah peluang bagi orang untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Ayo tunjukkan bakat terbaikmu di dunia fashion dengan posting video di YouTube, seperti tutorial, opini akan fashion atau desainer dan lain-lain.

8. Memulai Bisnis Perbaikan Tas atau Sepatu Branded

Punya minat yang besar akan tas atau sepatu branded nan trendi? kenapa tidak lewat bisnis reparasi. Tapi jangan dibayangkan dengan pedagang yang ada di pasar dong. Kalau serius ya buka saja bisnis ini di lahan rumahmu dan buat studionya. Memulai bisnis reparasi tas atau sepatu bisa menjadi cara sempurna untuk mendapatkan nama kamu mulai dilirik orang.

9. Membuka Bisnis Pakaian Bekas

Banyak pengusaha sukses memulai bisnis mereka dari menjual pakaian bekas di toko yang kecil. Menikmati manfaat dari hal yang kecil lalu merambah menjadi hal yang besar. Ini tergantung dari bagaimana kamu mengelola bisnis pakaian bekas menjadi suatu yang lebih menarik misalnya jika kamu pandai mix 'n match pakaian bekas.

10. Memulai Podcast tentang Dunia Fashion

Hobi cuap-cuap dan suka bidang fashion. Meluncurkan podcast dapat menguntungkan dan bermanfaat juga buatmu. Mengapa tidak memanfaatkan minat fashion dengan menjalankan podcast mu sendiri dan berfokus pada bidang fashion. Ceruk di bidang ini belum banyak lho.

11. Memulai Butik Online

E-commerce situs web tidaklah sulit untuk mengelola dan jauh lebih murah untuk menjalankan daripada memiliki sebuah toko bahan bangunan. Mulailah menjual beberapa barang di toko online milik kamu sendiri dan memilih brandnya sendiri tentu akan lebih menyenangkan.

12. Memulai Bisnis Franchise Pakaian

Ada sejumlah besar peluang waralaba bisnis ritel pakaian untuk bisa dieksplorasi, di Indonesia ada berbagai brand franchise pakaian. Tinggal tentukan sasaran pasarnya. Mau itu ide bisnis fashion wanita atau ide bisnis fashion pria, bisnis pakaian anak, pakaian ibu hamil, pakaian muslim, pakaian formal atau kasual/distro. Banyak pilihan dan siapkan saja dananya.

13. Memulai Bisnis Humas untuk Merek Fashion Bergengsi

Membuka bisnis jasa humas untuk perusahaan fashion, kenapa tidak? Mungkin ini terdengar baru di Indonesia, tapi di luar sana ini sudah biasa. Model, desainer, produsen dan penjual pakaian semua membutuhkan jasa ini.

14. Membuka Toko Aksesoris

ide bisnis fashion dan aksesoris
Pic : Freepik.com

Jika merancang aksesoris cantik untuk tas, ikat pinggang, rambut, topi, kacamata, pakaian dan sepatu adalah minatmu, maka buka dan persiapkan aksesoris fashion terbaik dengan cara yang profesional. Percaya deh toko aksesorismu pasti tidak akan dianggap kacangan.

15. Bangun Web Design Berbasis Fashion untuk Retailer 

Era e-commerce saat ini sangat kompetitif sekali. Jika kamu memiliki keterampilan desain web, mengapa tidak mengasah bakat terpendammu dalam niche fashion dengan menawarkan jasa desain web untuk retailer. Tentunya peluang ini merupakan tantangan besar buat bisnismu. Bagaimana? merasa tertantang?

Nah, itu dia 15 ide bisnis fashion yang bisa saya bagikan di post ini, semoga bermanfaat buat ide bisnis kamu ya fashionista! ;)


9 komentar untuk "Yuk Intip 15 Ide Bisnis Mode untuk Fashionista"

  1. Karena saya bukan fashionista maka hanya manggut-manggut saja. Tapi banyak juga ya model bisnis untuk orang yang gemar fashion.

    Menjadi YouTubeers fashion juga bagus tuh, kalo banyak yang subscribe pasti nanti ada brand terkenal yang mengadakan kerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, yutuber indonesia bidang fashion masih belum banyak banyak peluang pastinya :)

      Hapus
  2. Ide-idenya cukup menarik Mbak.
    Boleh juga di sharing ama teman-teman yang punya hobby fashion nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas rudi, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. duluuu cita cita pengen buka butik sendiri soalnya keseringan beli baju dan suka fashion. dipikir pikir banyak juga ternyata butuh modalnya hahaha
    tapi kadang bantuin ibu jualin daster kalau kebetulan lagi beli stok yang banyak
    kayaknya kalau masuk ke toko baju dan penataannya menarik jadi tergoda, jadi itulah yang membuat aku pengen punya toko sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja mba ainun buka butiknya dengan modal kecil tapi menarik perhatian, kalau gak dimulai kapan lagi ya kan ;)

      Hapus
  4. Mantap sekali cocok untuk inspirasi kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, semoga infonya bermanfaat ya

      Hapus
  5. Wah idenya menarik2 mbak, masuk akal & realistis untuk masa pandemi kaya gini, sayangnya aku g ada bakat bisnis, hiks, sedih akutuh. Adekku & adek iparku udah mulai bisnin preloved baju dan aku masih berdiri ditempat

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email