Vipro-G Nutrisi Antioksidan Wajib di Saat New Normal

 

vipro-g nutrisi antioksidan wajib di saat new normal

"Hatchimm!! hatchimm!! hatchiimm!!"

Tiba-tiba saja bersin datang mengganggu dengan frekuensi berulang-ulang. Hidung jadi merah dan berair, gak enak sekali rasanya kalau sudah begitu.

"Sudah minum obat belum bunda?", Tanya pak suami saat melihat saya bersin tak henti-hentinya.

"Sudah yah, minum obat flu dan air jeruk hangat." 

"Sepertinya gak mempan tuh, kamu perlu vitamin yang lebih untuk kondisi badanmu itu", jelasnya.

Kebiasaan saya beberapa bulan belakangan ini sering begadang karena larut dengan pekerjaan menulis dan membaca novel online, dan pastinya jam tidur jadi terganggu. Akhirnya berpengaruh ke kondisi badan yang rentan terkena flu, meriang dan gampang capek.

Saat New normal ini menjaga kesehatan tubuh adalah proritas utama yang harus dipenuhi agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Daya tahan tubuh setidaknya selalu dijaga agar dapat menjalani kegiatan di masa new normal ini. Salah satu caranya adalah dengan menjaga imunitas tubuh.

Bentuk dari menjaga imunitas salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh dan juga gaya hidup kita, karena imunitas tubuh pada dasarnya sudah ada di dalam tubuh kita sendiri. Namun pada saat new normal ini asupan imunitas sepertinya harus dua kali daripada kondisi sebelum pandemi.

"Rasanya badan ini remuk, lidah pun terasa gak enak nih..pengen makan yang pedes pedes deh biar selera makan..", curhat saya sama paksu.

"Ya sok atuh, tapi kalau tambah sakit gak tanggung ya", balasnya dengan cepat. Saya pun balas mencibir, "Biarin lah, yang penting sembuh" :p. 

Saat lagi kondisi badan sedang tidak fit karena flu, tentunya saya butuh sekali makanan pedas karena membuat nafsu makan jadi meningkat dan juga meredakan flu seperti yang orang bilang. Selain itu biasanya lidah menjadi lebih peka bila mencecap makanan pedas. Capsaicin pada cabai yang membuat rasa pedas dapat merangsang produksi hormon endorfin sehingga membuat rasa nikmat pada lidah sebagai indera perasa.

Makan Pedas dan Gorengan saat Badan Tidak Fit

Makanan pedas dan gorengan merupakan perpaduan yang pas buat saya agar nafsu makan dapat kembali membaik. Namun..perpaduan makanan pedas dan gorengan itu bukanlah ide yang baik, ya kan. Keduanya malah akan memperparah kondisi flu, tenggorokan jadi sakit dan serasa terbakar dan memicu radang tenggorokan. Itu karena radikal bebas melalui senyawa transfat yang dibawa oleh makanan pedas dan berminyak.

Tips aman makan pedas dan gorengan

Berikut adalah tips aman saat makan pedas dan gorengan :

1. Lebih baik dimasak sendiri

Makanan pedas, berminyak atau berbentuk gorengan tentunya lebih aman jika dimasak sendiri. Kalau beli di luar dan sembarang jajan, bisa jadi minyak yang dipakai telah berulang kali digunakan dan mungkin saja mengandung lemak trans yang lumayan tinggi sehingga dapat merugikan tubuh. Sedang untuk makanan pedas alangkah baiknya jika makanan pedas itu berupa sup atau rebusan karena minim menggunakan minyak dan lebih sehat.

2. Gunakan minyak goreng berkualitas

Gunakan minyak terbaik untuk menggoreng seperti minyak zaitun extra virgin oil, light virgin oil, atau minyak kelapa khusus untuk menggoreng. Minyak yang akan digunakan sebaiknya sudah dalam kondisi yang panas untuk menggoreng dengan tujuan agar penyerapan minyak pada makanan tidak lah banyak ( tidak makan minyak ).

3. Konsumsi air putih lebih banyak

Badan yang selalu terhidrasi penting untuk menjaga kestabilan seluruh tubuh. Begitu juga dengan tenggorokan, agar selalu dalam kondisi sehat dan tidak kering sebaiknya konsumsi air putih atau pun air alkali minimal 8 gelas perhari.

4. Hindari minum es

Minum es mungkin untuk sebagian orang tidak bermasalah. Akan tetapi untuk yang sensitif dengan udara kering, maka minum es akan menimbulkan masalah untuk kesehatannya mulai dari sakit tenggorokan, flu, batuk bahkan demam. Oleh karena itu hindari minum es saat makan makanan pedas dan gorengan. Ganti dengan minum air putih hangat atau teh manis hangat akan lebih baik.

5. Gunakan bahan alami saat sakit tenggorokan 

Ketika terlajur makan makanan pedas dan berminyak, makanan dan minuman yang dikonsumsi sebaiknya mengandung zat yang meredakan peradangan, antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Seperti bawang putih, madu, teh peppermint, teh chamomile, air kunyit dan jahe. 

6. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan 

Makanan atau minuman yang mengandung antioksidan dipercaya dapat mempercepat penyembuhan pada radang tenggorokan dan sakit flu. Ini karena antioksidan dapat melawan radikal bebas yang menempel pada makanan tersebut.

tips makan makanan pedas dan gorengan agar tak sakit saat new normal dengan minum vipro-g
Makan makanan pedas dan gorengan
Foto : dokpri


Antioksidan dalam Superfood

Berdasarkan penelitian, rutin konsumsi antioksidan juga akan menambah imunitas tubuh. Zat antioksidan rata-rata terdapat dalam  superfood. Superfood adalah jenis makanan yang mengandung kepadatan nutrisi tinggi karena terdapat banyak mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Superfood memegang peranan penting sebagai antioksidan yang dapat memperkecil kerusakan sel dalam tubuh penyebab terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, stroke, sakit jantung, penyakit hati, dll. Kandungan antioksidan di dalam superfood dapat menangkal radikal bebas yang tidak sengaja terhisap dan masuk ke dalam tubuh kita seperti asap rokok, asap kendaraan, hasil sinar ultraviolet, zat polutan dalam makanan, dan lainnya yang merugikan bagi tubuh.

Tentunya akan lebih menyenangkan bila salah satu superfood itu terdapat dalam suplemen vitamin yang sangat dibutuhkan pada saat new normal ini. Karena pasti manfaatnya akan lebih dirasakan bagi tubuh. Vipro-G memenuhi syarat sebagai salah satu suplemen tinggi antioksidan yang juga mengandung superfood di dalamnya.


Vipro-G sebagai Nutrisi Kaya Antioksidan 

Vipro-G sendiri merupakan suplemen yang dapat menjaga daya tahan tubuh untuk terus tetap aktif di masa New normal ini. Vipro-G mengandung 4 formula zat aktif berbahan alami kaya antioksidan yang tidak bisa diproduksi tubuh dalam jumlah yang banyak. 4 bahan alami itu adalah, Epigallocatechin Gallate (EGCG), Vitamin C, Taurine dan Zinc. Salah satunya merupakan superfood yang saya sebutkan tadi. Sudah tau jawabannya?

Kalau kamu menjawab itu adalah Epigallocatechin Gallate atau EGCG, yes kamu benar sekali. EGCG merupakan super antioksidan yang terdapat pada teh hijau yaitu senyawa polifenol dan flavonoid. Teh hijau telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, contohnya sebagai imunomodulator, anti bakteri, anti jamur, dan antioksidan yang baik. 

4 anti oksidan dalam vipro-g epigallocatechin gallate vitamin c 1000 zinc picolinate taurine


- Epigallocatechin Gallate

Terdapat 25.000 mcg Epigallocatechin Gallate (EGCG) pada Vipro-G yang dapat menangkal serangan radikal bebas, sehingga tubuh lebih terlindungi juga dapat mencegah terjadinya kanker, karena kandungannya 100 kali lebih besar daripada vitamin C dan 25 kali lebih besar daripada vitamin E. Oleh karenanya wajar kiranya senyawa alami ini digelari superfood dari pakar pangan dan dunia kesehatan. Juga dalam studi Cancer Prevention Research tahun 2010, Epigallocatechin Gallate (EGCG) ditemukan untuk menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru. Uniknya kandungan EGCG dapat mencegah peradangan terutama pada saluran napas sehingga melegakan tenggorokan. 

- Vitamin C 1000 mg

Kandungan lainnya yang tak kalah penting adalah vitamin C 1000 mg. Vitamin C dengan dosis yang tinggi merupakan suatu keharusan di saat New normal ini guna untuk menjaga tubuh tetap prima dan gak gampang sakit. Konsumsi Vitamin C setiap hari diperlukan untuk menjaga konsentrasinya dalam tubuh agar manfaatnya tetap optimal. Vitamin C sebagai antioksidan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Sebaliknya kekurangan Vitamin C dapat mengakibatkan penurunan resistensi terhadap penyakit.

- Taurine

Terdapat 1000 mg Taurine di dalamnya. Taurine adalah asam amino alami yang terdapat di dalam tubuh. Akan tetapi walaupun tubuh dapat memproduksi Taurine sendiri, Taurine perlu dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau obat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat Taurine bagi tubuh antara lain :

Mencegah Diabetes, meningkatkan performa fisik, memelihara kesehatan jantung, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, melindungi hati, memelihara kualitas pendengaran dan sumber anti oksidan yang baik. Penggunaan Taurine yang baik adalah tanpa adanya kafein di dalamnya, sehingga aman untuk lambung. Taurine juga bersifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi. Mengkonsumsi Taurine dengan toleransi dosis 1-4 gram per hari memberikan manfaat yang besar bagi tubuh tanpa ada efek berlebih.

- Zinc Picolinate

Terdapat 25 mg Zinc Picolinate di dalamnya. Zinc berperan penting untuk seluruh tubuh, manfaatnya berguna dari kesehatan akar rambut hingga ke kesehatan ujung kuku. Kombinasi Zinc dan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, menstabilkan sel membran yang disebabkan oleh radikal bebas, kombinasi ini berjalan karena zinc dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C jika dikonsumsi dalam waktu yang sama.

Kombinasi unik ke empat bahan Vipro-G ini menghasilkan nutrisi tinggi antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh di masa New normal. Suplemen Vipro-G dapat membantu upaya tindakan preventif terhadap penyebaran COVID-19, dengan meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh yang pastinya biar gak gampang sakit. 

Khasiat dan Kegunaan Vipro-G

Kombinasi unik ke empat bahan utama Vipro-G menghasilkan nutrisi tinggi antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh, di mana kegiatan selama pandemi ini cukup membutuhkan perhatian yang ekstra karena virus dan radikal bebas berkeliaran di mana-mana.

Pada umumnya Vipro-G digunakan sebagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, meredakan radang tenggorokan, vitamin buat anti lelah dan capek hingga mampu membersihkan paru-paru dari asap rokok dan polusi. Namun bukan hanya itu saja. Manfaat dan kegunaan Vipro-G yang saya rasakan setelah mengkonsumsinya selama beberapa hari ialah badan menjadi lebih bugar, tidak mudah lelah, tenggorokan menjadi lebih nyaman dan flu yang saya alami lebih cepat sembuhnya. 

nutrisi tinggi antioksidan khasiat vipro-g kegunaan vipro-g tablet vipro-g effervescent aman di lambung
Vipro-G aman untuk lambung
Foto : dokpri


Salah satu khasiat Vipro-G yang paling saya sukai yaitu tenggorokan yang langsung lega setelah diminum. Saat mengkonsumsinya ada rasa manis mint yang adem sejuk di tenggorokan yang sakit. Rasa radang atau terbakar pada tenggorokan seperti waktu kena panas dalam langsung sirna setelah mengkonsumsinya, beneran! Makanan pedas dan gorengan tidak lagi menjadi horor karena ada Vipro-G di saku :). 

Khasiat Vipro-G jelas terasa buat kesehatan saya bahkan ketika saya sedang melakukan perjalanan yang jauh karena ada hal yang penting. Ngomong-ngomong tentang perjalanan jauh, saya tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu menjalankan prinsip 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Juga selalu siap sedia hand sanitizer dan membawa suplemen kesehatan Vipro-G ke mana-mana, karena ringkas dan mudah disimpan di saku.

Kemasan dan Efek Samping Vipro-G

vipro-g tersedia di minimarket dan efek samping vipro-g
Vipro-G tersedia di Alfamart
Foto : dokpri


Dalam kemasan terdapat tablet Vipro-G Effervescent yang larut dalam air. Itu artinya tidak perlu lagi diaduk dan lebih gampang diseduh. Air yang larut berwarna bening dengan ada sedikit warna merah muda transparan di dalamnya. Vipro-G dapat dibeli dalam bentuk kotak atau strip. Dalam 1 strip terdapat 2 tablet Vipro-G Effervescent yang bisa dibeli di Alfamart, Indomaret, supermarket lainnya, jaringan apotek modern, apotek terdekat atau bisa dibeli di official store : https://bit.ly/viproG dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 16.000 per stripnya.

Sejauh ini saya belum menemukan efek samping Vipro-G. Karena memang petunjuknya jelas yaitu cukup diminum 1x sehari saja. Selain itu produknya juga aman untuk lambung, karena saya yang memiliki penyakit maag telah mencobanya setiap hari dan selama ini tidak menemukan masalah yang berarti.

Vipro-G sudah bersertifikat BPOM & telah bersertifikat Halal MUI. Dalam kemasan tertera jelas bahwa Vipro-G bukan untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak. Itu berarti Vipro-G hanya ditujukan untuk orang dewasa yang aktif dan produktif setiap harinya.

Sumber :

http://vipro-g.com



44 komentar untuk "Vipro-G Nutrisi Antioksidan Wajib di Saat New Normal"

  1. Ternyata selera kita sama ya kak, kalo sudah tak fit, bawaanya pengen makan pedas2 biar mengundang selera makan kembali, dan aku juga jadi pengen nyobain vipro-G sebab sering begadang gara2 online ini cukup buat badan juga cepat lelah gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba makanan pedas itu bikin selera makan bertambah, badan lelah bikin tubuh jadi gak imun kan ya :)

      Hapus
  2. Aku juga suka pedas tapi untung sekarang sedang menyusui jadi tidak di perbolehkan makan makanan pedas. Apakah vipro-G aman bagi busui ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalau untuk busui aman mba, tapi untuk pastinya coba konsultasikan dulu sama dokter :)

      Hapus
  3. Gorengan memang makana favorit sejuta umat.. tapi kalau sedang sakit dan kurang fit, terasa memang, jadi tenggorokan nggak enak dan otomatis harus dikurangi porsi makan gorengannya. Nggak nyangka teh hijau kaya manfaat ya.. boleh dicoba ini.. pake tablet effervescent jadi mudah dikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba catechin pada teh hijau memiliki tinggi antioksidan manfaatnya pasti sangat terasa

      Hapus
  4. Waduh minum es itu kelemahanku. Apalagi Surabaya lagi panas-panasnya begini. Panas kentang dan cetar. Jadi kayaknya pengen minum es melulu. Uhuk. Uhuk. Kalau makanan pedas untungnya saya ga terlalu suka. Tapi soal gorengan suka. Biasanya pakai minyak baru dan menghindari jelantah. Kalau udah pakai dua kali, minyak dibuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih di medan juga lagi panas2nya, selalu jaga kesehatan ya mba :)

      Hapus
  5. Di masa pandemi ini emang harus jaga kesehatan dan jaga daya tahan.

    Keren juga nih Vipro-G, khasiatnya banyak, harganya terjangkau pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas harus bener2 jaga kesehatan

      Hapus
  6. vipro-G baru denger saya mbak..sepertinya bagus ya buat tingkatkan imunitas,,harus coba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba suplemen wajib saat new normal buat saya :)

      Hapus
  7. Duh, mirip aku banget Mbak. Tiap malam suka begadang, entah nulis atau baca buku. Akhirnya tiap bangun pagi badan lesu dan kurang fit. Mudah kena flu juga lagi. Suplemen kayak gini emang penting banget sih mbak, buat aku yang daya tahan tubuhnya kurang memadai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kita butuh suplemen agar daya tahan tubuh tetap terjaga

      Hapus
  8. produk barukah mba? Memang di masa pandemi gini suplemen daya tahan tubuh itu pentng banget ya buat kita biar nggak gampang sakit juga, apalagi udah mulai musim hujan Mba.

    BalasHapus
  9. Mbaaa sama banget kaya saya kalau bersin bersin ga bisa sembuh pake obat tapi di dopping sama vitamin kalau saya tambahin dengan kumur kumur air garam hangat saya godok godok soalnya biasanya kalau ga gitu dari bersin turun ke sakit tenggorokan

    BalasHapus
  10. Benerrr banget mbaaaa
    Musim pandemi gini terwajib jaga kondisi tubuh dan konsumsi suplemen.
    Auto nyetok juga ahhh

    BalasHapus
  11. wah harus stok ini mah karena gorengan tuh salah satu makanan fav keluarga kami, kalau udah kebanyakan gorengan tenggorokan suka ga enak jadinya

    BalasHapus
  12. Awal-awal mau beli vitamin saat pandemi susah minta ampun karena habis semua. Sekarang sudah banyak vitamin bagus untuk tubuh dan gampang dicari.

    BalasHapus
  13. Dulu saya ga ngerti apa itu antioksidan. Setelah baca² baru paham.

    Kl saya makan pedes harus hati² banget. Soalnya pernah lidah kegigit gara² makan pedes dan panas.

    BalasHapus
  14. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG), Vitamin C, Taurine dan Zinc dari Vipro G membuatnya jadi Super food. Wah mantap memang.

    BalasHapus
  15. Aku juga masih belum bisa menghindari gorengan nih, makanya mending goreng sendiri ya daripada beli matag. Buat jaga kondisi tubuh bisa tambah suplemen kaya vipro G

    BalasHapus
  16. makan yang pedas-pedas nambah napsu makan ya mbak biasanya tapi memang harus nanggung sendiri hihihi.
    Buat daya tahan tubuh aku juga butuh suplemen, ada Vipri G nanti aku cobain deh

    BalasHapus
  17. Ga tahu kenapa, sejak pandemi engga berani makan ice cream dan minum es. Malah diare. Ternyata Vipro-G kandungannya lengkap yah. Bisa diminum rutin ga ya?

    BalasHapus
  18. Vipro-G pastinya bisa memperkuat sistem imun tubuh, apalagi dimasa pandemi seperti ini. Kita harus waspada akan virus dan bakteri yg bisa menyerang tubuh. salah satu caranya ya memperkuat sistem imun dengan mengkonsumsi vipro-H. Nice share kak

    BalasHapus
  19. Aku banget nih Mbak suka makan yang pedas. Kadang malam malah bikin mi instan dengan irisan cabe biar maknyus hehe. Kalau makan gorengan ga mantap kalau ga ceplusin cabe rawet segar. Beruntung ya ada Vipro-G, baru tahu aku serius. Kandungan vitamin C-nya tinggi juga ya, pas buat jaga biar badan ga gampang sakit selama pandemi begini. Terima kasih sudah diingatkan untuk tambah konsumsi air putih biar metabolisme lancar. Beli Vipro-G boleh juga nih!

    BalasHapus
  20. Wow, saya baru tahu nih produk Vipro-G ini, pas banget ya dikonsumsi di masa kayak sekarang ini, apalagi ada kandungan vitamin C yang ampuh banget mempertahankan daya tahan tubuh :)

    BalasHapus
  21. Saking penasaran sama postingan teman-teman, dan memang butuh khususnya buat suami. Akhirnya kami nyobain beli 2 strip. Lumayanlah, harga standart dan terasa juga efeknya di badanku.

    BalasHapus
  22. makanan minuman yang mengandung antioksidan perlu banget ya kak sekarang ini. Selain karena kesibukan yang mengancam imunitas, juga iklim yang sedang kurang bersahabat. Butuh minuman seperti vipro-G buat menambah asupan antioksidan lebih besar lagi.

    BalasHapus
  23. Saya juga baru nyobain vipro g
    Alhamdulillah membantu menjaga daya ttahan tubuh
    Meski rasanya teemasuk baru buat saya

    BalasHapus
  24. Nah, suplemen yang kayka gini nih, yang diperlukan oleh kita. Kandungan vitamin C-nya tinggi juga. Cocok nih, buat kesehatan badang kita.

    Wah, jadi Vipro G ini mudah larut ya. Tinggal masukan ke dalam gelas, tuangkan air, larut sendiri. Tidak perlu repot-repot mengaduknya.

    BalasHapus
  25. Manfaat dari minum Vipro-G ga main-main ya mba, alhamdulillah saya juga sudah konsumsi suplemen kesehatan yang satu ini untuk bantu jaga stamina tubuh saat banyak pekerjaan yang menumpuk di rumah.

    BalasHapus
  26. Aku banget tuh kalo mau flu atau gak enak badan sedikit bawaannya pengen makan yang pedes2 sampai keringetan gitu hahaha. Berarti aku harus nyetok Vipro G nih di rumah buat persediaan hehehe

    BalasHapus
  27. aku termasuk setuju banget kalau tubuh tetep perlu multivitamin walaupun sudah diberi asupan gizi lewat makanan, olahraga cukup dan pola hidup sehat. tetep hatrus ada yang melengkapi

    BalasHapus
  28. Jaman now, klo ud mulai batuk atau panas dalam..aku ud parnon..udh mikir aneh2...hahah. makanya multivitamin sngt berguna utk bntu jaga kondisi tubuh

    BalasHapus
  29. lagi kondisi kaya gini vitamin itu wajib banget buat ngebantu menjaga kesehatan kita yaaa, jadi kepo deh sama suplemen satu ini

    BalasHapus
  30. Makasih rekomendasinya mba. Sepakat nih harus konsumsi di masa sekarang biar makin fit dan sehat

    BalasHapus
  31. Aku baru tau Vipro G ini, bagus untuk dikonsumsi yah, apalg saat masih masa pandemi, recomended buat keluarga ini

    BalasHapus
  32. Masalahnya ku tak bisa menelan makanan yang gk ada rasa pedasnya #alesyan haha, jd pas sakit pake dikiiiittt sambel #tetep :D

    Wah Vipro ini tersedia di minimarket ya? Coba nanti kalau main minimarket aku cari ah TFS infonya

    BalasHapus
  33. Dibanding kapsul, tablet, srup, saya lebih suka multivitamin yang bentuk effervescent karena mudah larut dan tinggal minum.

    BalasHapus
  34. Selama pandemi ini kita memang harus selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat ya. Bila perlu mengonsumsi suplemen vitamin.

    BalasHapus
  35. Memang banyak cara dan suplemen yang bisa kita konsumsi ya mba untuk menjaga diri tetap sehat selama pandemi

    BalasHapus
  36. Wah kandungan vitamin C tinggi juga ya, di masa pandemi gini memang wajib konsumsi seperti Vipro-G

    BalasHapus
  37. Aku suka banget produk yang langsung larut dalam air, hehehe..
    Karena Vipro-G Effervescent bisa dinikmati di siang hari saat sedang gerah.
    Jadi semakin semangat jalani hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email