Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Tulang Punggung Keluarga

pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga baik asuransi murni dan asuransi individu


Asuransi memang menjadi sebuah alat proteksi bagi kita dari sebuah kerugian atas risiko yang mungkin akan terjadi. Salah satu yang populer adalah asuransi jiwa. Asuransi ini sudah lama berada di Indonesia. Jadi asuransi jiwa murni penting untuk dimiliki oleh mereka yang menjadi tulang punggung keluarga yang menanggung hidup beberapa orang kesayangan.

Asuransi jiwa adalah salah satu pilar keuangan pribadi, yang patut dipertimbangkan oleh setiap rumah tangga. Untuk itulah mengapa asuransi jiwa dirasa sangat penting. Asuransi jiwa akan memberikan proteksi terhadap diri sendiri atau orang-orang tertanggung dari kerugian finansial yang diakibatkan oleh risiko-risiko yang terjadi dalam hidup. Risiko-risiko ini misalnya musibah atau kecelakaan yang membuat pihak yang ditanggung tidak dapat bekerja lagi, atau tak lagi produktif mendapatkan penghasilan.

Jika ada yang mengandalkan kita secara finansial, maka jelas kita memerlukan asuransi jiwa. Ini sebenarnya wajib jika kita adalah pasangan atau orang tua dari anak-anak menjadi tanggungan. Asuransi jiwa tidak hanya menerapkan nilai moneter pada kehidupan seseorang. Alih-alih, itu membantu mengkompensasi konsekuensi keuangan yang tak terhindarkan yang menyertai hilangnya nyawa.

Secara strategis, ini membantu mereka yang tertinggal menutupi biaya pengeluaran akhir, hutang dan hipotek yang terutang, biaya pendidikan yang direncanakan dan kehilangan pendapatan. Tetapi yang paling penting, setelah kematian yang tak terduga, asuransi jiwa dapat mengurangi beban keuangan pada saat anggota keluarga yang masih hidup berhadapan dengan kehilangan orang yang dicintai. Selain itu, asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan pikiran yang berharga bagi pemegang polis. Itulah sebabnya asuransi jiwa sangat penting bagi pencari nafkah utama dalam rumah tangga berpenghasilan tunggal.

Sayangnya, meski penting masih banyak orang yang belum memiliki asuransi jiwa. Bahkan, ada hasil survei yang menyatakan, bahwa dari 10 orang produktif di Indonesia hanya 2 orang saja yang sudah punya asuransi jiwa. Hal ini pastinya tak lepas dari kurangnya informasi mendalam mengenai asuransi jiwa itu sendiri. Padahal asuransi jiwa begitu penting untuk membebaskan pikiran kita dari beberapa pertanyaan penting tentang pengertian asuransi jiwa individu seperti:

- Apa yang akan terjadi pada keluarga kita secara finansial setelah kita meninggal?

- Bagaimana istri dan anak-anak kita akan mengurus pengeluaran mereka setelah kita tidak ada lagi?

- Bagaimana kita akan memenuhi kebutuhan keluarga kita jika kita kehilangan pekerjaan setelah kecelakaan?

- Bagaimana saya memastikan bahwa kita bisa mendanai pendidikan tinggi anak kita?

- Bagaimana kita memastikan penghasilan setelah pensiun?

Tentunya semua pertanyaan ini mewakili bagi yang ingin mengetahui jawaban lebih jelas akan pentingnya asuransi jiwa dan manfaatnya secara keseluruhan. Sama halnya dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk melindungi keluarga yang kita cintai.

13 komentar untuk "Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Tulang Punggung Keluarga"

  1. Saya sangat setuju sekali dengan ulasan ini. Asuransi itu sangat penting, suami sebagai pencari nafkah utama harus dilindungi dengan asuransi. Kita tidak tahu masalah hidup, namun jika suatu saat terjadi sesuatu dengan kepala keluarga maka anggota keluarga bisa terbantu dengan adanya asuransi jiwa.

    Saya pribadi adalah pelaku asuransi itu sendiri, beberapa polis saya buka, tujuannya ya untuk melindungi keluarga apabila terjadi sesuatu dengan pencari nafkah utama, jadi soal asuransi rekomenasi bangat karena menurut saya sangat penting, APABILA SAYANG KELUARGA hehee...

    semangat dan sukses selalu ya mbak.

    BalasHapus
  2. Aku juga pegn bgt punya asuransi jiwa mbak, tp itu rencana jangka pangjang kayaknya, saat ini masuh fokus kelola keuangan dg baik dulu

    BalasHapus
  3. penting banget sebenernya asuransi jiwa ini mbak.
    karena aku masih single, jadi saat ini aku fokus ke kesehatan yang biasa dulu aja dan sama kayak mbak meta yaitu fokus kelola keuangan dengan baik

    BalasHapus
  4. Aku Ama suami masing2 punya asuransi jiwa. Kita sengaja pilih yg UP nya gede setidaknya mencukupi utk biaya hidup anak2 sampai mereka lulus kuliah. Kenapa pilih yg begitu, ya karena aku dan suami sadar kami berdua suka traveling, ada banyak kejadian yg mungkin terjadi. Dan kami ga mau anak2 telantar. Krn itu asuransi jiwa wajib.

    Sblm beli asuransi, suami pernah nawarin utk beli rumah di area Bekasi timur sana mba. Murah dijual. Alasan dia, utk aku dan anak2 ntr. Aku nolak Krn beberapa alasan.

    Pertama, amkami udah punya rumah dan aprtmen , utk apa beli lagi, di lokasi yg aku ga tau blasssss itu di mana. Dan jgn harap aku mau tinggal di sana, jauhnya ga ketulungan, mendingan aku balik ke Medan kalo ada apa2 sama dia. Keluarga ku di Medan toh.

    Kedua, itu rumah kalo dijual, lama lakunya, blm lagi urusan notaris, pajak penjual dll, dan aku males ngurus begituan. Trus ga mungkin bisa sampe milyaran juga dijual.

    Akhirnya aku kasih solusi, mdningan dia beli asuransi jiwa dengan UP sekian Milyar, buat ku dan anak2. Kalo dia kenapa2, aku tinggal terima tuh uang, ga ribet. Ga usah nunggu bertahun2 sampe rumah laku :p. Itu saran yg aku ksh ke dia, dan sepertinya dia pikir, aku bener. Ya jelas istri selalu bener :p. Akhirnya dia pilih asuransi jiwa , juga buatku sekalian. Udh paling bener asuransi aja kalo memabg tujuannya proteksi :p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sharingnya mba Fanny jadi menambah insight baru buat saya akan pentingnya asuransi jiwa, semoga rezeki setiap kepala keluarga kita dimampukan ya biar bisa menabung untuk asuransi jiwa ini :)

      Hapus
  5. betul banget saya setuju, jika menjadi tulang punggung keluarga pastinya akan memikirkan ini yamba, dan rasanya memang wajib punya ya, untuk menjamin seenggaknya sedikit mengenai masa depan anak-anak dan pasangan juga. Sebagai salah satu bentuk perhatian pasangan juga ke keluarga dan usaha melindungi mereka

    BalasHapus
  6. Asuransi jiwa ini memang penting buat menjaga masa depan keluarga. Jangan sampai kesedihan berlipat karena kehilangan dan juga ketenangan.

    BalasHapus
  7. Masa depan memang kadang mmebuat kita galau karena tidak tahu apa yang akan terjadi pada bertahun tahun mendatang.. kalau memang pingin nyaman, maunya sih semuanya diasuransikan ya.. dan (semoga) semua jadi beres.. semoga ini menjadi ikhtiar yang membuat nyaman dan menjadi sarana kita untuk mengingat masa depan dan bertawakal pada Tuhan

    BalasHapus
  8. Menarik ulasannya. Banyak orang yang tidak paham pentingnya asuransi. Asuransi sebagai pengalihan risiko jika terjadi hsl2 yang tidak diinginkan. Asuransi jiwa ini termasuk asuransi penting di samping kesehatan

    BalasHapus
  9. Menarik sekali ulasannya. Semoga informasinya berguna buat teman-teman pembaca yang sedang mencari informasi soal asuransi jiwa.

    BalasHapus
  10. Jika dulu asuransi hanya dimiliki oleh orang berada, sekarang sudah banyak orang yang memilikinya karena menimbang manfaatnya untuk masa depan.

    BalasHapus
  11. Asuransi tu intinya perencanaan yaa.. Jadi kita menyiapkan segala sesuatu jika terjadi sesuatu yg tak diinginkan terjadi. Thanks infonya kak

    BalasHapus
  12. Saya sepakat kak. Asuransi Jiwa memang dibutuhkan, walaupun pada dasarnya setiap orang ingin semua baik2 saja. Tidak ada yang tahu ttg kejadian di masa depan, namun mempersiapkan diri itu penting. Terimakasih atas pencerahannya 😃👍

    BalasHapus

Berlangganan via Email