Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Produk UMKM Indonesia Bidang Kuliner yang Menjanjikan

produk umkm indonesia bidang kuliner
Foto : brilio.net

Gaes, sahabat perempuan berbagi...

Usaha mikro, kecil dan menengah atau yang disebut dengan UMKM ini merupakan jenis usaha yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak produk UMKM Indonesia khususnya di bidang kuliner yang bisa dipilih. Alasan mengapa banyak orang memilih untuk membuka UMKM adalah modal usahanya sangat minim. 

Tidak perlu menunggu untuk memiliki modal besar untuk memulai usaha, karena UMKM bisa dimulai kapan saja asalkan memiliki keberanian dan kreatif menciptakan menu baru. Karena, memilih usaha di bidang kuliner sangat menjanjikan dari segala sisi. Ada begitu banyak konsumen yang bisa disasar, jenis produknya pun sangat banyak. 

Macam-Macam Produk UMKM Indonesia Bidang Kuliner 

Indonesia memiliki banyak sekali jenis kuliner dari berbagai daerah hingga nasional yang terkenal. Karena banyaknya pilihan, maka akan mudah bagi pemula yang ingin membuka bisnis untuk memilih salah satu diantaranya. Namun ada beberapa jenis produk UMKM Indonesia bidang kuliner yang cukup menjanjikan. Apa saja itu?

Martabak

Martabak adalah makanan masyarakat Indonesia yang selalu menjadi favorit semua kalangan. Ada dua jenis martabak yang bisa dibuat yaitu martabak asin dan juga manis. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, bahkan usaha ini sekarang sudah masuk franchise. 

Jika ingin lebih laris, harus membuat keunikan dari martabak yang dibuat. Misalnya martabak asin dengan telur ayam, daging ayam atau isian seafood. Bisa juga menciptakan racikan bumbu yang spesial. Rasa yang unik juga bisa diolah pada martabak manis dengan berbagai toping. 

Ayam Geprek

Usaha yang satu ini sempat booming di tahun 2017, pamornya hingga saat ini terus meroket. Menu ayam geprek begitu banyak disukai karena kebanyakan orang Indonesia suka makan ayam goreng dan dengan makanan yang pedas. Ayam geprek memudahkan konsumennya untuk memilih level pedas yang diinginkan dan menu sampingannya yang dapat dikreasikan.

Hampir di setiap kota ayam geprek tersedia, modal untuk membuka UMKM di Indonesia yang satu ini juga tergolong sangat murah. Hanya ayam digoreng tepung dan sambal, serta nasi putih hangat juga sedikit lalapan plus dengan minuman segelas es teh manis. Duh membayangkannya saja sudah terasa nikmat ya gaes :D

Minuman Jus

Minuman yang satu ini selalu laris dan banyak dicari, apalagi pada saat musim kemarau. Ditambah lagi modal yang dibutuhkan hanya gula, buah, blender, dan es batu. Supaya menarik, buatlah nama unik sebagai daya tarik dan variasikan menunya. 

Misalnya saja jus yang terdiri dari beberapa macam buah. Bisa juga menambahkan menu ice blend, boba dan cincau. Perputaran bisnis jus ini tergolong cepat karena harga jus cukup murah, apalagi jika sedang musim buah tertentu. 

Mie Ayam

Mie ayam adalah salah satu jenis produk UMKM bidang kuliner yang banyak disukai sama halnya martabak. Mie ayam cocok untuk menu makan siang atau malam yang dipilih semua kalangan. Tapi ada juga yang menjadikannya sebagai sarapan untuk beberapa daerah.

Modalnya akan semakin sedikit jika bisa membuat mie sendiri. Mie yang dibuat sendiri dengan citarasa yang unik lain daripada yang lain akan bisa menjadi ciri khas yang membedakannya dengan produk kompetitor. Omset menjanjikan pun bisa diterima pemilik usaha mie ayam bahkan bisa membuka franchise sendiri. 

Cireng dan Cilok

cireng dan cilok produk umkm kuliner indonesia yang laris
Foto : pinterest

2 kuliner dari kota Bandung ini memang familiar sebagai kuliner lokal yang tidak bisa dipisahkan dan disukai khalayak karena ada cireng pastilah ada cilok di sampingnya. Camilan yang terbuat dari tepung aci ini bahannya murah meriah. Namun karena tidak punya waktu untuk membuatnya, jajanan ini pun akhirnya banyak dijual melalui gerobak hingga melalui sosial media atau e-commerce

Bila ingin serius mengelola usaha UMKM pada kuliner ini buatlah citarasa unik dan inovatif yang jarang ditemui pada usaha lainnya yang sejenis. Kemudian perhatikan kemasan produknya apakah bisa dijual dan dikirim sampai ke luar daerah. Dengan diawali modal yang minim, usaha cireng dan cilok dapat dikembangkan menjadi usaha yang besar.

Keripik

Indonesia terkenal dengan camilan keripik yang bervariasi. Mulai dari keripik singkong, keripik buah, keripik sayur, hingga bahan makanan lainnya. Camilan yang satu bisa dipilih dengan dua metode usaha. Pertama memproduksi sendiri keripik, kedua memilih supplier kemudian melakukan repacking. 

Apapun metodenya yang dipilih harus disesuaikan dengan kemampuan. Jika ingin membuat sendiri, pastikan keripik yang dibuat kering sempurna supaya awet. Jika ingin repacking, pilih kemasan yang menarik dan aman. 

Pada dasarnya produk UMKM Indonesia dari bidang kuliner memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Meskipun skalanya di awal tampak kecil, jika dijalani dengan tekun usaha akan maju dan berkembang dengan baik.



26 komentar untuk "6 Produk UMKM Indonesia Bidang Kuliner yang Menjanjikan"

  1. Postingan ini mengingatkan kita untuk kreatif melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita. Tidak usah yang jauh - jauh dan hebat - hebat, hal - hal sederhana semacam ini pun bisa menghasilkan uang asalkan konsisten.

    Terima kasih sudah membuka pikiran saya pribadi untuk melihat peluang usaha kecil dan menengah yang ada di sekitar kita. Menarik dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 pak, semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan

      Hapus
  2. Karena jenis makanan yang disebutkan diatas sudah banyak tersedia, cilok dan cireng yang kulihat belum ada.
    Bagus nih idenya ..., tqk ada salahnya memberanikan diri mulai merintis usaha di bidang makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes bener mas, modal berani itu yg penting

      Hapus
  3. Terima kasih artikel seputar bisnis UMKM. Walau pandemi korona, saya perhatikan ada bisnis yang tetap banyak dikejar pembeli, seperti kuliner, cemilan, buah, jus, kopi. Ketika sudah banyak saingannya perlu ada inovasi entah itu rasa, kemasan, harga promo, dsb

    BalasHapus
  4. Nggak nyangka Cireng dan Cilok bakal masuk daftar UMKM kuliner... apa iya? (ini kesukaan saya ).. bagaimana dengan sate, roti bakar, seblak, cendol dan masih banyak kuliner lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cireng dan cilok saat ini lebih banyak peminatnya sih sampai bisa dibuat frozen foodnya :)

      Hapus
  5. Jaman sekarang makanan jadul trus diperbaharui ya jadi makanan cemilan kekinian. UMKM sekarang jadi industri yang menarik, apalagi milenial. Bnyak sekali sbnrnya ya makanan traditional yang bisa di remake dan dijadikan ide untuk umkm ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, lebih baik mengangkat makanan lokal utk jadi makanan kekinian

      Hapus
  6. Martabak ini sudah banyak sekali yang jualan. Dan semua makanan yang disebutkan di atas aku suka semua, kecuali cilok dan cireng. Kalo jus suka banget, bagus nih buat ide jualan yang menjanjikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba jus modal jualnya terjangkau

      Hapus
  7. Jenis2 kuliner di atas di mana-mana di Indonesia ada ya.
    Martabak, kalau di kota saya, yang asin Mbak. Nah yang manis namnya terang bulan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda daerah beda penyebutannya ya mba, rasa tetap sama hehe

      Hapus
  8. Maju terus umkm Indonesia, produk dalam negeri yang mudah dicari dan didapatkan mampu bersaing di tengah masyarakat yang semuanya banyak memilih belanja via online. Sehingga produk rumahanpun laris manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba, produk yg dapat dikirim secara online lebih mampu bersaing sih menurut saya

      Hapus
  9. Kalau dicek di Google Trend Indonesia, ayam geprek memang nomor teratas. Banyak yang mencari dan sedang populer. Mungkin karena sesuai dengan selera orang ya. Semoga bisa jadi ide untuk berbisnis di suasana seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah? Hebat juga ya ayam geprek ini. Menu yang bisa diandalkan di setiap daerah

      Hapus
  10. Cireng , cilok dan keripik lagi trend nih untuk usaha camilan rumahan kreatif banget pake varian2 rasa aneka rupa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba, kreatif2 bgt lagi idenya kalau kita lihat di toko online itu

      Hapus
  11. hua ada ayam geprek kesukaan aku mba Iid, pertama kali tahu ayam geprek pas tinggal di Yogya, setelah itu hampir setiap hari makan ayam geprek, suka banget deh ditambah sayuran, dan memang makanan ini menjadi slaah satu UMKM yang menjanjikan menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba salah satu UMKM yang bisa diandalkan di setiap daerah, setiap rumah makan rata2 bisa menjual makanan ini, tinggal kreasinya aja

      Hapus
  12. Bagus bgt idenya. Kynya yg paling mudah jual jus yaa. Modal blender, buah & gula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba modalnya cukup sederhana

      Hapus
  13. Menurut saya, kripik adalah makanan yang bisa dieksplorasi tanpa batas sih. Ingat saat berkunjung ke Malang. Kripik dari bahan dasar apaaa saja bisa ditemukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi pengen berkunjung ke kota Malang deh, pengen coba kripik apelnya :D

      Hapus

Berlangganan via Email