Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Penting Melakukan Backup Listrik bagi Perusahaan?

pentingnya backup listrik bagi perusahaan sewatama
Gambar : Freepik.com

Seberapa Penting Melakukan Backup Listrik bagi Perusahaan?

Gaes, sahabat perempuan berbagi...

Mau tanya dong, seberapa penting sih arti kebutuhan listrik bagi kehidupan kamu. Kalau dulu sih sekitar 15 atau 20 tahun yang lalu memang tingkat kebutuhan dan ketergantungan akan listrik tidak begitu besar ya dibandingkan dengan sekarang.

Masih teringat banget di memori saya 10 tahun yang lalu, listrik di wilayah rumah saya di Medan sering sekali mati, sehari bisa 3-4 mati dalam 24 jam. Selama mati lampu atau listrik mati saya pun uring-uringan karena tidak bisa menonton televisi, menghidupkan kipas angin dan bermain facebook (dulu Instagram dan twitter belum ada cuy). Seiring dengan kemajuan zaman, adanya item teknologi gadget seperti smartphone, tab, laptop, printer dan lain sebagainya membuat kita tak lepas dengan adanya listrik sebagai pengisi daya baterai gadget.

Listrik memberi pengaruh besar dalam hidup manusia di kehidupan moderen saat ini. Coba saja bayangkan deh kalau sehari hidup tanpa listrik, pastinya kita mati gaya deh, mau update status tidak bisa, mau googling tidak bisa, mau nge-zoom gak bisa, mau nge-drakor juga ga bisa. Apalagi untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju dengan mesin, setrika baju dan juga saat membersihkan rumah. Itu baru kebutuhan listrik di rumah saja, belum untuk urusan mandi dan bab yang mungkin bergantung dengan menggunakan pompa air listrik, bisa berabe karena gak mandi seharian, waduh gak banget kan ya.

Namun bagaimana dengan perusahaan besar yang sudah pasti tingkat kebutuhan listriknya puluhan bahkan ratusan kali daripada kebutuhan rumah?

Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan besar, sudah dipastikan mereka membutuhkan pemasok listrik dengan daya yang tinggi. Sebab, hampir semua aktivitas bisnisnya, mulai dari produksi, distribusi, hingga pelayanan menggunakan teknologi yang terhubung dengan listrik. Nah, jangan heran jika permintaan listrik terus meningkat dari waktu ke waktu, terutama dari perusahaan besar. Pasalnya, tanpa adanya listrik perusahaan tidak dapat menjalankan bisnisnya dengan lancar. Akibatnya, bisnis tidak berkembang dan otomatis tidak mendapatkan keuntungan.

Nah, berbicara mengenai listrik perusahaan, kira-kira seberapa penting sih melakukan backup power kelistrikan di perusahaan? Apakah perlu perusahaan menyewa genset atau generator set untuk menangani masalah listrik?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan oleh perusahaan besar. Sebab, tanpa adanya backup listrik, bisa dipastikan mereka akan berada dalam masalah yang cukup besar dan berpotensi mengganggu jalannya bisnis. Jadi, bisa dikatakan bahwa backup listrik sangat penting dilakukan oleh perusahaan. Salah satu cara untuk membackup listrik adalah dengan menyewa genset atau generator set sebagai cadangan aliran listrik atau bahkan penambah daya listrik jika sewaktu-waktu kekurangan listrik.

alasan backup listrik perusahaan sewatama menyediakan cadangan listrik bagi perusahaan
Gambar : freepik.com

Lalu, apa alasan dibalik pentingnya backup listrik di perusahaan?

Menjaga data perusahaan

Jika kamu melakukan backup listrik, itu berarti kamu menjaga data perusahaan dengan baik. Sebab, jika sewaktu-waktu terjadi mati listrik, otomatis komputer perusahaan akan mati dan itu akan berakibat fatal terhadap data-data perusahaan. Bisa jadi hilang karena lupa disimpan di folder.

Oleh karena itu, melakukan backup listrik dengan menggunakan genset menjadi salah satu opsi yang tepat.

Menjaga reputasi perusahaan

Selain menjaga data, backup listrik juga membantu perusahaan dalam menjaga nama baiknya. Apa jadinya jika ada banyak sekali pembeli, namun tiba-tiba pelayanan berhenti karena listrik mati?

Maka, sebaiknya menyewa genset untuk melakukan backup terhadap listrik. Sewatama menjadi perusahaan yang terpercaya dan aman dalam menyediakan genset bagi perusahaan yang membutuhkan. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun, Sewatama menyediakan kapasitas pembangkit sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

8 komentar untuk "Seberapa Penting Melakukan Backup Listrik bagi Perusahaan?"

  1. Listrik memang penting sekali buat kita, jika dulu hanya untuk penerangan sekarang segala macam aktivitas dilakukan butuh listrik. Kebayang kalo udah sekelas perusahaan besar tiba-tiba listrik padam. Bakal rugi besar!!

    BalasHapus
  2. Sangat setuju sama gagasan backup listrik itu penting. Untuk level perusahaan hal ini menjadi krusial. memastikan semua server terkoneksi dengan power suply cadangan untuk mencegah hal2 yang bisa jadi risiko baik secara materiil dan immateriil.

    BalasHapus
  3. Kantorku gak mau pake genset ampe skrng, padahal operasional di produksi penting untuk kelancaran orderan, padahal udah dikasi saran sejak listrik sering mati, aah semoga saja suatu saat mereka berubah fikiran , mau menambah genset buat jaga jaga,

    BalasHapus
  4. Betul sekali listrik sangat dibutuhkan untuk masyarakat saat kini buat ngecas laptop,komputer, apalagi kalo sebagai ibu rumah tangga blender, dll yang nyambung sama listrik sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  5. OOh ya pastinya penting sekali.. kalau ada hubungannya dengan perusahaan, data dan pekerjaan, ujung ujungnya akan berdampak pada produksi dan keuntungan yang dihasilkan... saya saja merasa sedih kalau mati lampu

    BalasHapus
  6. Dengan backup listrik, itu berarti tindakan menjaga data perusahaan juga ya. Iya sih. Manusia kan bisa saja lalai ya, lupa nge-save jadi makanya harus di-back up..

    BalasHapus
  7. Sy kerja di bank, jd tau bgt peraturannya saat pembukaan kantor itu wajib menyediakan genset. Krn transaksi hrs ttp berjalan meski ada masalah listrik. So sy stuju backup listrik diperlukan tuk perusahaan

    BalasHapus
  8. Sangat penting!

    Selain menjaga reputasi sebuah perusahaan.

    Keberadaan listrik pun jadi penunjang dalam bekerja, apalagi dalam kondisi saat ini, semuanya serba online....

    Tanpa listrik aktivitas bisa lumpuh...


    Tetap semangat dan terus berkarya.

    BalasHapus

Berlangganan via Email