Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelang Usia Cantik, Maksimalkan Manfaat Kolagen bagi Tubuhmu

manfaat kolagen bagi tubuh
Foto : Pixabay


Gaes
, siapa nih yang sudah was-was memikirkan perawatan tubuh saat menjelang usia cantik? Kalau melihat artis korea kok bisa ya di usia segitu mereka masih tampil glowing, awet muda dan singset.

Bagaimana dengan kita yang hanya orang awam ini mempunyai tubuh yang sehat juga cantik seperti mereka di usia cantiknya, rahasianya apa sih? Rahasianya adalah kolagen, ya tentu saja. Tetapi tidak semua orang sadar akan hal ini, terlebih jika tidak mengetahui akan pentingnya manfaat kolagen bagi wajah dan tubuh. Kolagen pada kenyatannya telah memberikan banyak manfaat bagi peremajaan wajah dan tubuh, baik bagi laki-laki dan juga wanita. 

Bagi wanita di usia 30-an satu persatu bagian tubuh tanpa disadari mulai kelihatan menurun kadarnya , seperti kulit wajah. Kulit yang kusam, rentan kering dan mulai berkurang keelastisannya. Begitu juga dengan massa tulang yang mulai berkurang hingga muncul masalah osteoprosis atau pengeroposan tulang, penurunan massa otot tubuh hingga gampang merasa capek, periode menstruasi yang berubah dan juga berat badan rentan bertambah karena proses metabolisme yang melambat. 

Kolagen memang diproduksi di dalam tubuh manusia secara alami dari asam amino melalui makanan yang mengandung protein. Namun karena faktor usia maka akan memperlambat produksi kolagen itu sendiri, oleh karenanya kita butuh asupan kolagen dari luar tubuh.

Menurut media Everydayhealth, kolagen merupakan salah satu protein esensial yang penting di dalam tubuh yang berperan penting dalam membangun dan menopang banyak jaringan, mulai dari tulang dan tulang rawan hingga kulit, rambut, mata, dan sistem pencernaan. Itu sebabnya salah satu manfaat kolagen adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit dan meremajakan kulit wajah. Selain dapat bermanfaat untuk kulit wajah, berikut adalah manfaat kolagen bagi tubuh yang belum banyak diketahui oleh kita sebagai orang awam.

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kolagen dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah untuk mengurangi risiko penyakit arteri jantung karena kolagen memperbarui struktur pada arteri untuk mencegahnya dari lemah dan rapuh. Riset menunjukkan pada beberapa orang yang rutin mendapat asupan kolagen dua kali sehari selama enam bulan memberikan perubahan kesehatan jantung yang makin membaik dan penurunan kekakuan arteri.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Karena fungsi utama kolagen adalah membangun jaringan, maka secara teori kolagen dapat memperbaiki jaringan ikat antara usus dan sistem pencernaan. Contohnya pada penyakit iritasi saluran pencernaan (Irritable Bowel Syndrome) Namun tidak hanya kolagen saja, sinergi dengan serat dan kandungan lainnya seperti probiotik juga mendukung kesembuhan pada penyakit saluran pencernaan ini.

3. Menjaga kepadatan tulang

Kepadatan mineral tulang menurun seiring bertambahnya usia, terutama setelah memasuki masa menopause. Karena itu dibutuhkan asupan kolagen yang lebih banyak di usia tersebut, seperti kolagen peptida ataupun makanan alami yang mengandung kolagen. Ini karena kolagen merangsang pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan tulang.

4. Mencegah nyeri dan radang sendi

Kolagen juga dapat mencegah nyeri dan radang sendi yang cukup efektif. Karena sendi tersebut terdiri dari tulang rawan, yang sebagian besar tersusun dari kolagen dalam tubuh manusia yang membantu menjaga kesatuan tulang rawan. Berdasarkan riset, kolagen juga dapat membantu memperlambat kerusakan sendi seperti pada penderita artritis atau penderita rheumatoid arthritis.

5. Menambah kesehatan rambut dan kuku

Kolagen juga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan juga kuku. Itu sebabnya banyak produk kecantikan seperti lotion dan shampo dilengkapi dengan kolagen peptida untuk mencegah pertumbuhan rambut dan kuku agar tidak mudah rontok dan rapuh.

Selain 5 manfaat di atas, kolagen juga dapat meningkatkan massa otot, membuat tidur lebih berkualitas, mengurangi selulit, menjaga kestabilan hormon, menjaga kesehatan punggung dan mendukung fungsi otak agar tetap optimal. Banyak sekali kegunaan dari kolagen ini ya gaes, tentunya setelah membaca apa saja manfaatnya jadi lebih termotivasi dong buat mendapatkan dan mengkonsumsi kolagen secara teratur :)

Makanan Kaya Kolagen

makanan yang mengandung tinggi kolagen
Foto : Freepik.com

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari kolagen, biar kulit wajah dan tubuh makin kencang, kenyal, elastis, bercahaya bak porselen dan manfaat lainya bagi tubuh di saat menjelang usia cantik , maka kita harus memperbanyak asupan makanan yang mengandung kolagen.

Walaupun saat ini sudah ada cara untuk mendapatkan kolagen dengan mudah, yaitu dengan adanya kolagen peptida atau kolagen yang terhidrolisat dalam bentuk tepung dan sudah tersedia di pasaran dengan mudah bahkan dengan merek yang beragam seperti dalam bentuk serbuk minuman, tentunya yang alami maksudnya tidak banyak proses akan lebih baik ya kan, kecuali dalam bentuk perawatan bodycare atau skincare, itu hal yang berbeda karena juga sama pentingnya dengan konsumsi kolagen dari dalam tubuh.

Makanan kaya akan protein seperti kaldu atau sup tulang sapi dan kulit ikan mengandung jumlah kolagen yang lebih banyak daripada sumber lainnya. Tetapi gak perlu sedih kalau gak tersedia makanan tersebut di rumah ya. Kolagen juga terdapat pada daging ayam, sisik & daging ikan, putih telur dan juga tiram.

Untuk sayur-sayuran dan buah-buahan terdapat sayuran hijau yang mengandung klorofil yang dapat menambah jumlah prokolagen di dalam tubuh, seperti bayam, kale, sawi, dan juga rumput laut. Selain itu juga paprika, tomat, wortel, buah beri, jeruk dan jambu biji yang kaya akan vitamin C yang dapat menunjang produksi kolagen alami di dalam tubuh. Makanan-makanan ini tentunya mudah didapat bukan? jelang usia cantik, persiapkan kesehatan dengan baik dan konsumsi kolagen agar tetap sehat dan awet muda ya bund :)

Credit : Everydayhealth.com


22 komentar untuk "Jelang Usia Cantik, Maksimalkan Manfaat Kolagen bagi Tubuhmu"

  1. wah kudu banget nih perhatikan makanan yang masuk biar bisa mencukupi kolagen bagi tubuh ya mbak, sayangnya untuk sayur2an aku kurang begitu suka. huhu
    tp kl untuk buah semua suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mba yg penting masih suka sama buah sebagai sumber vitamin C nya :)

      Hapus
  2. Jadi usia cantik itu 30 ya mba? hihihi, akupun 30an hihihi

    Btw harusnya sih kolagenku cukup ya, aku sering makan protein sayur dan buah soalnya, sejak anak makan MPASI aku banyak2 baca2 soal nutrisi dan secara otomatis pola makan juga berubah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren tuh mba, semoga tetap konsisten makan sehatnya ya, apalagi masih mengASIhi :)

      Hapus
  3. Pentingnya kolagen ternyata untuk mencegah penuaan dini. Bahkan artis banyak yang melakukan perawatan khusus demi awet muda. Padahal kuncinya ada di pola makan, minum, cukup olahraga, Istirahat, bersyukur, dan tetap happy. Orang yang dikit2 ngeluh, mudah stres, terlihat lebih tua dari umurnya hehe..

    BalasHapus
  4. Sejak masuk usia kepala 4 berasa banget kulit mudah kusam, mudah kering, dll mudah menjadi tidak bagus. Memang butuh banget asupan kolagen secara rutin.

    BalasHapus
  5. saya termasuk suka nih sup kolagen, kaldu kolagen bisa di buat sendiri lho dari rumah, dengan merebus kaki kaki ayam dan dan sayap ayam, nanti kalau di endapkan dan dikulkas bisa untuk sup kolagen, enak juga untuk steamboat :)

    BalasHapus
  6. Kalo lihat artis korea emang mereka kayak gak nambah tua. Lihat dari dulu segitu-gitu aja :)

    BalasHapus
  7. beruntung sekali saya lahir di tataran Sunda hehe, dari kecil udah dikasihnya lalapan mulu hehehe, dan suka banget jadinya sama sayuran dan buah-buahan yang semuanya kayak dengan kolagen alami, ga bisa makan kalau ga ada sayuran dan sarapan wajib ada buahnya

    BalasHapus
  8. Makasih infornya ya.. kalau dibaca tadi protein yang mengandung kolagen itu yang berasal dari daging berwarna putih ya..

    BalasHapus
  9. Wah ternyata banyak sekali ya manfaat kolagen bagi tubuh. Harus memperbanyak makan sayur dan buah nih supaya tetap cantik meskipun usia sudah di atas 30

    BalasHapus
  10. Wah bayam, kale, sawi, dan juga rumput laut mengandung kolagen nabati ya. makasih infonya kak, baru tau nih. Btw kalo kolagen dalam bentuk pil atau tablet yg dijual itu sama manfaatnya kah?

    BalasHapus
  11. Wah harus memperbanyak makanan yang mengandung kolagen nih. Biar kulit tetap glowing seperti orang Korea. Awet muda. Hahaha. Kebetulan saya memang suka banget makan sayur.

    BalasHapus
  12. Ternyata kolagen itu manfaat nya banyak juga ya bisa untuk kesehatan usus dan juga untuk tulang aku baru tahu makasih infonya kak

    BalasHapus
  13. Ternyata kolagen memang kaya manfaat ya mbak. Aku tahunya hanya buat kecantikan, ternyata bisa buat lainnya juga. itu makanannya mudah juga didapat ya, besok aku prioritaskan ah biar makin sehat 😍

    BalasHapus
  14. Jelang usia cantik yes hehe... setau kk "jelita" ada juga istilahnya jelang lima puluh tahun. Lengkap banget ini artikelnya tentang manfaat kolagen ya Id, jadi semangat mengonsumsi makanan pembentuk kolagen

    BalasHapus
  15. Kolagen lagi naik daun banget ya kak. Kalo di dunia kecantikan bukan hanya terdapat pada skin Care, tapi juga pada minuman kolagen yang booming dijual. Kira-kira cara instan seperti itu itu beneran memenuhi kebutuhan kolagen kita atau enggak ya Kak.. terus kalau kita kelebihan konsumsi collagen ada efeknya nggak ya.

    BalasHapus
  16. Ternyata sari sayur dan buah juga bisa kita dapat yaaa..
    Boleh juga ni jelang usia ganteng haha

    BalasHapus
  17. Cara lain yang gak bisa konsumsi protein tinggi,untuk mendapatkan kolagen dengan minum suplemen. Tentunya setelah komsultasi dengan orang yang ahli.

    BalasHapus
  18. Beberapa bulan terakhir ini saya sudah biasakan minum suplemen kolagen, benar banget yangbpaling kerasa itu rambut saya gak rontok lagi, kalau duh gak tau deh

    BalasHapus
  19. Iya nih saya juga penasaran banget. Teman saya rela banget merogoh kocek buat beli kolagen. Ternyata banyak banget manfaatnya. Fix, jadi tahu sekarang saya nih.

    BalasHapus
  20. Ternyata makanan kita sehari-hari sudah bisa membantu untuk memproduksi kolagen di dalam tubuh ya.
    Saya sendiri sekarang mudah sekali capek. TTPD nih

    BalasHapus

Berlangganan via Email