Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Produk UMKM Indonesia Bidang Fashion yang Laris di Pasaran

Gaes, sahabat perempuan berbagi...

Pada tau kan ya saat ini produk-produk UMKM begitu digemari oleh masyarakat karena inovasi dan harganya yang terjangkau. Seperti produk UMKM kuliner yang sangat menjamur, banyak ide tentang kuliner baru yang bisa dijual setiap harinya.

Akan tetapi produk kuliner ini mempunyai masa kadaluarsa yang terbatas untuk menyimpannya, terutama untuk kuliner yang tidak awet dan setelah produksi harus langsung habis. Berbeda dengan pakaian yang juga merupakan salah produk UMKM Indonesia cukup mendunia. Salah satu produk fashion ini menguntungkan karena termasuk kebutuhan pokok selain pangan.

Memilih produk fashion memiliki keuntungan dari segi ketahanan. Produk juga lebih mudah dalam hal pengiriman dan tidak perlu takut soal masa kadaluarsa. Hanya saja jenis produk UMKM memiliki tren dari segi model. Menyediakan produk yang sedang hits tentu saja bisa lebih menguntungkan. Apa saja produk fashion yang menguntungkan untuk UMKM?


Pilihan Produk UMKM Indonesia dari Sektor Fashion

Fashion atau mode adalah bidang yang memiliki target konsumen paling banyak yaitu wanita. Ada begitu banyak jenis pakaian yang dibutuhkan wanita sehingga memilih bidang ini untuk usaha tentu lebih menguntungkan. Pilihan berjualan di bidang fashion khususnya pakaian baik dijual dengan cara bisnis reseller online ataupun dalam bentuk produksi sendiri.

Berikut ini beberapa pilihan produk UMKM Indonesia bidang pakaian yang tergolong menguntungkan karena sering laris di pasaran.


Pakaian Anak

Produk pertama yang selalu dicari, adalah pakaian anak mulai dari baju bayi, balita hingga anak sekolah. Semua produk ini bisa menjadi ide usaha pakaian yang sangat menjanjikan. Apalagi dengan cepatnya pertumbuhan anak, orang tua pasti akan selalu membeli pakaian baru. 

Dengan kata lain pakaian anak adalah UMKM yang tidak akan pernah mati. Jika ingin bertahan dengan usaha produk ini, perlu kreativitas dalam pengembangannya. Misalnya menyediakan pakaian lucu dan terus mengikuti perkembangan tren.


Pakaian Batik

produk umkm Indonesia di bidang fashion adalah pakaian batik
Foto : @kondanganoutfit

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan lilin malam dan merupakan kerajinan khas Indonesia, khususnya beberapa daerah di Jawa. Setiap daerah memiliki ciri khas motif dan warna batik yang berbeda-beda. Keunikan motif serta cara membuat batik yang membuatnya bernilai tinggi. 

Kerajinan ini bisa menjadi ide UMKM karena ada banyak pilihan batik dari murah hingga mahal. Ada batik tulis yang harganya mahal dan ada pula batik cap yang lebih murah dan sering dijadikan produk untuk usaha. Kain batik bisa dijual dalam bentuk pakaian jadi seperti kemeja, baju tunik, blouse, dress terusan ataupun rok. 


Baju Tidur

Produk ini cukup digandrungi untuk remaja wanita dan dewasa. Baju tidur seperti lingerie, baju tidur couple, baju tidur model daster, baju tidur kimono dan masih banyak sekali model, warna dan jenis bahannya. Pakaian ini pun bisa dijual dengan harga yang sangat bervariasi tergantung jenis bahan dan model.

Sama seperti pakaian pada umumnya, baju tidur juga memiliki tren dan kelas tersendiri juga tak lekang sepanjang waktu. Karena hampir tiap orang memiliki baju tidur paling tidak sepasang untuk digunakan di malam harinya.

Kebaya

produk umkm indonesia di bidang fashion kebaya Indonesia
Foto : @inspirasi.kebayawisuda

Blus tradisional ini terus menerus mengalami perkembangan dan selalu digunakan untuk berbagai acara resmi seperti acara wisuda, lamaran, pernikahan, juga acara penting lainnya . Oleh karena itu, atas permintaan yang tinggi produk ini menjadi contoh UMKM yang bisa jadi bahan pertimbangan. Karena ada begitu banyak jenis bahan, motif dan juga modelnya yang selalu update berdasarkan tren di sosial media.

Usaha inipun bisa digeluti secara mandiri jika memiliki bakat untuk menjahit yang menjadi modal awal untuk membuka tempat jahitan hingga sampai menjadi suatu UMKM yang sukses.


Jaket

Bagi anak muda, dewasa hingga anak-anak, jaket merupakan produk yang cukup menjanjikan. Ada begitu banyak model jaket seperti jaket windbreaker, jaket varsity, jaket kulit, dll. Bahan untuk pembuat jaket pun bermacam-macam seperti kanvas, drill, terry, diadora, dll. Harga jaket bervariasi tergantung dengan bahan yang digunakan. 

Saat ini untuk memulai UMKM dengan produk pakaian sangatlah mudah. Dengan kecanggihan teknologi dalam memasarkan, hampir semua produk UMKM Indonesia bisa dijangkau oleh masyarakat di seluruh kalangan dan daerah. Bahkan di saat pandemi seperti ini pemerintah mendukung penuh produksi lokal UMKM di Indonesia dengan mengucurkan dana ke 12 juta pelaku UMKM agar tetap dapat bertahan dan bangkit dari keterpurukan. Kini saatnya bagi pemilik UMKM berlomba-lomba untuk melakukan pemasaran dengan target yang tepat. 

9 komentar untuk "5 Produk UMKM Indonesia Bidang Fashion yang Laris di Pasaran"

  1. Jujur saya suka dengan prospek bisnis batik dan kebaya, kslau di garap dengan serius pasti bisa untung gede nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas kuanyu, 2 jenis bahan pakaian ini khas Indonesia banget kalau diekspor akan jadi nilai jual yang tinggi

      Hapus
    2. jos, bisa jadi ide bisnis ini

      Hapus
  2. emang bener mba, wanita emang kebanyakan gila fashion ya, jadi bidan fashion gini target utamanya pasti wanita dulu.

    Btw, model batik & kebaya Indonesia itu emang banyak dan bagus2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba makanya bisnis UMKM di bidang fashion ini terbesar kedua setelah bisnis UMKM bidang kuliner, profitnya selalu besar. Apalagi untuk bisnis batik dan kebaya :)

      Hapus
  3. Mantap-mantap idenya Mbak, karena bisnis fashion emang cukup populer, selain itu barangnya juga nggak bisa busuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, salah satu bisnis yang awet sih menurut saya

      Hapus
  4. Enggak nyangka juga ya, kalo produk-produk fashion keren itu ternyata buatan UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas produk yg keren2 kebanyakan berasal dari UMKM

      Hapus

Berlangganan via Email