Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Merek Hijab Lokal yang Tren Saat Lebaran

rekomendasi merek hijab tren saat lebaran bahan hijab yang bagus dan hijab ramah di kantong

Sahabat Perempuan berbagi, mau share info nih..

Meskipun lebaran masih beberapa bulan lagi, tapi sepertinya brand lokal hijab seakan sudah berlomba di awal tahun ini untuk mendapatkan hati konsumennya baik konsumen lama ataupun baru. Menggunakan selebgram sebagai model hijab yang memamerkan varian hijab yang baru merupakan cara yang biasa kita lihat di medsos saat ini.

Tentu saja kita sebagai konsumen harus mengetahui dengan benar akan kualitas dari hijab yang akan kita pakai, baik dari segi bahannya dan motifnya. Akan lebih bagus lagi jika kita menggunakan hijab dari brand atau merek lokal, itu berarti kita lebih menghargai produksi dalam negeri dan turut membantu kesuksesan usaha umkm. Bicara soal lokal, hijab yang sedang tren belakangan ini kesemuanya merupakan hijab lokal branded yang namanya sudah wara-wiri dikenal oleh hijaber fashion enthusiast karena kualitasnya. 

Namun sebelum kita membahas apa saja merek lokal tersebut, ada baiknya jika kita mengetahui dengan benar jenis bahan hijab yang digunakan dan karakternya, karena kita wajib mengetahui sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Kan, jadinya sayang kalau sudah terlanjur membeli hanya karena suka dengan motif atau corak yang ditampilkan.

Mengetahui bahan hijab dengan baik agar bisa merawat hijab dengan awet dan bisa dipakai selama bertahun-tahun itu juga merupakan sikap bijak kita dalam berbelanja. Sama halnya dengan membeli bahan berkualitas untuk dipakai dalam jangka waktu lama dibandingkan bahan tiruan yang murah tapi mudah rusak.

 Jenis Bahan Hijab dan Karakternya

- Polycotton

Polycotton merupakan perpaduan bahan polyester dan cotton (katun). Hasil dari perpaduan ini menjadikan tekstur bahan rapat, tidak mudah kusut dan adem. Bahan hijab polycotton mudah ditemui di pasaran karena harganya yang murah. Kelebihan polycotton dijadikan bahan untuk hijab karena bahan lebih jatuh, tidak mudah lecek ataupun robek dan tahan terhadap jamur. Kekurangannya tidak menyerap keringat, gampang bau dan kurang lembut. Hijab berbahan polycotton cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari dibanding untuk acara formal. Bahan hijab polycotton biasa dijumpai pada model hijab segi empat (square), blouse, gamis atau dress.

- Cornskin

Bahan hijab cornskin memiliki tekstur seperti serat jagung yang berongga. Kualitas bahannya memiliki tekstur yang halus dan lembut dan tidak mudah kusut, menjadikan cornskin bahan favorit para hijaber saat ini juga para mahasiswa karena harganya yang tergolong murah dan gampang dibentuk dengan memakai pentul atau tuspin. Hijab cornskin lebih sering dibuat dengan warna pastel polos tanpa motif agar serat jagungnya lebih kelihatan manis bila dilihat. Bahan hijab cornskin cocok digunakan untuk bahan hijab segi empat karena mudah diaplikasikan dalam berbagai kegiatan.

- Voal

Kata Voal diambil dari bahasa Perancis, yaitu voile, yang artinya jilbab. Bahan voal terbuat dari 100% bahan kain katun tipis. Banyak yang menyukai karakter bahan hijab voal ini karena halus, lembut, adem bila dipakai, tidak gampang kusut dan mudah dibentuk. Oleh karenanya harganya pun agak lebih mahal dibanding bahan hijab polycotton yang bila sekilas terlihat hampir sama.

Banyak selebgram yang menyukai kain voal ini karena bahan hijab yang nyaman dan variasi hijab yang gampang dikreasikan. Juga dengan adanya pilihan voal polos ataupun motif printing yang beragam dari yang ceria hingga elegan membuat hijab voal masih menjadi primadona sampai sekarang. Bahan hijab voal yang biasa dijumpai pada model hijab segi empat ini memiliki tingkatan berdasarkan kualitasnya. Mulai dari voal ultrafine, high ultrafine dan ultrafine twilight voal.

bahan hijab yang bagus hijab yang nyaman untuk lebaran

- Satin

Menurut wikipedia, kain satin adalah bahan mirip kain sutera yang lembut yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Perbedaan kain satin dan sutera adalah Satin ditenun dengan serat buatan seperti polyester, asetat, nilon dan rayon.

Sedangkan kain sutera menggunakan serat alami yaitu menggunakan ulat sutera. Bahan satin masih digemari hingga kini karena terlihat lebih mewah, elegan dan resmi. Bahan hijab satin bisa untuk hijab segi empat, pashmina dan mukena dengan jenis bahan satin silk dan satin velvet sedang naik digemari saat ini.

- Maxmara

Maxmara sebenarnya adalah sebuah nama brand besar clothing asal Italia yang memiliki koleksi pakaian dari berbagai jenis bahan yang mempunyai kualitas jempol. Karena brand Maxmara memiliki produk yang istimewa satin Maxmara maka konsumen pun terlanjur melabeli kain maxmara sebagai saudara kembar kain satin yang beredar di pasaran.

Kalau karakter kain satin mempunyai karakter mengkilap glossy, tipis dan licin dan berwarna polos. Maka kain maxmara pun dibuat sedikit berbeda dari kain satin yaitu lebih tebal, lebih jatuh, tidak terlalu mengkilap (doff) dan juga bermotif. Oleh karenanya kain maxmara bisa dipakai sehari-hari dan semi resmi berbeda dengan kain satin. Bahan hijab maxmara bisa untuk hijab segi empat, pahsmina dan bergo.

- Rayon

Jenis kain rayon mudah kita jumpai di pasaran. Berasal dari kain katun, karakternya sangat ringan, halus dan lembut. Akan tetapi karena bahannya yang ringan dan tipis membuat bahan rayon harus dilapisi dengsan furing khususnya pada gaun dan gamis.  Hijab dengan bahan rayon menggunakan rayon super yang lebih tebal dibandingkan rayon biasa. Hijab bahan rayon cukup digemari karena harganya yang lebih murah, menyerap keringat dan adem dipakai seharian. Bahan hijab rayon biasa dijumpai pada model hijab segi empat, pashmina dan bergo.

- Wolfis

Kain woll peach atau sering disebut dengan wolfis merupakan bahan idaman para hijaber syar'i karena bahannya yang adem, tebal, dengan serat yang rapat halus menjadikan bahan hijab wolfis tidak mudah kusut saat dipakai juga mudah disetrika.

Banyak yang mengira bahan wolfis merupakan percampuran antara bahan sutra dan katun, padahal sebenarnya bahan wolfis berasal dari 100 % serat polyester. Kekurangan bahan polyester yang kita ketahui adalah sifatnya yang tidak tahan panas dan mudah terbakar. Jadi sebaiknya hindari menggunakan bahan hijab wolfis saat udara panas ya. Kain wolfis biasa digunakan untuk hijab segi empat, hijab syar'i, rok dan gamis.

- Diamond

Kain Diamond bila dilihat mempunyai karakter seperti kulit jeruk, bila diraba akan terasa kasar dan berpasir, saat ditarik pun tidak elastis. Ada 3 jenis bahan kain Diamond yang ada di pasaran menurut level ketebalan dan teksturnya, antara lain diamond buble, diamond crepe dan diamond italiano.

Bahan hijab cerutti yang sering kita dengar itu adalah bahan diamond crepe. Bahan hijab diamond cukup digemari karena bahannya ringan, adem dan tidak transparan, kekurangannya bahan mudah tertiup angin, mudah pudar dan tidak tahan saat disetrika, butuh perlakuan khusus akan jenis kain ini. Kain diamond merupakan bahan hijab yang bagus untuk khimar, hijab syar'i, hijab segitiga, dan bergo instan.

- Spandek

Jenis kain yang terbuat dari bahan kain elastis yaitu bahan nilon ataupun polyester. Kain spandek awalnya dirancang khusus untuk pakaian olahraga karena bahannya yang fleksibel, ringan dan tidak gampang robek. Pada pakaian bahan spandek tidak bisa berdiri sendiri oleh karenanya bahan kain ini sering dicampur dengan bahan kain lain seperti katun, rayon, semi rayon dan bahan denim. Bahan hijab spandek cocok digunakan untuk membuat bergo instan dan pashmina.

Sebenarnya masih banyak lagi bahan untuk hijab ini gaes, tapi secara garis besar bahan hijab di atas adalah bahan hijab yang bagus dan umumnya dipakai sama hijabers termasuk saya hehehe. Nah, sekarang saya mau kasih tau nih merek hijab yang tren saat lebaran nanti. Mungkin sebagian sudah pada tau dong brand apa aja. Ya, merek hijab yang saya rekomendasikan ini rata-rata ramah di kantong tetapi sudah terkenal karena kualitasnya, check it out yaa gaes...

Hijab Lokal Branded yang Tren Saat Lebaran

Deavhijab 

Deav hijab untuk lebaran
Naura instant by @deavhijab

Deavhijab adalah merek hijab lokal yang belakangan ini dikenal karena kolaborasinya bersama selebgram terkenal Dwi Handayani Syahputri (@dwihandaanda) untuk salah satu produknya Aira Couple. Deav Hijab dengan slogannya "Made with love & style, make you a comfortable for every day", menghadirkan warna hijab dan pakaian berwarna adem seperti pastel, terracota, mustard dan hijau lumut.

Juga menggaet selebgram cantik Hamidah Rachmayanti dan Vira Larasari untuk jadi model hijabnya. Produk unggulan dari Deavhijab adalah naura instan, fatimah hijab dan crinkle pashmina yang tampil manis dengan tekstur gelombang pada hijabnya jarang saya lihat model seperti itu. Produk Deavhijab semuanya bisa diorder melalui website atau marketplace dengan harga dari 50ribuan.

Lozy Hijab

Lozy hijab untuk lebaran dan sehari hari
Taqiya instan by @lozyhijab

Merek Lozy hijab ini sudah saya ketahui sejak setahun belakangan. Sesuai dengan slogan dalam webnya "Express your day with Lozy colors",  warna-warna yang ditawarkan itu so pastel, girly but energetic. Model hijabnya pun trendi dan anak muda banget, cocoklah buat yang berjiwa muda macam saya ini hehe.

Sama seperti brand lokal lainnya, Lozyhijab menghadirkan hijab, hijab syar'i dan pakaian muslim yang saling melengkapi, tak ketinggalan juga ada produk tasnya juga. Hijab yang ditawarkan harganya bersahabat banget lho, mulai dari 50ribuan sampai 200ribuan. Hijab unggulannya antara lain Mima shawl, Bawal shawl, Lana instan, Taqiya instan, Hara voal dan yang sedang in Geya pleats square. Produk Lozyhijab bisa dipesan melalui website, marketplace ataupun sosialmedia resminya.

Hijab Wanita Cantik

hijab wanita cantik alhabba scarf untuk lebaran
Alhabba scarf by @hijabwanitacantik


Hijab wanita cantik namanya kian populer sejak hijabnya dipakai oleh selebgram terkenal dan endorse artis terkenal. Pakai hijab ini jadi terasa cantik sepertinya sesuai dengan slogannya "Menemani Cantikmu" :)

Menghadirkan jenis hijab yang beragam mulai dari bergo instan, pashmina dan premium scarf berbahan voal. Warna yang dihadirkan pun lebih beragam untuk semua kalangan baik remaja dan dewasa. Hijab yang ditawarkan harganya dimulai dari 50ribuan sampai 300ribu untuk produk premium hijabnya. Ada banyak produk unggulan dari Hijab wanita cantik ini, antara lain Magnolia scarf dan pashmina, Divi pashmina, Instan Baiti curcuma, Alhabba scarf dan masih banyak lagi,. Hijab wanita cantik dapat diakses melalui websitenya yang user friendly ataupun melalui marketplace.

Hijab Princess

Hijab princess dinda khimar untuk hijab lebaran
Dinda khimar by @hijabprincess

Hampir sama namanya dengan merek hijab sebelumnya dan saya pun mengira dua brand ini masih saudaraan tapi ternyata tidak, hanya namanya saja yang mirip. Hijab princess (@hijabprincess) yang menggunakan ikon mahkota ini lebih menekankan warna polos pada setiap produk hijabnya dengan variasi hijab yang ada seperti hijab segi empat, khimar, bergo instan dan pashmina.

Hijab princess juga menawarkan produk gamis yang satu set dengan khimar yang ditujukan untuk hijabers syar'i buat pakaian lebaran atau kegiatan sehari-hari tanpa menunggu datangnya lebaran. Keunggulan hijab princess adalah menggunakan logo metal dalam produknya untuk memastikan bahwa produknya tidak mudah ditiru oleh produsen nakal, cukup menarik ya. Hijab princess bisa diorder melalui marketplace dan via WA.

Heaven Lights

heaven lights dayana scarf voal untuk lebaran
Dayana scarf by @heaven_lights

Siapa sih yang tidak kenal dengan brand satu ini? menurut saya ini adalah brand hijab terbaik yang pernah saya koleksi. Kualitas produknya benar-benar mantap dan awet, bahan hijab yang bagus yang sering menawarkan produknya dengan harga yang bersahabat. 

Heaven lights dibangun oleh kerja keras duo kakak beradik Jihan Malik dan Emma Malik sejak tahun 2012 ini pernah mengukir prestasi tampil di fashion catwalk dengan nama Heaven Lights Annual Show tahun 2020 lalu. Berawal dari jualan hijab pasaran di sosmed ala ibu rumah tangga lalu berpikiran untuk berlanjut dengan produksi milik sendiri sampai dengan sekarang ini, Jihan Malik tetap mempertahankan kualitas hijab tapi tidak menguras kantong. 

Heaven lights rajin menggaet selebgram hijab papan atas untuk kerjasama dengannya, mulai dari Dwi handayani syahputri, Bahjatina sampai Mega iskanti. Beragam produk yang ditawarkan mulai dari hijab voal yang kekinian, bergo instan yang cantik, tunik untuk lebaran, blouse untuk ke kantor, midi dress dan gamis yang elegan dengan warna bumi yang elegan. Harga hijab dan pakaian yang ditawarkan mulai dari 50ribuan sampai 300ribuan. 

Di tahun 2018 Heavenlights pernah mencapai rekor penjualan ludes tak bersisa tidak sampai waktu sejam hanya dengan melalui WA. Tapi kini seiring dengan sistem penjualan yang semakin baik, akhirnya Heavenlights menjual produknya melalui aplikasi dan website. Heaven lights punya cabang untuk lini clothingnya antara lain @heaven_lights men untuk pakaian pria, @heaven_lightsale untuk mukena dan piyama, @heaven_lightsbyzb untuk spesial dress dan @hlpremium_scarf untuk hijab print voal yang berkualitas premium. Jika kamu penasaran ingin beli produknya dan malas untuk bersaing dengan para pembeli lainnya, kamu bisa menggunakan jastip yang bertebaran di sosmed :)

Lights.Clo

koleksi lights.clo untuk lebaran
Ultrafine voal by @lights.clo

Awalnya Lights.Clo ini adalah bagian dari Heaven Lights, tapi sekarang mungkin tidak lagi ya. Lights.Clo menjadi brand hijab yang berdiri sendiri dan telah memiliki penggemarnya sendiri. Lights.Clo menghadirkan bahan hijab premium dengan harga yang murah kantong apalagi buat para mahasiswa.

Selain hijab segi empat yang bagus, Lights.Clo juga menyediakan pakaian yang sederhana tapi elegan yaitu tunik, rok plisket, midi dress hingga long dress (gamis) dengan harga dimulai dari 60ribuan. Kalau sebelumnya bisa dipesan melalui WA, maka kini semuanya hanya bisa dipesan melalui websit, dan websitenya itu user firiendly sekali. Sama halnya dengan Hijab princess dan Heaven lights yang memiliki metal logo pada ujung hijabnya membuat tampilan terasa lebih mewah.

Vanilla Hijab

Koleksi vanilla hijab untuk lebaran
Kuncup blouse by @vanillahijab

Vanilla hijab merupakan merek yang sangat populer di mata para hijabers. Bagaimana tidak, beragam produknya selalu jadi incaran karena kualitas dan warnanya yang memanjakan mata. Didominasi dengan warna pastel yang lembut, adem dan juga ada warna polos yang berani membuat produk Vanilla hijab terus diingat oleh pembelinya. 

Vanilla hijab dibangun oleh tangan handal yang berseni Atina Maulia dan disusul oleh kakaknya Intan Kusuma yang handle urusan bisnisnya, menjadikan Vanila hijab merek hijab terkenal untuk lebaran dan maupun kegiatan sehari-hari. Produknya antara lain hijab voal, bergo instan, blouse, rok plisket dan masih banyak lagi.

Yang unik dari Vanilla hijab adalah aktivitasnya yang suka beramal untuk kemanusiaan, seperti untuk korban musibah bencana alam, dll melalui setiap 1 persen produk yang dijual. Juga kegiatan berbagi hijab gratis untuk para pengikutnya di Instagram, suatu bentuk marketing agar produknya selalu sukses dipasaran. Kalau tahun-tahun sebelumnya produknya Vanilla hijab selalu bisa dipesan melalui website sekarang produknya hanya bisa dipesan melalui marketplace dan harus cepat-cepatan buar ordernya jika tidak mau produk habis dalam sekejap.

Nama-nama di atas adalah merek hijab yang bagus dan ramah di kantong yang akan tren pada lebaran 2021 ini. Menjelang lebaran ada baiknya kamu sudah mulai ceki-ceki bahan hijab yang sesuai dengan merek yang saya rekomendasikan ini. Ada harga ada kualitas, kalau mau koleksi yang berkualitas bagus ya jangan pakai yang tiruan ya gaes..well, see you next post :)


Sumber :

- Fitinline.com

- Mizutex.com

- Olympics30.com

- Review.bukalapak.com



6 komentar untuk "Rekomendasi Merek Hijab Lokal yang Tren Saat Lebaran"

  1. Heaven lights ntr aku mau cek barang2nya ah.

    Akutu pake jilbab masih lepas pasang sih sbnrnya. Pas ke kantor dulu pake, tapi di luar kantor ga. Cm sesekali kalo ketemu ortu, biasanya pake lagi :D.

    Makanya masih suka nyetok jilbab di rumah biar bisa ganti2. Yg jilbab wanita cantik aku prnh beli bbrp kali. Ada yg cocok, ada juga yg ga. Krn memang aku ga cocok pake jilbab instan mba. LBH suka pake yg segi4. Nth Napa kalo jilbab instan itu ga prnh pas Ama kepalaku :(

    Jadi kalo pake segi4, pasti bahannya aku cari yg gampang diatur. Aku sih nyebutnya jilbab Paris yaa, ga tau deh bahannya dr apa. Coal pernah coba juga. Gampang memang diatur, tapi kok licin juga terkadang. Aku blm nemu yg bagus bahan voalnya berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya jilbab/bergo instan cocoknya dipakai sehari2 mba kalau dipakai utk acara resmi atau jalan2 saya cocoknya pakai hijab voal bahannya adem dan motifnya elegan, setahu saya voal bahannya gak licin mba mungkin itu voal satin yg mba pakai :)

      Hapus
  2. Typo barusaaan. Nulis VOAL kok malah coal hahahah

    BalasHapus
  3. Jujur aku tuh paling suka bingung nama bahan-bahan jilbab. Apalagi kalo belanja online. Tapi baca tulisanmu jadi bisa sedikit ngebayangin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jadi sedikit membantu :)

      Hapus

Berlangganan via Email