Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi dan Keinginan di Tahun 2021

Resolusi dan keinginan yang saya capai di tahun 2021 ialah penghasilan tetap di dunia blog, liburan dan hidup lebih sehat

Tahun 2020 telah berlalu, begitu banyak rencana yang ingin dijalankan di awal tahun. Tetapi semuanya itu tetap keputusan dari-Nya. Kita yang merencanakan, tapi Allah SWT juga yang menentukan. Banyak kejadian yang terjadi di tahun 2020 yang memberikan beragam memori, ada ada yang menyesakkan , ada pula yang menggembirakan. Ada 3 memori penting buat saya di tahun 2020 yang lalu.

Pertama di mulai dari meninggalnya ibunda tercinta di awal bulan Februari karena penyakit gagal ginjal yang dideritanya. Berawal dengan diagnosa gagal ginjal akibat sakit hipertensi yang dialaminya selama bertahun-tahun, juga anemia akibat pendarahan lambung yang tanpa disadari. Hampir sebulan ibunda dirawat di rumah sakit, kian hari kondisinya semakin buruk saja tanpa ada progres sama sekali. Ini merupakan cambuk buat saya agar semakin sadar akan pentingnya general cek up dan tidak mengabaikan penyakit yang kecil sedikitpun. Tetapi hidup harus tetap berlanjut, walaupun sedih saya harus tetap semangat menjalani hari.

Kedua di bulan awal bulan Maret, pandemi corona atau covid-19 pun menyambangi negeri tercinta. Tempat perbelanjaan mulai sepi pembeli, bioskop pun juga mulai sepi pengunjung. Kondisi ini kian diperparah dengan merebaknya virus yang dalam seminggu sudah tersebar ke ratusan orang, khususnya di Jakarta. Tak percaya virus corona kian ganasnya, saya pun berencana untuk merayakan lebaran bersama suami di kota tempatnya bekerja atau menunggu kedatangannya untuk mudik.

Namun siapa sangka, di saat lebaran bulan Mei pun kondisi tetap tidak berubah malah semakin parah. Suami dilarang untuk mudik, pun demikian dengan saya, yang akhirnya hanya bisa pasrah tidak bisa ke mana-mana saat lebaran. Ada rasa sedih di hati karena tidak bisa lengkap merayakan lebaran dengan penuh suka cita bersama orang tercinta. Kondisi ini tetap bertahan sampai akhirnya di bulan Oktober saya nekad mengajak anak untuk menyusul ke kota Prabumulih tempat suami bekerja.

Memori penting ketiga adalah saat di mana saya dan anak bisa menyusul tempat suami bekerja dengan singgah ke berbagai kota. Terdengar sangat nekad yah hehe..i know it was too risk..tapi kalau benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan baik, selalu memakai masker ke manapun dan tidak lupa membawa hand sanitizer. Oiya, untuk suplemen menjaga daya tahan tubuh saya tak lupa minum nutrisi antioksidan Vipro-G dan vitamin C setiap harinya. Kedua suplemen ini selalu saya konsumsi di manapun saya berada. 

Dari tiga resolusi tahun 2020 memang hanya 1 keinginan yang dapat saya wujudkan yaitu dengan singgah ke berbagai kota, yaitu kota Dumai, Duri dan Pekanbaru, salah satu resolusi tahun 2020 saya berhasil diwujudkan yah meskipun tidak banyak tempat yang saya singgahi, tapi saya sudah merasa senang dengan pencapaian ini. Sedangkan resolusi yang lain gagal, kembali saya susun ulang agar tahun 2021 ini dapat tercapai. 

Kini saatnya menyusun kembali keinginan yang belum tercapai dalam resolusi saya tahun 2021 ini.

Resolusi tahun 2021 yang ingin saya capai

1. Memiliki penghasilan tetap dari blog

Impian setiap blogger pastinya. Memiliki penghasilan utama dari blog. Dulu pernah saya bahas tentang blogger part time dan blogger full time, yang mana blogger part time tidak menggantungkan pekerjaan sepenuhnya dari blog, karena ia memiliki pekerjaan lainnya, ngeblog dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Dalam arti kata gak dapat job dari ngeblog ya sudah gak masalah. Saya pun dulu juga begitu, tapi sekarang entah mengapa lebih mengutamakan penghasilan dari blog lalu lainnya menghampiri. Apakah itu berarti saya sudah full time blogger?

Saat ini sudah banyak yang banting setir menjadi blogger, tetapi blogger lama banyak yang banting setir menjadi vlogger. Apakah ini berarti pekerjaan di dunia maya semakin banyak disukai? Untungnya menjadi blogger, kita tak perlu tempat untuk bekerja. Hanya 'dasteran' saja, buka laptop atau hp sambil tiduran juga bisa menjadi blogger. Berbagai macam cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Antara lain :

- Melalui ternak blog 

 blog dibuat dalam jumlah banyak, dikasih makan berupa artikel, menaikkan DA, DR, Alexa, dll. Lalu saat sudah waktunya 'panen' , blogpun dijual dengan harga yang 'wah', semudah itu. Hanya saja cara ini butuh waktu dan berguru pada yang ahli.

- Melalui Adsense 

Banyak yang termotivasi untuk mempunyai blog dengan mendapatkan penghasilan dari Adsense. Cara ini sama halnya dengan yang di atas, merawat blog dengan sepenuh hati, sampai blog menjadi dikenal baik oleh Google lewat Pageonenya. Hasilnya pageview akan menyumbang jumlah klik Adsense. Hanya saja ada yang mendapatkannya dengan cara yang baik ada juga dengan cara tidak baik. Namun sesuatu hal yang didapatkan dengan tidak baik pastinya tidak akan bertahan lama.

- Melalui sponsor post dan content placement 

Cara ini adalah cara yang biasanya para blogger lakukan. Mendapatkan sponsor post/content placement lebih mudah daripada mendapatkan hasil Adsense atau ternak blog. Kuncinya adalah mengikuti informasi yang dibagikan oleh komunitas dan sering berlatih menulis artikel, makin banyak menulis maka akan terbentuk ke arah mana minat atau niche blog kita. 

Dua hal terakhir adalah jalan ninja saya dalam mendapatkan penghasilan dari "ngeblog", kalau kalian bagaimana?

2. Berlibur ke Belitung, pulau nan indah

Belitung pulau nan indah resolusi tempat liburan tahun 2021
Belitung nan indah

Belitung yang indah dengan pantainya, Belitung yang kerap dikaitkan dengan cerita Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata, film favorit saya dengan setting tempat yang sangat ingin saya kunjungi. Sering saya lihat melalui timeline sosmed tetangga, DM-an travel agen yang terang-terangan promosiin Belitung atau artikel blog tentang Belitung yang saya kunjungi. Padahal saya sekarang tinggal di Sumatera Selatan yang letaknya berseberangan dengan Pulau Bangka Belitung. Itu berarti tinggal selangkah lagi menyebrangi pulau untuk bisa ke sana.

Namun tidak semudah itu nyonyaa..namanya ikut pak suami ya tergantung pak suami bisa atau tidak sananya. Belum lagi kalau memikirkan bujet untuk ke sananya yang memang agak "wow", ini memang harus benar-benar dipikirkan cara untuk berliburnya karena tidak ada jalan pintas untuk ke sana beda halnya saat saya bisa berlibur dan nostalgia ke kota Dumai dan Pekanbaru tahun lalu. Yah semoga aja pandemi corona segera berlalu ya agar saya dan keluarga kecil bisa benar-benar mewujudkan berlibur ke sana :)

3. Hidup lebih sehat dan teratur

Memiliki berat badan ideal itu dambaan bagi semua orang, tapi tidak semua bisa melakukannya. Belum lagi kalau mencapai berat badan ideal tersebut harus berjuang mati-matian untuk mendapatkannya. Ada sih jalan pintasnya, tetapi efeknya sudah pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Memiliki hidup lebih sehat dan hidup yang teratur menurut saya itu lebih masuk akal untuk mendapatkannya. Terlebih menjelang usia cantik ini saya harus sering memperhatikan masalah kesehatan lebih khusus lagi. 

Sebelumnya mungkin sering mengkonsumsi junk food, konsumsi gula dan garam berlebih juga makanan bersantan. Resolusi tahun 2021 ini secara perlahan menguranginya dan mengganti dengan makanan yang lebih sehat, yang berisi buah dan sayur-sayuran. Mengganti gula dengan madu alami atau stevia, mengganti garam meja dengan garam rendah natrium ataupun himalaya salt dan memperbanyak konsumsi kolagen yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kemudian memperbanyak porsi jam berolah raga yang biasanya 5 menit sehari menjadi 15 menit sehari. Lalu kalau sudah terbiasa ditingkatkan lagi menjadi 30 menit sehari. Hal lain yang bisa dilakukan untuk hidup lebih sehat yaitu dengan memperbaiki kualitas tidur dengan tidur 8-10 jam setiap malamnya. Kualitas tidur yang baik akan membuat fokus pada kegiatan esok hari, ingatan yang baik, mengurangi depresi, dan stamina tubuh yang baik. Bonus dari hidup yang lebih sehat ini tentunya banyak sekali bagi tubuh, mudah-mudahan resolusi satu ini bisa saya kerjakan dengan konsisten ya :)

Itu saja dulu resolusi dan keinginan saya saat di tahun 2021 ini, mari berharap agar pandemi corona akan segera berakhir agar dapat tercapai salah satu resolusi 2021 tersebut. Selagi masih awal bulan yuk tulis di buku buletin jurnalmu apa sajakah yang ingin kamu capai di tahun 2021. Tetap semangat ya teman buat meraih apa yang kamu inginkan di tahun kerbau logam ini. Ganbatte! :)

10 komentar untuk "Resolusi dan Keinginan di Tahun 2021"

  1. Dumai, Duri, Pekanbaru... Tiga kota itu duriannya enaaaak. ^_^ Durian luar negeri lewaaat (ga mau sebut nama negara). Belitung itu wish list saya yang belum kesampaian. Nah kalau pola hidup sehat udah saya mulai sejak 2017. Ngurangi junk food, banyak minum air putih, makan makanan berserat.

    BalasHapus
  2. Pengen juga ternak blog dan ada penghasilan tetap dari blogging. Semoga kita bisa ya mba. Bismillaah... innalillahi mba, semoga sekeluarga diberi ketabahan kehilangan ibunda tercinta

    BalasHapus
  3. Ternak blog ini saya masih belajar. Memang ada blogger yang punya banyak blog dan difokuskan utk mendapat penghasilan dari sana. Cuma ya optimasinya cukup rumit butuh waktu yg nggak sebentar.

    BalasHapus
  4. Duh resolusinya serupa dgn sy kak, yg nomor 1 & 3. Klo travel, sy berharap ke tanah suci tahun ini. Semoga pandemi segera berlalu ya kak spy harapan kita thn 2021 bs terwujud. Aamiin

    BalasHapus
  5. Mbakk akupun pengen bgt punya pernghasilan tetap dari ngeblog, pengen bgt resign, urus anak dan ngeblog aja dirumah, semoga kesampean di thn ini.

    Tapi yg paling penting semoga thn ini pandemi segera berakhir, kita bisa hidup normal se normal normalnya lagi ya mbak

    BalasHapus
  6. Amiin mbak, semoga semua resolusinya di tahun ini bisa tercapai semua ya....begitupun dengan saya semoga tahun ini saya juga bisa jauh lebih baik dari tahun sebelumnya

    BalasHapus
  7. saya aamiinkan untuk semua doa-doanya ya mba Iid, aamiin allahuma aamiin, semua mimpinya tercapai di tahun 2021 dan berjalan dengan lancar

    BalasHapus
  8. Bismillah. Semoga terijabah semua keinginan baik di tahun 2021.
    Kalau aku bikin resolusinya per kwartal, biar bisa disesuaikan seiring berjalannya waktu.

    BalasHapus
  9. Nah mendapatkan penghasilan dari blog secara tetap yang sedang saya upayakan mbak semoga tahun2021 banyak memberikan kesempatan bagi saya dan tentunya semua blogger ya mbak

    BalasHapus
  10. Aamiin allahumma aamiin. Semoga azamnya diizinkan Allah untuk terwujud. Tetap optimis. Tahun 2020 memang tahun sulit dan kacau tetapi masih ada perlindungan dari Allah. InsyaAllah. Rezeki dan jaminan rasa cukup itu penting, juga kesehatan

    Saya masih makan junk food padahal harusnya berhenti dan konsumsi makanan sehat plus yang tawar. Masih makan tahu goreng daripada rebus atau kukus. Masih makan pedas padahal tidak baik bagi usus. Masih makan yang tidak semestinya saya makan karena sedang senewen.

    Semiga tahun 2021 ini terwujud bagi Mbak Iid. Coba rajin bikin konten rutin sepekan bebetapa kali. Saya masih belum mungkin dengan situasi sekarang ini. .

    BalasHapus

Berlangganan via Email