Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Softener Laundry yang Perlu Kamu Ketahui

Perkembangan zaman akan sejalan dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan. Baik itu pangan, sandang, dan papan. Tapi sepertinya kebutuhan itu semakin bergeser sesuai gaya hidup. Seperti kebutuhan pulsa untuk tetap terus terhubung dengan dunia luar, atau kebutuhan untuk terus tampil modis dan bergaya meski hanya sekedar baju tidur saja. Seperti kebutuhan pakaian di dalam rumah tangga yang selalu bertambah setiap tahunnya.

Bicara soal pakaian, yang kalau dulu biasa kita temukan sehabis mencuci pakaian seragam atau pakaian favorit dan menjemurnya, kualitas kain akan terasa kasar, meninggalkan residu dan gampang robek lalu kemudian segera menggantinya dengan pakaian sejenis begitu terus sampai siklus berulang. Tapi kini seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi, hal-hal demikian bisa dihindarkan. Seperti kehadiran softener laundry yang mempermudah kegiatan ibu rumah tangga atau usaha laundri rumahan dalam hal proses cuci mencuci dan menjaganya agar tetap awet.

manfaat softener laundry pelembut pakaian yang perlu kamu ketahui
Pic by : Freepik.com

Softener adalah pelembut pakaian yang digunakan pada saat pembilasan terakhir yang bertujuan untuk menghemat air pada kebutuhan rumah tangga. Sering disebut dengan softener laundry karena pada awalnya jasa pencucianlah yang pertama kali menggunakannya baru untuk membuat pakaian tetap lembut sampai ke tangan konsumen, lalu kemudian merambah ke dalam kebutuhan rumah tangga.

Softener yang sering disebut pelembut pakaian ini memegang peranan yang penting dalam hal merawat pakaian, hijab, mukena, jaket, dan lain-lain agar tetap awet, tidak mudah robek, tidak berubah kualitasnya menjadi kusam sehingga dapat mengurangi pembelian pakaian yang tidak dibutuhkan atau istilahnya sustainable fashion.

Pada faktanya tanpa kita sadari salah satu penyumbang limbah terbesar selain plastik adalah limbah tekstil dari industri fashion yang berawal dari produksi kain dan pakaian siap pakai setiap harinya yang membutuhkan banyak air seperti bahan katun non organik. 

sustainable fashion dalam hubungannya dengan softener laundry pelembut pakaian yang ramah lingkungan
Pic by : Freepik.com

Juga untuk limbah tekstil yang tidak ramah lingkungan dan tentunya tidak mudah terurai (non biodegradable) seperti poliester dan nilon akan melepaskan gas berbahaya bila dibuang begitu saja. Kondisi ini diperburuk dengan hadirnya sabun pencuci pakaian /deterjen yang juga tidak ramah lingkungan sehingga harus segera dicari solusinya.

Oleh karena itu pelembut pakaian ini hadir untuk menengahi masalah ini. Terima kasih kepada inovasi teknologi yang semakin mendukung kegiatan zero waste, sehingga inovasi akan produk ini semakin terus bertambah ke arah yang lebih baik.

Pelembut pakaian pada umumnya berbahan dasar dari alam seperti dari lemak hewan atau dari ekstrak tumbuhan kelapa, kelapa sawit, minyak jagung, minyak zaitun ataupun dari lidah buaya yang diformulasikan tanpa bahan kimia berbahaya. Sebagai konsumen kita wajib mengetahui jelas akan bahan apa yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Softener Laundry Bagi Kain dan Pakaian

1. Melembutkan

Softener saat ini banyak dicari oleh konsumen karena manfaatnya yang begitu banyak. Kebanyakan terdapat pada pewangi pakaian yang bersinergi dengan istilah produk pelembut dan pewangi konsentrat. Bahkan kini juga berfungsi sebagai deterjen atau istilahnya yaitu softerjen (softener-deterjen). Pelembut pakaian bekerja untuk menggantikan mengganti minyak alami yang hilang dari serat kain saat proses mencuci hingga tidak menimbulkan efek statis dan dapat melembutkan cucian.

2. Sebagai pewangi

Dalam perkembangannya, pelembut pakaian diformulasikan oleh para ahli dengan dengan inovasi pewangi yang membuat pakaian menebarkan aroma harum setelah dicuci. Tentunya pewangi yang bisa bersinergi dengan produk pelembut dan bersifat alami. Seperti penambahan bahan organik dan minyak esensial (essential oil) di dalamnya yang cocok untuk siapa saja, baik bagi bayi, anak-anak, dewasa, maupun para manula. 

Saat ini sesuai dengan perkembangan inovasi kamu dapat memilih pelembut pakaian dengan kandungan antibakteri ataupun anti bau. Produk tersebut sudah pasti dapat menghambat perkembangan bakteri yang memicu bau tak sedap dan menjaga pakaian agar tetap harum.

3. Menjaga agar tetap awet

Softener laundry yang bagus adalah softener yang dapat melembutkan pakaian hingga ke serat kain dan ini yang membuat pakaian tetap awet. Terkadang pakaian dengan bahan tertentu serat atau benangnya mudah sekali terlepas begitu saja seperti pada bahan rajutan wol kardigan atau baju hangat. Pelembut pakaian bekerja pada serat kain yang paling dalam dengan tujuan untuk memperkuat serat kain sehingga benang-benang kain menjadi lentur, jadi ini menghindari pakaian mudah robek meski dicuci berulang kali dan kamu pun bisa menghemat uang untuk tidak membeli pakaian secara terus menerus.

4. Lebih mudah disetrika

Kalau dulu hasil dari mencuci dan menjemur pakaian maka pakaian akan terasa kaku keras seperti kerupuk atau kasar saat dipegang dan setelah itu hasil setrika juga tidak mulus serta gampang kusut. Pakaian yang dicuci dengan menggunakan pelembut pakaian tentu hasilnya akan memuaskan karenanya lebih mudah disetrika dengan baik, pakaian akan tetap rapi sepanjang hari saat beraktivitas.

5. Ramah lingkungan

Kebanyakan pelembut pakaian bekerja dengan sekali bilas saja maka pakaian akan bersih dan wangi. Ini berarti dalam penggunaannya menghemat air untuk kebutuhan rumah tangga. Cocok untuk anak kos atau yang tinggal di kontrakan yang tidak perlu membuang banyak air.

Produk yang baik adalah produk yang ramah bagi lingkungan dengan tidak mencemari saluran air limbah rumah tangga. Pilihlah produk softener laundry terbaik, yang alami dan wanginya tahan lama. Memang dari segi harga tidaklah murah tapi ini akan memberi dampak baik bagi kesehatan keluarga dan juga ramah akan lingkungan.

Ada berbagai macam jenis softener laundry yang cocok untuk usaha cucian rumahan kiloan dan mesin cuci khusus laundry, tentunya dengan formula yang juga ramah lingkungan, apa kamu sudah pernah mencobanya?

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat ya gaes, satu informasi kecil mungkin bisa berharga bagi yang membutuhkan :)


Posting Komentar untuk "Manfaat Softener Laundry yang Perlu Kamu Ketahui"

Berlangganan via Email