Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Youn's Stay : Tayangan Menghibur Saat Pandemi

 

review variety show reality show youns stay tvn tayangan saat pandemi

Sahabat perempuan berbagi..

Beberapa bulan yang lalu saya pernah membahas tentang variety show korea , Our Little Summer Vacation yang dibintangi oleh artis papan atas korsel yaitu Jung Yu mi dan Choi Woo shik. Kali ini mereka bertemu kembali dalam sebuah serial cukup terkenal yang tayang di stasiun televisi TVN yaitu Youn's Stay. Youn's Stay sendiri merupakan kelanjutan dari variety show Youn's Kitchen season 2 tahun 2018 lalu. Karena kesibukan para pemain dan pandemi yang di mulai tahun 2020 lalu, maka Youn's Stay diundur produksinya hingga ke bulan November 2020.

Para aktor dan aktris yang turut meramaikan variety show Youn's Stay ini antara lain : 

- Youn Yuh jung sebagai Direktur restoran

- Lee Seo jin sebagai wakil direktur

- Jung Yu mi sebagai kepala koki 

- Park Seo joon sebagai sous chef dapur

- Terakhir Choi Woo shik sebagai pemagang  yang punya ciri khas bertingkah konyol dan selalu mondar mandir saat bekerja , yaah..karena pekerjaannya tidak sedikit, dia merangkap semuanya jadi bellboy, helper di dapur dan guide tour yang ramah :"). 

Cast Youns stay pemeran utama variety show Youns stay
Para cast Youn's Stay kecuali Shin Goo yang hanya tampil di season 1

Dikatakan sebagai pemagang adalah karena Choi Woo shik adalah aktor yang terakhir bergabung di Youn's Stay ini, jadi dicoba dulu deh di mana dia cocoknya. Mungkin kalau tahun depan program tv ini diadakan lagi Choi Woo shik sudah jadi karyawan tetap hehehe :) Antara Park Seo joon, Choi Woo shik dan Jung Yu mi, telah lama terbentuk pertemanan setelah beberapa film yang mereka bintangi dan juga persahabatan yang kuat antara kedua aktor muda ini.

Lokasi Youn's Stay yang Tradisional

Tidak seperti lokasi sebelumnya yang selalu di luar negeri yaitu pada Youn's Kitchen season 1 berlokasi di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat Indonesia dan Youn's Kitchen season 2 berlokasi di Garachico, Spanyol. Youn' Stay yang baru tayang ini berlokasi di kota Gurye, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Perjalanan dari kota Seoul menuju kota Gurye (Gurye-gun) adalah sekitar 3-4 jam jika menggunakan mobil atau bus. Kota Gurye merupakan destinasi wisata untuk melakukan hiking selama musim semi dan musim gugur.

Hanok youns stay di gurye bernama ssangsanjae
Hanok di Youn's Stay : planetofhotels.com

Kota Gurye merupakan lokasi ideal untuk tempat Youn's Stay karena terdapat penginapan bergaya hostel yang bernilai sejarah. Ada 3 bangunan terpisah untuk penginapan, yaitu Mi, Seon dan Jin. Ketiga bangunan tersebut sudah berdiri selama 200 tahun lamanya dengan fasilitas yang masih terawat. Penginapan berbentuk hanok (rumah tradisional korea) ini dulunya merupakan rumah tinggal penduduk asli Gurye, namun di zaman moderen ini hanok setempat telah difungsikan sebagai hotel/hostel yang bernama Ssangsanjae. Hanok tersebut merupakan tempat yang pas untuk syuting Youn's Stay karena nilai historisnya menjadi rujukan para tamu asing untuk lebih memahami sejarah dan budaya di korea.


Para Tamu dan Makanan yang dihidangkan

Para tamu di Youn's Stay tetap sama konsepnya yaitu tamu asing yang berbeda negara dari tuan rumah. Kalau dulu karena syuting di luar negeri otomatis tamu restauran adalah turis atau orang lokal yang tinggal di tempat restauran Youn's. Namun pada kali ini, Youn's Stay mengundang orang asing ( bukan warga asli korea ) yang sudah tinggal di Korea Selatan selama pandemi berlangsung. Tentunya dengan proses seleksi test yang ketat dari orang yang negatif Covid-19 yang akan terpilih. Para tamu bisa saja terdiri dari satu keluarga, teman sekampus, teman sekantor, teman satu komunitas atau pasangan yang sudah menikah.

Karena Youn's Stay berkonsep lebih dari sekedar restoran, karena mereka (para cast) harus melayani tempat penginapan, makan malam dan sarapan pagi untuk para tamu asing tersebut. Maka mereka bekerja keras untuk menghidangkan makanan khas Korea terbaik.  Jung Yu mi dan Park Seo joon tampaknya sudah lihai di dapur berkat didikan eomma Youn saat di Youn's Kitchen lalu, ini beneran lho mereka pada bisa masak.

Kalau pun memang nantinya berhenti dari dunia hiburan, mungkin mereka bisa punya restoran sendiri sekaligus menjadi kokinya. Oiya Oppa Lee Seo jin juga bisa masak cuma gak seahli mereka berdua, oppa bertugas membuat minuman dan dessert untuk para tamu. Eomma Youn menjadi pengawas dan resepsionis yang melayani para tamu saat pertama kali datang, dan Choi Woo shik yang akan melengkapi semua pekerjaan di Youn's Stay.

Cast youns stay jung yumi park seo joon dan choi woo shik
Trio Youn's Stay : Yu mi, Seo joon, Woo shik

Pada hari pertama, jumlah tamu yang datang sekitar 14 orang. Terdiri dari 4 grup, grup pertama yang datang adalah teman satu negara dari Ukraina berjumlah 3 orang. Grup kedua adalah satu keluarga dari Amerika serikat yang berjumlah 4 orang, grup ketiga adalah teman sekampus dari Australia dan Belanda jumlahnya 2 orang, dan terakhir satu keluarga lagi dari Nepal yang berjumlah 5 orang. 

Hari pertama hari yang begitu sibuk buat mereka para cast saat makan malam, karena mereka harus menyajikan menu makanan sehat untuk 14 orang. Makan malam tradisional khusus musim gugur ini terdiri atas makanan pembuka yaitu Bugak, makanan utama Tteokgalbi (daging sapi isi kacang chestnut) Yangyeoum Dakgangjeong (ayam pedas korea) & Tteokbokki Gungjung (tumis vegetarian) , makanan penutup Sup Mallow Tiongkok dan pencuci mulut es krim buah kesemek & pir. Begitu juga ketika sarapan pagi, mereka harus menyajikan makanan seperti bubur labu kuning dan sup dimsum yang jumlahnya 14 mangkok.

Menu hidangan youns stay di musim gugur
Menu makanan di musim gugur

Di hari pertama ini lumayan bikin kaget para cast karena capeknya luar biasa. Uniknya tanggapan netizen bermacam-macam akan tayangan perdana Youn's Stay  di Korea ini ada yang bilang ..

"aku suka mereka sibuk, agak bosan nontonnya kalau mereka hanya santai-santai saja", hmm begitu ya..

tapi ada juga yang bilang..

"kasihan Woo shik tempat penginapannya terlalu luas dia butuh asisten untuk mengangkat koper-koper itu"

juga kekhawatiran netizen akan para cast..

"aku khawatir dengan mereka kondisi pandemi ini seharusnya jangan capek nanti mereka sakit"

hmm...ada benarnya juga yah :)

Tamu Muslim Ada Juga lho yang Datang

Kondisi di hari kedua lebih agak santai buat para cast, karena tamu asingnya hanya berjumlah 5 orang, gak sampe setengahnya dari tamu hari pertama. Tamu yang datang pun beragam, ada yang datang pasangan dari Iran,  direktur perusahaan dari Inggris dan pendeta dari Taiwan. 

Yang membuat unik, Youn's Stay membuat menu vegetarian untuk yang memiliki prinsip makan vegetarian atau untuk tamu asing muslim yang tidak bisa sembarang makan makanan tak halal seperti daging babi dan daging sapi yang tidak disembelih secara islami. Selain itu mereka para koki hanya menggunakan minyak sayur, panci yang terpisah dan juga menggunakan kaldu sayuran untuk semua masakan. Sejauh ini ada 2 grup tamu asing muslim yang saya tonton, yaitu tamu dari Iran dan tamu dari Saudi Arabia.

Pasangan iran di serial youns stay yang unik
Pasangan asal Iran di Youn's Stay : ddoboja.com

Meski tamunya beragam, semua diperlakukan sama istimewanya bahkan eomma Youn Yuh jung yang baru saja memenangkan Best supporting actress pada US & Canada Film Critics Award untuk film Minari ini menyempatkan diri untuk menghafal semua nama tamu yang datang. 

Tak heran eomma Youn mendapatkan tempat di hati para tamu sebagai tuan rumah yang hangat dan humoris. Juga kehadiran Choi Woo shik yang membuat segar suasana dan bisa berbaur dengan para tamu dengan mendampingi mereka bersenda gurau. Saya rasa dia bisa menempatkan dirinya dengan baik dengan para tamu, walau para tamu tersebut sudah tau dia adalah seorang aktor, beneran profesional banget deh si Woo shik ini :)

Tamat di bulan Maret

Tamu youns stay variety show sesi foto bersama
Berfoto dengan para tamu

Seri ini di negeri Koreanya selesai di akhir bulan Maret. Akan tetapi di aplikasi Viu seri ini selesai di awal bulan April dan ada total 12 episode yang sudah saya tonton. Menu hidangan pun berganti dari hidangan musim gugur ke hidangan musim dingin, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa hidangan musim gugur juga diangkat kembali. 

Syuting sebanyak 12 episode bukanlah hal yang mudah. Mereka para cast harus meluangkan waktunya di saat pandemi ini untuk menghibur para penonton setia harus diapresiasi. Salah satunya dengan menonton acara Youn's Stay.

Walaupun di awal acara sudah disebutkan syuting dimulai saat semua kru tv, para cast dan tamu dinyatakan negatif Covid-19 dan juga syuting dilakukan dengan prosedur protokol kesehatan. Yang membuat saya khawatir cuma satu, yaitu kondisi kesehatan eomma Youn yang sudah menginjak usia 70-an membuat beliau harus hati-hati dalam kondisi seperti saat ini. 

Well, buat kamu yang suka acara masak-masak dan ingin mengetahui budaya Korea lebih jauh lagi gak ada salahnya nonton variety show ini lho :)

Credits:

All pics from VIU


Youn's Stay 

1-12 episode (tamat)
Tersedia di : Aplikasi VIU & Channel TvN

24 komentar untuk "Review Youn's Stay : Tayangan Menghibur Saat Pandemi"

  1. Makasi mbak!

    Kebetulan istri lagi suka nonton korea-koreaan di viu, saya rekomendasiin deh.. diliat dari ceritanya kayaknya lucuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 pak, sekali-kali ajak nonton reality show korea ceritanya seru juga kayak drakor lho :)

      Hapus
  2. Ini yang acara masak-masak yang lucu itu kah ya? Aku ada sih nonton di TV (kayaknya TV Korea) tapi aku nggak merhatikan nama acaranya.

    BalasHapus
  3. Tosss kita Id... kk juga nonton Youn's Kitchen lohhh, selain unik kemasan acaranya juga karena ada Seo Joon Oppa! Haha... seneng banget liat cara-cara mereka ngomongin pengunjung yg datang terutama dr warga asing yaa

    BalasHapus
  4. Waaa.. drakor lagi banyak saya baca nih di beberapa artikel. Kadang bingung mau nonton yg mana semuanya seruu termasuk variety show yang mba review nih. cuzz ah kepoin

    BalasHapus
  5. Wah,keren nih buat yang hobi masak variety show-nya..apalagi ada menu vegetarian dan menu buat yang muslim yang tidak bisa sembarang makan makanan tak halal ya...menarik sekali ini

    BalasHapus
  6. Wah, ada Seo Joon, jadi pengen nonton juga. Aku suka lihat trailernya aja kalau variety show, tapi nggak pernah nonton. Udah habis waktunya buat ngedrakor wkwk.

    BalasHapus
  7. Keren. Bahkan di variety Youn's Stay ini kalau tamunya Muslim, tau aja kalau pancinya perlu dipisah dan pilihannya ya jadi vegetarian saja. Jadi penasaran deh sama Youn's Kitchen season 1.

    BalasHapus
  8. waah mbak Id udah nonton smpe episode 7, mantap nih. jadi kepo hidangan kl pergantian musim. wkwkwk
    memang ya, kl mau shuting atau acara yang menghadirkan beberapa orang mesti menjalani prokes

    BalasHapus
  9. Nginap di hanok kayaknya keren banget ya. Nuansa dan suasananya pasti beda dengan menginap di city hotel atau hotel berbintang di perkotaan. Saya juga lagi nonton drakor yang site utamanya gak di kota mba, tapi di desa. Judulnya When the Weather is Fine. Udah bosan gitu nonton drakor yang syutingnya di gedong, di mansion, di rumah mewah, atau di istana. Pengen lihat yang lebih fresh di pedesaan. Menarik ya Youns Stay Variety Show ini.

    BalasHapus
  10. Maafkan saya mbak yang nggak pernah nonton acara kayak begitu. Tapi kalau menyangkut kehidupan non muslim di luar negeri keren juga, bisa buatku penasaran

    BalasHapus
  11. Biasanya kalo liat review berbau Korea saya auto pusing duluan menghafalkan nama tokoh cerita nya.

    Tapi ini beneran saya tulis kak id, untuk jadi rekomendasi karena seneng banget sama cerita yang ada adegan masaknya.

    Lumayan beririsan sama hobi agaknya, hehe

    BalasHapus
  12. Dari closing cerita ini sangat menarik setidaknya bisa mengenal kebudayan Korea. Meskipun saya bukan penikmat drama

    BalasHapus
  13. Wah ada variety show ttg makanan Korea gini menarik juga ya.. jadi penasaran pingin nonton.

    BalasHapus
  14. Wah, seru ya konsepnya. Apalagi pas tahu settingnya di Indonesia. Pengen ngintip nonton kalau ada channel-nya :)

    BalasHapus
  15. Seru kali nonton Youns stay ini ya kak. Selain bisa tau budaya Korea mulai dari tempat tinggal sama makanan khas mereka, kita bisa refreshing juga liat variety show ini karena wajah Korea ini bikin refresh ya.. hihi

    BalasHapus
  16. ulasan menarik.... apalagi acara masak....

    Thank you for sharing

    BalasHapus
  17. Ceritanya asik banget mbak. Ini bisa ditonton di apliaksi streaming gitu kah? saya agak kudet soalnya. tp ini ceritanya asyik banget sih 👍

    BalasHapus
  18. Waah jd pengen nonton jugaaa 😁😁
    Otw searching dlu aah. Btw reviewnya bikin ngiler ajaa segera nontonin kak

    BalasHapus
  19. saya sebenarnya jarang mengikuti nonton drama korea gitu tapi kalau bacain reviewnya gini suka banget deh, suka bayangin filmnya kayak apa

    BalasHapus
  20. akutuh ga kuku kalo sama drama ongoing gini, penasaran ga sabar tunggu next episodenya hahahaha, duh ada park seo joon pula

    BalasHapus
  21. Salfok sama foto makanannnya kayaknya enak2 heheh khas Korea Banget ya

    BalasHapus
  22. Belum pernah nonton
    Coba ah masukin di list tontonan supaya fun selalu menjalanu hari

    BalasHapus
  23. aku penasaran sama syutingnya yang di Lombok
    kalau tontonan yang ringan ringan begini aku suka mbak,

    BalasHapus

Berlangganan via Email