Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengisi Saldo RDN di Aplikasi IPOT

Gaes, sahabat perempuan berbagi..

Kembali lagi nih, saya bahas tentang investasi tapi secara teknisnya. Kalau sebelumnya saya pernah membahas cara menambah dana RDN di aplikasi IPOTGO , nah kali ini saya akan membahas cara mengisi saldo RDN di aplikasi IPOT. Mungkin ada yang bertanya...apa sih itu RDN?

Rekening Dana Nasabah atau sering disingkat menjadi RDN adalah rekening khusus yang dibuat untuk menampung dana investasi atas nama si pemilik atau investor yang bersangkutan dan terpisah dari rekening milik sekuritas. Dengan memiliki RDN sendiri, nasabah atau investor dapat menyetorkan investasinya dalam bentuk saham, reksa dana ataupun obligasi.

Seperti yang kita ketahui PT. Indopremier adalah sekuritas yang bekerja sama dengan bank kustodian sebagai tempat berinvestasi. Melalui aplikasi investasinya, maka kita bisa mendapatkan nomor RDN untuk berinvestasi.

cara isi saldo rdn di aplikasi ipot indopremier
Interface aplikasi IPOT

PT. Indopremier sendiri di tahun 2020 kemarin telah meluncurkan aplikasi IPOT sebagai penyempurnaan dari aplikasi-aplikasi sebelumnya termasuk aplikasi IPOTGO. Pada aplikasi IPOT, fitur yang disempurnakan adalah :

- IPOT Stock

- IPOT Fund

- IPOT News

- IPOT Journey

- IPOT Talk

- IPOT Pay *

- IPOT Lounge *

- IPOT Plan *

- IPOT Bond *

4 fitur terakhir ini statusnya masih coming soon, jadi kita tunggu saja perkembangan terbaru aplikasi dari PT. Indopremier ini. Kelebihan lain pada aplikasi IPOT adalah terdapat pilihan warna background layar, mau pilih dark mode atau white mode . Juga terdapat pilihan finger print dan security questions.

Oke kembali ke bahasan RDN IPOT, ternyata masih banyak yang belum menguasai dengan benar akan fitur-fitur aplikasi IPOT terbaru ini, oke saya tidak membahas mengenai cara jual beli saham atau reksa dananya ya, topik ini sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya yang kurang lebih sama caranya yaitu aplikasi IPOTGO menabung saham terasa mudah.

Memang menurut saya pada aplikasi IPOT tampilan belum sepenuhnya user friendly dan masih terdapat kebingungan tentang bagaimana cara cek RDN IPOT yang membuat orang jadi sulit untuk isi saldo di IPOT karena RDN sendiri tidak langsung muncul di tampilan muka aplikasi. Oleh karena itu sebaiknya kita melakukan pengecekan sendiri pada setiap fitur di dalamnya, layaknya kita melakukan pengecekan pada ponsel baru. 

Cara Mengisi dan Menarik Saldo di Aplikasi IPOT

Cara Mengisi Saldo RDN di IPOT

Sebelum kita mengisi saldo atau dana RDN, ternyata mengetahui nomor RDN di IPOT cukup mudah lho, kuncinya adalah harus sabar dan teliti. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Login ke Aplikasi IPOT

Pertama kamu harus login terdahulu, baik login secara email maupun login nomor PIN.

2. Sudah Memiliki RDN dari IPOT

Pastikan kamu sudah mendapatkan informasi nomor RDN dari customer service IPOT ini ya. Pembuatan RDN biasanya hanya 2 hari atau seminggu waktu kerja. Tapi di zaman now gini pasti cepat lah ya, kan semuanya serba online :)

3. Perhatikan Menu dengan Seksama

cara cek nomor rdn di aplikasi ipot pada menu akun info

Sesudah login dengan benar, klik pada sidebar atas kanan yang bergambar icon orang berwarna hijau tosca. Lalu terdapat pilihan menu sebagai berikut :

- Cash & Portfolio : meliputi Info kas, Portfolio, Withdrawal (menarik uang kas)

- Reports : meliputi Mutasi kas, SPT tahunan

- Transaction activities : meliputi Transaction history, Order status, Robo task list, dan Berkala list

- Informations : meliputi Accout info, Change password, Change PIN, dan Fund Sub account

4. Cek RDN di menu Account Info

Untuk mengetahui nomor RDN kamu, maka informasinya ada di menu Information - Account Info. 

Dalam menu Account Info terbagi atas : Profil & Rekening Dana Nasabah. 

Pada profil terdapat informasi tentang : Kode nasabah, nama nasabah, No. SID dan No. Sub account. Sedangkan pada rekening dana nasabah terdapar informasi tentang : Rekening bank RDN, nama nasabah, bank RDN dan cabang bank RDN yang ditunjuk. Memang pas dibuka pada awalnya menu account info terlihat kosong melompong.

Hah? ada apa?? error kah? apakah benar RDN tidak muncul di IPOT ?

Yak mohon tenang, jangan panik. Tunggu saja sebentar sampai halaman loading sempurna. Atau kalau kamu ragu lakukan logout dahulu baru kemudian login kembali untuk mengetahui apakah account info jadi terlihat dengan jelas.

cara mengetahui nomor rdn di aplikasi investasi ipot

5. Isi Saldo RDN di hari kerja

Sesudah mengetahui dengan benar yang mana nomor RDN kamu, maka kamu sudah bisa mengisi saldo di IPOT. Cara mengisi saldo sama seperti transfer uang pada umumnya. Bisa dikirim dengan M-banking atau dengan transfer ATM. Apabila dikirim dengan ATM sertakan buktinya via email.

Sebaiknya isi saldo saat jam kerja PT. Indopremier yaitu dari hari senin - jum'at dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Di luar jam itu? bisa sih tapi kalau ada apa-apa lebih lama prosesnya. Saldo biasanya masuk kurang lebih 10 menit sampai 30 menit, ditunggu saja ya gaes :)

6. Cek Saldo masuk pada Info Kas

Cara cek saldo yang masuk di IPOT juga mudah, tinggal lihat saja di menu Info kas atau pada sidebar kanan atas pada menu Cash & Portfolio , lalu cek pada Info dana yang tersedia. Jika proses sudah selesai baru deh bisa investasi.

.....

Nomor RDN IPOT pada Account Info

Nah, sudah jelas ya gaes, nomor Rekening Dana Nasabah (RDN) ada di mana? Untuk bank RDN tergantung pada bank yang ditunjuk oleh sekuritas. Dilansir dari situs Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), hanya ada 17 bank yang memiliki wewenang untuk membuka rekening dana nasabah. Sebagian merupakan bank besar yang sudah memiliki reputasi baik, antara lain Bank BCA, Bank BCA Syariah, Bank BNI, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BTN, Bank Cimb Niaga dan Bank Permata.

Bank-bank tersebut akan ditunjuk berdasarkan kebijakan dari sekuritas itu sendiri jadi bisa saja dalam tiap sekuritas terdapat pilihan bank yang berbeda untuk rekening dana nasabahnya. Jangan khawatir tiap investor bisa memiliki nomor RDN lebih dari satu, akan tetapi nomor SIDnya tetap satu. Single Investor Identification atau SID merupakan identitas atau KTP-nya para investor, nomor SID ini dapat dicek pada situs ksei.co.id.

Cara Menarik Saldo Kas di IPOT

Selain cara mengisi saldo di IPOT, banyak juga yang kebingungan untuk menarik saldo atau uang kas di IPOT setelah kita menjual hasil investasi berupa saham, reksa dana atau obligasi. Sebenarnya caranya cukup mudah. Kembali lagi kamu harus detil melihat menu yang ada. Caranya sebagai berikut :

1. Klik pada sidebar kanan paling atas, yang bergambar icon orang berwarna hijau tosca. Lalu pilih menu : Cash & Portfolio 

2. Pilih menu lagi : Withdrawal.

3. Lalu muncul tulisan : Limit saldo - Nominal penarikan - Transfer ke..

4. Minimum penarikan Rp 100.000. Pastikan kas yang tersedia mencukupi sesuai nominal yang diminta. Karena jika tidak akan dibebankan biaya fasilitas perhari sebesar Rp 1000 dan kelipatannya.

cara menarik uang kas atau saldo di aplikasi ipot

5. Lalu beri ceklist menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, terakhir klik submit. Tinggal ditunggu saja info sms nomor OTP yang dikirim dari Indopremier, dan setelah itu uang investasi akan masuk ke rekening saat jam kerja IPOT.

Oke, caranya mudah kan gaes. Enggak perlu bingung lagi kalau mau isi saldo karena semudah kita mengisi saldo di tabungan pribadi. Demikian juga dengan cara berinvestasi dan menarik saldo di aplikasi IPOT yang ternyata cukup mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk chat admin aplikasi IPOT baik di Instagram ataupun di Telegram jika masih bingung tentang cara mengisi dana RDN di IPOT.


4 komentar untuk "Cara Mudah Mengisi Saldo RDN di Aplikasi IPOT"

  1. bermanfaat dan nambah wawasan....

    thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup sama2 mas semoga infonya bermanfaat :)

      Hapus
  2. Wah, informasi yang bermanfaat nih mba untuk saya yang baru mengenal saham, terima kasih mba yanie 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah bukannya kebalik nih mas kuanyu, lebih ngerti saham daripada saya wkwk

      Hapus

Berlangganan via Email