Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panggilan Telepon yang Semakin Meresahkan

Gaes, sahabat perempuan berbagi..

Kali ini saya mau post sesi curhat dulu..mau spill atau curhat di twitter karakternya kurang banget dan gak pede huhu, mau curhat di facebook nanti malah ada saudara yang kepo. Mendingan di blog aja deh sekalian mau berbagi cerita juga hehehe 

Ceritanya begini...sudah sekian purnama gak ditelepon lagi sama penelepon asing alias unknown number, nah sekarang semingguan ini ditelepon terus gak tau waktu nggak pagi, nggak siang, nggak malam. Dari yang awalnya saya santai-santai aja nanggepinnya, sampai saya beneran jadi keganggu dan merasa terteror. Dan saya gak mau angkat sama sekali karena membuat saya khawatir kalau-kalau teleponnya dari penipu. 

Dalam hati berpikir, kenapa nomor ponsel saya sampai diketahui sama mereka ditelepon sama yang nomornya tidak saya kenal dan frekuensinya pun sering. Apa data nomor saya diperjualbelikan? Rasanya emosi banget jika lihat nomor-nomor asing yang menelepon saya itu. Saya penasaran dong, siapa dibalik pemberi nomor ponsel saya itu.

penelepon teror panggilan nomor tak dikenal yang meresahkan
Pic : Freepik.com

Selidik punya selidik, ternyata salah satu kerabat dekat saya yang memberikan data nomor telepon saya itu dengan tujuan untuk meminjam uang pinjaman. Sialnya lagi ia meminjam pada pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, alias ILEGAL!! Karena saya sering berhubungan melalui wa dengan kerabat saya itu, otomatis nomor ponsel saya terekam dan tercatat pada pinjol jahanam itu.

Awas PINJOL Ilegal !

Beginilah kondisi pinjol ilegal tersebut, payung hukumnya belum jelas. Kalau belum masuk ke OJK akan susah dilacak dan diproses hukumnya. Walaupun ada satgas investasi dan Pinjol dari OJK tetap saja pinjaman online ilegal masih bergentayangan di mana-mana. Mereka tidak terdaftar pada aplikasi resmi Google Play Store sehingga sulit untuk direport massal. Mereka akan memberikan link rahasia pada si peminjam ingin menginstal aplikasinya.

Kenapa saya bilang jahanam, karena cara menagih mereka tidak manusiawi. Mereka melakukan pemerasan kepada penerima telepon atau memberi pesan lewat whats app dengan bahasa yang sangaaat tidak sopan, menggunakan kata "B**G**T, K**T*L, M**Y*T dan semacamnya. Juga kata-kata yang mengandung unsur pemerasan dan pengancaman. Benar-benar kurang ajar sekali mereka.

Pesan penelepon teror debt collector dan identifikasi data melalui truecaller
Detil penelepon teror dan identifikasi data melalui Aplikasi identifikasi nomor


Itulah ruginya kalau kita meminjam sama pinjaman online ilegal. Mereka hanya manis saat kita meminjam dengan bunga yang katanya rendah, tidak perlu syarat apapun, dan bisa langsung cair. Akan tetapi sikap mereka tidak sopan dan sangat ganas saat kita telat bayar. Itulah pekerjaan para debt collector jahanam yang gak punya hati nurani. Jangan sampai deh kita masuk ke jurang yang sama setelah meminjam di pinjaman online apalagi yang sifatnya ilegal yang tidak jelas payung hukumnya.

Aplikasi Pemblokir Nomor Telepon Tidak Jelas

Akhirnya saya punya solusi untuk tidak mengangkat telepon-telepon asing yang bikin pusing kepala saya, saya pun menginstal aplikasi yang dapat mengidentifikasi nomor-nomor tidak jelas tersebut. Seperti aplikasi Truecaller. Saya mengetahui aplikasi ini melalui sambatan netizen twitter tentang pelecehan seksual lewat telepon. Kalau di India, mungkin spammer, phising, dan pelecehan seksual lewat telepon lagi marak kali ya. Tapi kalau di Indonesia, telepon penipuan dan pengancaman pinjol ilegal mungkin yang lebih marak dan lebih parah.

aplikasi truecaller mengindentifikasi nomor tidak jelas, nomor spamming dan penipuan
Aplikasi Truecaller


Aplikasi Truecaller ini, bisa mengidentifikasi langsung nomor si penelepon bahkan memblokirnya kalau sudah banyak ratusan laporan akan nomor pengganggu tersebut. Kita pun bisa melakukan identifikasi sendiri kalau saja nomor tersebut belum dilaporkan. Hiih serem ya, ternyata banyak sekali nomor-nomor baru atau lama yang disalahgunakan untuk penipuan ini. Beneran, kita harus berhati-hati sama kelakuan manusia zaman now ini. Sebagai anak milenial kita harus mengetahui dengan jelas mengetahui literasi keuangan dengan baik saat ini dan jangan sampai tertipu untuk kesekian kalinya sama spamming atau sejenisnya.

Selain aplikasi Truecaller, ada juga aplikasi lain yang fungsinya kurang lebih sama seperti aplikasi CallerID by CallApp, dan Getcontact. Sejauh ini 3 aplikasi ini yang bagus ratenya, dan paling banyak yang mengunduh. Sst..ini bukan untuk iklan ya tapi beneran ngebantu banget. Berharap sih, mudah-mudahan ke depannya bisa aplikasi semacam Truecaller ini bisa ngeblokir sendiri chat wa dari penelepon teror tersebut. Cus ah gaes, silakan dicoba aplikasinya ya mudah2an bisa membantu kalian yang mau memblokir nomor-nomor aneh tapi sudah nggak tau gimana caranya lagi.


5 komentar untuk "Panggilan Telepon yang Semakin Meresahkan"

  1. Pernah dapat terror begini, sekitar 3 tahun lalu mbak.. setelah itu ga pernah lagi.. Kalau dulu terrornya ga parah-parah amat si, cuma ya bikin malu aja T.T

    alhamdulillah ga pernah tertarik minjem-minjem begini..

    Makasi ya mbak info aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama2 mas mudah2an informasinya bermanfaat, makin ke sini makin parah aja kayaknya deh

      Hapus
  2. Aduh kak. Sama seperti saya kak, tersandung masalah pinjaman online seperti kredivo, aku-laku, dll. Ditahun 2019-2020 merupakan tahun yang banyak masalah bagi saya. Saya jadi sasaran telepon seperti yang kakak alami oleh kakak perempuan dan suaminya (kakak ipar) karena proyek yang kita kerjakan gagal dan managemen keuangan yang tidak benar. Akibatnya malah kita dililit hutang yang lumayan dan cari pinjaman sana-sini sampai bingung, semua barang sudah habis, tamat sudah pokoknya. Mungkin saudara kakak mengalami hal yang sama seperti kita namun tidak memberitau kk karena malu jika harus terus terang ke kakak. Mungkin niatnya tidak mau buat siapapun tau kalau dia lagi susah. Seperti yang saya alami, dari puluhan kontak teman n saudara saya yang ada di hp saya, saya cerita dan niatnya mau pinjam ke teman / saudara, tapi nyatanya setelah kuceritakan semua hasilnya nol besar. Semua pada alasan yang bermacam2. Hanya 1-5 dari puluhan kontak yang saya punya. Itupun sebenarnya saya kasihan, karena malah orang yang saya pandang harus aku kasihi tapi malah aku yang merengek minta pinjaman. Malu pasti, takut pasti, tidur ga tenang, pokok gado2 deh perasaan. Sehari saya bisa ditelepon belasan sampai puluhan kali tiap hari. Sampai saya bingung untuk buat alasan apa dulu karena memang belum ada. Semua itu membuat saya frustasi sampai sekarang seperti tidak ada semangat hidup. Musim pandemi seperti ini mau cari kerja loker uga susah. Eh, masih dihantui sama utang.
    Belum pinjaman shopeepaylatter pribadi saya yang udah 1 tahun nunggak karena selama itu saya nganggur dan dirumah hanya bantu2 ortu tani. Penghasikannya pun cuma cukup buat kebutuhan sehari2, kadang kurang.
    Maap kak curhat. Aku curahkan disini. Mudah2an bisa lebih baik. Soalnya mau cerita ke siapapun pasti malah dikasihani doang, ga dibantu gimana apa di respon lah minimal. Sakit banget, sakiitttt.... Bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gpp dek, tetap semangat ngeblognya siapa tau jadi ladang rezeki. Pengalaman masa lalu jadikan cambuk buat giat mencari penghasilan

      Hapus
    2. Aamiin kak. Do'akan kak, minimal blog saya keterima adsense dulu udah seneng banget. Jadi kan ada pemacu semangat saya lebih giat lagi bikin artikel nya. Itu saya isi 1 Minggu sekali, lw bisa setiap hari tapi tak sanggup lah buatnya. Semoga masalah saudara KK cepet kelar n kakak ga ditelpon lagi.

      Hapus

Berlangganan via Email